بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

 

HUKUM JIMAT DENGAN MENGGUNAKAN ALQURAN

Jimat adalah kesyirikan. Tidak diperbolehkan seorang muslim menggunakannya, atau meyakini jimat bisa membawa keberuntungan dan menjauhkan dari bahaya.

Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Aku telah mendengar Rasulullah ﷺ bersabda:

إِنَّ الرُّقَى وَالتَّمَائِمَ وَالتِّوَلَةَ شِرْكٌ

‘Sesungguhnya jampi, jimat, dan tiwalah adalah syirik.’”[HR. Bukhari]

Dan sabda Rasulullah ﷺ:

مَنْ عَلَّقَ تَمِيْمَةً فَقَدْ أَشْرَكَ

“Barang siapa menggantungkan jimat, maka ia telah melakukan syirik.” [HR. Abu Dawud, Sahih]

Bagaimana apabila jimatnya menggunakan Alquran? Ada dua pendapat ulama:

Pertama: Membolehkan jimat menggunakan Alquran

Kedua: Melarang jimat dengan Alquran, dan inilah pendapat yang TERKUAT

Berikut penjelasannya:

1. Pendapat yang MEMBOLEHKAN

Alasan ulama yang membolehkan, karena ini dalam rangka tabarruk yang syari dengan Kalamullah dan Asma’ (Nama) Allah yang ada di dalamnya.

Ibnu Hajar Al-Asqalani berkata:

هذا كله في تعليق التمائم وغيرها مما ليس فيه قرآن ونحوه، فأما ما فيه ذكر الله فلا نـهي فيه؛ فإنه إنـما يجعل للتبرك به والتعوذ بأسـمائه وذكره

“Semua (hadis) yang melarang mengenai menggantung jimat yang dan yang lainnya adalah karena tidak ada Alquran di dalamnya (tidak dikecualikan). Adapun apabila ada ‘Penyebutan nama Allah’, maka tidak ada larangannya. Hal tersebut dijadikan sebagai tabarruk dan ta’awwudz dengan nama Allah.” [Fathul Bari 6/142]

Demikian juga Al-Qurthubi menukilkan perkataan imam Malik, beliau berkata:

وقال الإمام مالك: لا بأس بتعليق الكتب التي فيها أسماء الله عز وجل على أعناق المرضى على وجه التبرك

“Tidak mengapa menggantungkan (sebagai jimat) lembaran yang ada ‘Nama Allah’ pada leher orang sakit untuk tabarruk.” [Tafsir Al-Qurthubi 10/319]

2. MELARANG jimat dengan Alquran

Inilah pendapat yang TERKUAT dengan berbagai pertimbangan ulama, dan lebih menenangkan hati. Dijelaskan dalam kitab “Al-Mausu’ah Al-Kuwaitiyyah” tentang tiga alasan tidak bolehnya jimat menggunakan Alquran:

واحتج هؤلاء لما ذهبوا إليه بما يأتي

عموم النهي في الأحاديث ولا مخصص للعموم

سد الذريعة، فإنه يفضي إلى تعليق ما اتفق على تحريمه

أنه إذا علق فلا بد أن يمتهنه المعلق بحمله معه في حال قضاء الحاجة

“Para ulama berhujjah atas pendapat mereka dengan alasan sebagai berikut:

1. Keumuman larangan dalam hadis (larangan jimat), dan tidak ada yang mengkhususkan

2. Dalam rangka menutup jalan menuju ke arah kesyirikan, karena hal ini bisa mengantarkan kepada apa yang telah disepakati keharamannya.

3. Apabila digantungkan/dipakai, pasti yang memakai akan membawanya, akan ikut masuk ketika buang hajat (ke kamar mandi tidak boleh membawa Alquran dan lafal nama Allah). [AL-Muasu’ah Al-Kuwaitiyyah 14/31]

Demikian juga Syaikh Abdul Aziz Bin Baz menjelaskan, bahwa telah makruf, sahabat dan Salaf dahulunya tidak membolehkan hal ini. Beliau berkata:

أنها لا تجوز وهذا هو المعروف عن عبدالله بن مسعود وحذيفة رضي الله عنهما وجماعة من السلف والخلف قالوا: لا يجوز تعليقها ولو كانت من القرآن سدًا للذريعة وحسمًا لمادة الشرك

“Tidak boleh (menggunakan jimat dengan Alquran) karena telah makruf, bahwa sahabat Abdullah bin Mas’ud, Hudzaifah, serta para ulama dahulu dan sekarang mereka mengatakan: ‘Tidak boleh menggantungkan jimat, walaupun dari Alquran, untuk menutup jalan menuju kesyirikan, dan untuk memangkas sumber kesyirikan.’” [Majmu’ Fatawa 1/51]

Kesimpulan: Tidak boleh mengunakan jimat secara mutlak, meskipun dari Alquran.

 

Penyusun: Raehanul Bahraen
Sumber: https://muslim.or.id/42823-hukum-jimat-dengan-menggunakan-Alquran.html

 

══════

Mari sebarkan dakwah sunnah dan meraih pahala. Ayo di-share ke kerabat dan sahabat terdekat! Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp: +61 405 133 434 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Website: https://nasihatsahabat.com/
Email: [email protected]
Twitter: @NasihatSalaf
Facebook: https://www.facebook.com/nasihatsahabatcom/
Instagram: NasihatSahabatCom
Telegram: https://t.me/nasihatsahabat
Pinterest: https://id.pinterest.com/nasihatsahabat