, ,

SECERCAH HARAPAN MUNCULNYA BANK YANG BENAR BENAR SYARI

SECERCAH HARAPAN MUNCULNYA BANK YANG BENAR BENAR SYARI

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

#StopRiba

SECERCAH HARAPAN MUNCULNYA BANK YANG BENAR BENAR SYARI

Al-Ustadz Dr Muhammad Arifin Badri hafizhahullah

Info berikut memberi secercah harapan. Semoga tidak berhenti pada pilot project saja, namun benar benar menjadi aturan tetap perbankan syariah yang diaplikasikan di semua perbankan syariah. Perbankan syariah benar-benar menjual barang yang telah seutuhnya dimiliki, dan bahkan telah jauh-jauh hari dikuasai secara hukum dan fisik, alias memiliki stok barang.

Karenanya pada info berikut dinyatakan: “Bank Syariah dimungkinkan untuk memiliki inventory, karena hal ini merupakan akar yang membedakan antara Bank Syariah dengan bank konvensional.”

Ya, tepat sekali, karena uang giral ataupun uang elektronik, sejatinya hanyalah alat transaksi dan standar nilai barang, bukan obyek transaksi.

Namun saat ini dalam sistem ekonomi konvensional, uang diperlakukan bagaikan barang atau jasa, diperjual belikan dengan bebas, sehingga tidak lagi menjadi alat transaksi atau standar nilai, namun telah menjadi obyek transaksi. Sehingga muncullah istilah inflasi dan deflasi.

Inflasi dan deflasi telah menjadikan uang kehilangan fungsi utamanya sebagai alat transaksi dan standar nilai, dan bukan menjadi obyek transaksi, sampai-sampai dalam sistem ekonomi konvensional dikenal sebutan hot money, yaitu banjir uang dari para investor luar, tanpa diiringi oleh produksi atau perputaran barang dan jasa yang sebanding dengan derasnya aliran uang yang masuk.

Kini, dengan pilot project yang sedang akan diterapkan di BNI Syariah ini, maka terbuka lembaran baru bagi sistem perbankan yang benar benar sejalan dengan syariat. Bukan sekedar pepesan kosong yang jauh panggang dari api, alias nama belaka.

Semoga ke depannya, kita dapat membeli kendaraan, rumah, elektronik dari toko toko atau agen-agen bisnis yang didirikan oleh perbankan syariah. Dengan demikian tidak lagi ada suart kuasa yang Anda terima untuk melakukan pembelian barang kepada dealer atau perusahaan properti/developer. Yang ada hanya Anda sebagai pembeli dan pegawai bank yang bertindak sebagai penjual. Sedangkan barang yang Anda beli telah ada di gudang milik bank, atau benar-benar telah dimiliki oleh bank secara status dan juga fisiknya, karena itu dalam tautan di bawah ini disebutkan kata-kata berikut: “BNI Syariah dimungkinkan untuk meluncurkan produk Griya Swakarya, yakni membangun perumahan atau gedung, yang nantinya dijual kepada masyarakat dengan harga lebih murah, dibandingkan jika BNI Syariah membiayai developer. Nantinya, BNI Syariah akan melakukan penjualan dan pembiayaan bagi bangunan yang sudah tersedia. ”

Semoga terobosan besar yang dilakukan oleh Bank BNI Syariah ini melalui pilot project yang disebut dengan “Griya Swakarya” ini sukses dan segera diikuti dengan program lain yang serupa, dan juga diikuti oleh perbankan-perbankan syariah lainnya.

Perlu diketahui, bila yang Anda butuhkan adalah tabungan saja, maka al hamdulillah sudah ada rekening wadi’ah di berbagai perbankan syariah yang tanpa bunga dan tanpa biaya administrasi.

Ya Allah, mudahkanlah terwujudnya sistem perbankan yang benar-benar sesuai dengan syriat Islam, agar umat Islam di negeri ini dapat terbebas dari jerat-jerat riba. Dan limpahkanlah keteguhan dan hidayah-Mu kepada para pemimpin negeri ini, untuk bisa membuka jalan-jalan kebaikan, dan menutup setiap jalan kesasatan. Aamiin

 

http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/syariah-ekonomi/16/12/13/oi42kd383-ojk-kasih-lampu-hijau-untuk-produk-pembiayaan-bni-syariah-ini

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *