بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

 

HUKUM MENGGABUNGKAN NIAT PUASA QADA RAMADAN DAN PUASA SYAWAL ENAM HARI

 

Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ وَسِتًّا مِنْ شَوَّالٍ، فَقَدْ صَامَ السَّنَة

“Barang siapa berpuasa Ramadan dan berpuasa enam hari di bulan Syawal, sungguh ia (seperti) berpuasa setahun penuh.” [Shahih Ibn Hibban no. 3235 dari sahabat Tsauban radhiallahu ‘anhu. Hadis ini dinilai Sahih oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih at-Targhib wa at-Tarhib no. 1007]

>> Bolehkah Menggabungkan Niat Puasa Qada dan Puasa Syawal Enam Hari?

Masalah ini telah ditanyakan kepada al-‘Allamah ‘Abdul‘aziz bin Baz rahimahullah dan beliau menjawab:

نعم، تبدأ بالقضاء، ثم تصوم الست إذا أرادت، الست نافلة، إذا قَضَتْ في شوال ما عليها ثم صامت الست في شوال هذا خير عظيم، وأما أن تصوم الست بنية القضاء والست، فلا يظهر لنا أنه يحصل لها الأجر في ذلك، الست تحتاج لها نية خاصة في أيام مخصوصة

“Hendaknya engkau memulai dengan qada Ramadan. Kemudian jika engkau menginginkan puasa Syawal sebanyak enam hari, maka berpuasalah. Jika seseorang telah mengqada utang puasa Ramadannya pada bulan Syawal, kemudian dia berpuasa enam hari, ini adalah kebaikan yang besar. Adapun dia menggabung niat puasa Syawal enam hari dengan qada Ramadan, hal ini tidak jelas bagi kami, bahwa dia akan mendapat pahala atas yang demikian itu, sebab puasa Syawal enam hari membutuhkan niat yang khusus pada hari yang khusus.” [Fatawa Nur ‘ala al-Darb, Jilid 16, hlm. 446]

>> Hukum Menggabungkan Niat Puasa Syawal dengan Puasa Sunah Lainnya

Selama puasa tersebut hukumnya sunah dengan sunah, maka niatnya boleh digabung. Syekh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah menjelaskan:

وإذا اتفق أن يكون صيام هذه الستة في يوم الاثنين أو الخميس فإنه يحصل على الأجرين بنية أجر الأيام الستة وبنية أجر يوم الاثنين والخميس لقوله صلى الله عليه وسلم إنما الأعمال بالنيات وإنما لكل امرء ما نوى

“Apabila puasa Syawal enam hari ini bertepatan dengan hari Senin dan Kamis, maka sesungguhnya bisa mendapatkan dua pahala dengan niat puasa Syawal enam hari, dan puasa Senin-Kamis. Hal itu berdasarkan sabda Nabi ﷺ:

إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya, dan hanyalah seseorang mendapatkan apa yang dia niatkan’.” [Majmu Fatawa, Jilid 20, hlm. 18–19]

Syekh ‘Abdul‘aziz bin Baz rahimahullah menjelaskan:

إذا كان الصوم واجبا لا بد من نية الصوم الواجب الذي عليه، أما إذا كان تطوعا الحمد لله، إذا وافق يوم الاثنين، يوما من الأيام البيض، وافق خيرا على خير والحمد لله

“Apabila puasa tersebut wajib, harus niat puasa yang wajib tersebut atasnya (tidak digabungkan dengan puasa sunah). Adapun apabila puasa sunah, alhamdulillah apabila bertepatan dengan hari Senin, Kamis, dan Yaumul Bidh, maka ketika niatnya digabungkan, sungguh telah menepati kebaikan di atas kebaikan. Alhamdulillah.” [Fatawa Nur ‘ala al-Darb, Jilid 16, hlm. 424–425]

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata:

“أما صيام الست فلا يصح أن تجعلها عن قضاء رمضان؛ لأن أيام الست تابعة لرمضان فهي بمنزلة الراتبة للصلاة المفروضة.”

“Adapun puasa enam hari (pada bulan Syawal), maka tidak sah engkau menjadikannya sebagai qada puasa Ramadan, karena enam hari bulan Syawal tersebut mengikuti Ramadan. Kedudukannya seperti salat Sunnah Rawatib untuk salat wajib.” [Fatawa Nur alad Darb 175]

 

Sumber: alfudhail.com dan sumber lainnya

 

══════

 

Mari sebarkan dakwah sunnah dan meraih pahala. Ayo di-share ke kerabat dan sahabat terdekat! Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: +61 405 133 434 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Website: https://nasihatsahabat.com/
Email: [email protected]
Twitter: @NasihatSalaf
Facebook: https://www.facebook.com/nasihatsahabatcom/
Instagram: NasihatSahabatCom
Telegram: https://t.me/nasihatsahabat
Pinterest: https://id.pinterest.com/nasihatsahabat