KEDUA TANGAN ALLAH TERBENTANG

/, Manhaj/KEDUA TANGAN ALLAH TERBENTANG

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمِ 

 

KEDUA TANGAN ALLAH TERBENTANG

 
Allah berfirman (yang artinya):
“Orang-orang Yahudi berkata ‘Tangan Allah terbelenggu.’ Maka semoga tangan-tangan mereka itulah yang terbelenggu, dan mereka dilaknat atas apa yang mereka ucapkan itu. Bahkan dua tangan-Nya senantiasa terbentang. Dia menginfakkan sebagaimana apa yang dikehendaki-Nya.” [QS. al-Ma’idah : 64]
 
Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah menerangkan, bahwa di dalam ayat tersebut Allah menjelaskan, bahwa diri-Nya memiliki dua tangan yang terbentang. Hal itu menunjukkan bahwa pemberian Allah itu Maha Luas. Berdasarkan ayat ini maka kita pun wajib mengimani, bahwa Allah memiliki DUA TANGAN YANG TERBENTANG untuk mencurahkan pemberian dan kenikmatan-kenikmatan.
 
Akan tetapi kita TIDAK BOLEH mereka-reka gambaran di dalam hati kita atau melalui lisan kita, mengenai bentuk dan kaifiyah kedua tangan itu. Kita juga TIDAK BOLEH menyerupakan tangan Allah dengan tangan makhluk. Karena Allah berfirman (yang artinya):
“Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan-Nya, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” [QS. Asy-Syura : 11]
 
Barang siapa yang menyerupakan kedua tangan Allah dengan tangan makhluk, maka sesungguhnya dia telah mendustakan firman Allah (yang artinya):
“Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan-Nya.” [QS. Asy-Syura : 11). Dan pada saat yang sama dia juga telah berbuat durhaka kepada Allah yang mengatakan (yang artinya): “Maka janganlah kalian membuat-buat penyerupaan bagi Allah.” [QS. an-Nahl : 74). Dan barang siapa yang mereka-reka gambaran bentuk dan kaifiyah dari kedua tangan Allah itu, dan menyatakan bahwa tangan Allah itu begini dan begitu dengan sifat dan karakter tertentu, maka sesungguhnya dia telah berbicara mengenai Allah sesuatu yang tidak dia ketahui, dan dia juga telah mengikuti apa-apa yang dia tidak memiliki ilmu tentangnya. [Fatawa Arkanil Islam, hal. 14-15]
 
Wallahu a’lam
Ikuti kami selengkapnya di:
WhatsApp: +61 (450) 134 878 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Website: https://nasihatsahabat.com/
Facebook: https://www.facebook.com/nasihatsahabatcom/
Instagram: NasihatSahabatCom
Telegram: https://t.me/nasihatsahabat
Pinterest: https://id.pinterest.com/nasihatsahabat
#asmawashifat #sifatAllah #Allahmemilikidua2tangan #Allahpunyadua2tangan #AllahtidakserupadenganmahlukNya
2018-08-14T22:58:07+00:00 14 August 2018|Akidah & Tauhid, Manhaj|0 Comments

Leave A Comment