بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
 
BERBANGGA DENGAN SUATU YANG TIDAK DIMILIKI, BAGAIKAN MEMAKAI DUA BAJU KEDUSTAAN
 
Dari Aisyah radhiallahu’anha, ia berkata:
 
أنَّ امْرَأَةً قالَتْ: يا رَسولَ اللهِ، أَقُولُ إنَّ زَوْجِي أَعْطَانِي ما لَمْ يُعْطِنِي فَقالَ رَسولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ: المُتَشَبِّعُ بما لَمْ يُعْطَ، كَلَابِسِ ثَوْبَيْ زُورٍ
 
“Ada seorang wanita, ia berkata: ‘Wahai Rasulullah, saya pernah mengatakan kepada orang lain, bahwa suami saya memberikan sesuatu kepada saya, padahal itu tidak pernah diberikan.’
 
Maka Rasulullah ﷺ bersabda: ‘Orang yang berbangga dengan sesuatu yang tidak pernah ia dapatkan, bagaikan menggunakan dua pakaian kedustaan.’” [HR. Muslim no. 2129]
 
Dalam riwayat lain, dari Asma’ bintu Abi Bakar radhiallahu’anha, ia berkata:
 
امْرَأَةً قالَتْ: يا رَسولَ اللَّهِ، إنَّ لي ضَرَّةً، فَهلْ عَلَيَّ جُناحٌ إنْ تَشَبَّعْتُ مِن زَوْجِي غيرَ الذي يُعْطِينِي؟ فقالَ رَسولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ: المُتَشَبِّعُ بما لَمْ يُعْطَ كَلابِسِ ثَوْبَيْ زُورٍ
 
“Ada seorang wanita, ia berkata: ‘Wahai Rasulullah, saya memiliki dharrah (madu dalam poligami). Apakah boleh bagi saya jika saya berbangga di depan dia, bahwa suami saya memberikan sesuatu kepada saya, padahal itu tidak pernah diberikan?’
 
Maka Rasulullah bersabda:’Orang yang berbangga dengan sesuatu yang tidak pernah ia dapatkan, bagaikan menggunakan dua pakaian kedustaan.’” [HR. Al Bukhari no. 5219, Muslim no. 2130).
 
Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullahu taala menjelaskan:
 
وهذا فيه إضجار الضرة، وفيه افتخار من المتشبعة حصل به الإضجار والافتخار، فالمتشبعة مفتخرة والأخرى مضجرة؛ لأن هذا إيذاء وكذب فلا يجوز لها أن تفتخر بشيء لم يقع لزوجها
 
“Perbuatan seperti ini akan menyakiti hati si madu. Demikian juga perbuatan ini termasuk berbangga yang akan menimbulkan sakit hati dan sombong. Orang yang berbangga akan sombong, dan lawan bicaranya akan sakit hati. Karena perbuatan ini termasuk mengganggu dan juga dusta. Maka tidak boleh seorang istri berbangga dengan sesuatu yang tidak pernah diberikan suaminya.” [Ta’liq Ibni Baz ‘ala Qira’ati Syaikh As Sadhan, hadis 5219]
 
Hadis di atas berlaku umum untuk semua orang yang berbangga terhadap sesuatu yang tidak ia miliki.
 
Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullahu ta’ala menjelaskan:
 
المتشبع: هو الذي يظهر الشبع وليس بشبعان، ومعناها هنا أنه يظهر أنه حصل له فضيلة وليست حاصلة ولابس ثوبي زور أي: ذي زور وهو الذي يزور على الناس بأن يتزي بزي أهل الزهد أو العلم أو الثروة ليغتر به الناس وليس هو بتلك الصفة
 
“Al mutasyabbi’ adalah orang yang merasa kenyang, padahal ia tidak kenyang. Maknanya dalam hadis ini adalah, bahwa ia menampakkan telah mendapatkan suatu keutamaan, padahal sebenarnya itu tidak ia dapatkan. Dan maksud dari (memakai dua baju kedustaan) adalah ia memakai atribut kedustaan. Yaitu ia membohongi orang-orang dengan seolah-olah ia adalah orang yang ahli zuhud, ahli ilmu, dan orang kaya, agar orang-orang tertipu. Padahal sebenarnya tidak demikian.” [Syarah Riyadhis Shalihin, 6/185-186]
 
Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad hafizhahullahu ta’ala juga menjelaskan:
 
قال: [(المتشبع بما لم يعط كلابس ثوبي زور)] يعني: أن كلامه وفعله زور، فهو كالمتصف بوصفين ذميمين، وهو أنه لابس ثوبي زور وليس ثوباً واحداً، وهذه زيادة في الإثم، وزيادة في الضرر
 
“Sabda Nabi (memakai dua baju kedustaan) maksudnya perkataan dan perbuatannya dusta. Ia seolah-oleh disifati dengan dua sifat yang tercela. Dan seolah-olah ia memakai dua baju kedustaan, tidak hanya satu baju. Ini menunjukkan adanya tambahan dosa dan tambahan bahaya.” [Syarah Sunan Abi Daud, 255/13]
 
Wallahu a’lam.
 
Sumber: @fawaid_kangaswad
 
Ikuti kami selengkapnya di:
WhatsApp: +61 (450) 134 878 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Website: https://nasihatsahabat.com/
Twitter: @NasihatSalaf
Facebook: https://www.facebook.com/nasihatsahabatcom/
Instagram: NasihatSahabatCom
Telegram: https://t.me/nasihatsahabat
Pinterest: https://id.pinterest.com/nasihatsahabat
Bacaa juga:
BERBANGGA DENGAN SUATU YANG TIDAK DIMILIKI, BAGAIKAN MEMAKAI DUA BAJU KEDUSTAAN
BERBANGGA DENGAN SUATU YANG TIDAK DIMILIKI, BAGAIKAN MEMAKAI DUA BAJU KEDUSTAAN