بسم الله الرحمن الرحيم

#FikihJualBeli

APAKAH GO FOOD TERMASUK AKAD RIBA?
>> Hukum Menggunakan Go Food
Pertanyaan:
Apa hukum Go Food dan Go Mart? Apa benar termasuk akad riba?
Jawaban:
Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, amma ba’du,

Ada banyak kegiatan yang tidak bisa dilakukan manusia sendirian. Karena itu dia butuh tenaga orang lain untuk membantunya. Di situlah syariat memberikan kemudahan dengan adanya Akad Wakalah (mewakilkan).

Hanya saja, orang yang melakukan tugas yang kita inginkan terkadang harus dibayar. Dalam hal ini, syariat memboleh Wakalah Bil Ujrah (menyuruh orang lain dengan bayaran tertentu).

Di antara dalil yang menunjukkan bolehkah Akad Wakalah Bil Ujrah adalah:

[1] Firman Allah ta’ala yang mengisahkan Ashabul Kahfi yang tertidur dalam suatu gua selama tiga ratus tahun lebih. Pada saat terbangun mereka mewakilkan kepada salah seorang di antara mereka untuk pergi ke kota membelikan makanan. Mereka mengatakan:

فَابْعَثُوا أَحَدَكُمْ بِوَرِقِكُمْ هَذِهِ إِلَى الْمَدِينَةِ فَلْيَنْظُرْ أَيُّهَا أَزْكَى طَعَامًا فَلْيَأْتِكُمْ بِرِزْقٍ مِنْهُ

Maka suruhlah salah seorang di antara kamu untuk pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini, dan hendaklah dia lihat, manakah makanan yang lebih baik. Maka hendaklah ia membawa makanan itu untukmu, dan hendaklah ia berlaku lemahl embut”. (QS. al-Kahfi: 19).

Ashhabul Kahfi yang berjumlah tujuh orang mewakilkan kepada salah satu di antara mereka untuk membeli makanan ke kota. Ini menunjukkan bolehnya mewakilkan kepada orang lain untuk membelikan makanan. Sebagaimana Akad Wakalah dibolehkan, maka dibolehkan pula mengambil upah dari transaksi tersebut, sebagai imbalan atas jasa yang halal, dari orang yang menerima perwakilan.

[2] Diriwayatkan oleh Bukhari, bahwa Rasulullah ﷺ memberikan uang 1 Dinar kepada Urwah al-Bariqi radhiyallahu anhu, agar dibelikan seekor kambing untuk Nabi ﷺ. Urwah segera ke pasar dan mendatangi para pedagang kambing. Dengan uang 1 Dinar, Urwah berhasil membawa 2 ekor kambing. Dalam perjalanan menuju Rasulullah ﷺ, ada seseorang yang menawar seekor kambing yang dibawa Urwah seharga 1 Dinar, maka dia pun menjualnya. Sampai di hadapan Nabi ﷺ, Urwah memberikan 1 Dinar dan seekor kambing. Nabi ﷺ merestui apa yang dilakukan Urwah, dengan beliau doakan:

اللهُمَّ بَارِكْ لَهُ فِي صَفْقَةِ يَمِينِهِ

Ya Allah, berkahi perdagangan yang dilakukan Urwah. [HR. Ahmad 19362 dan diShahihkan Syuaib al-Arnauth]

Dalam dua dalil di atas memang tidak disebutkan upah untuk yang dititipi. Meskipun andai keduanya meminta upah di awal, diperbolehkan. Dalil di atas juga menyebutkan, bahwa orang yang dititipi telah diberi uang oleh orang yang titip. Karena hakikat dari Wakalah Bil Ujrah adalah jual beli jasa dan layanan, sementara hukum asal jual beli adalah mubah.

Go Food dan Go Mart

Dalam kasus Go Food atau Go Mart, pihak pelanggan memesan makanan atau barang. Dan umumnya driver Go Food tidak mendatangi pelanggan, tapi langsung ke rumah makan atau tempat belanja, untuk membeli pesanan yang diinginkan pelanggan. Ketika driver belum diberi uang oleh pelanggan, dia harus memberi talangan. Dan kita memahami, talangan itu adalah utang.

Setelah makanan dan barang sampai di pelanggan, maka pelanggan akan membayar dua item:

[1] Makanan/barang yang dipesan sesuai nilai yang tertera dalam struk/nota. Dalam hal ini, driver sama sekali tidak melebihkan harga makanan maupun barang.

[2] Jasa kirim makanan. Di sini pihak driver mendapatkan keuntungan.

Berdasarkan keterangan di atas, ada dua akad yang dilakukan antara pelanggan dengan driver:

[1] Akad jual beli jasa Wakalah untuk beli makanan/barang

Inilah akad yang menjadi tujuan utama kedua belah pihak. Tujuan utama pelanggan adalah mendapat layanan membelikan makanan/barang yang diinginkan. Sebagaimana pula yang menjadi tujuan utama driver, mendapat upah membelikan makanan/barang yang dipesan.

[2] Akad utang (talangan)

Bisa kita sebut akad utang ini hanyalah efek samping dari akad pertama. Keduanya sama sekali tidak memiliki maksud untuk itu. Hanya saja, untuk alasan praktis, pihak driver memberikan talangan untuk penyediaan makanan atau barang.

Kita bisa memahami itu, karena andai si driver ada di sebelah kita, kemudian kita apply Go Food atau Go Mart, tentu pihak driver akan meminta kita uang untuk pembelian makanan yang kita pesan. Dan kita juga akan tetap membayar biaya antar makanan.

Tinjauan Hadis Larangan Menggabungkan Utang dengan Jual Beli

Ada sebuah hadis dari Abdullah bin Amr bin Ash radhiyallahu ‘anhuma, beliau mengatakan:

نَهَى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ سَلَفٍ وَبَيْعٍ

Rasulullah ﷺ melarang menggabungkan antara akad jual-beli dan akad utang. [HR. Ahmad 6918 & Tirmizi 1278]

Dalam riwayat lain, Nabi ﷺ bersabda:

لاَ يَحِلُّ سَلَفٌ وَبَيْعٌ

Tidak halal, utang digabung dengan jual beli. [HR. Ahmad 6671, Abu Daud 3506 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth]

Dalam catatan yang diberikan oleh Turmudzi di bawah hadis ini, beliau menyebutkan keterangan Imam Ahmad:

قال إسحاق بن منصور: قلت لأحمد: ما معنى نهى عن سلف وبيع؟ قال: أن يكون يقرضه قرضاً ثم يبايعه بيعاً يزداد عليه. ويحتمل أن يكون يسلف إليه في شيء فيقول: إن لم يتهيأ عندك فهو بيع عليك

Ishaq bin Manshur pernah bertanya kepada Imam Ahmad:

“Apa makna larangan beliau, menggabungkan utang dengan jual beli?”

Jawab Imam Ahmad:

“Bentuknya, si A memberi utang kepada si B, kemudian mereka melakukan transaksi jual beli sebagai syarat tambahannya.” [Sunan Turmudzi, 5/140]

Dan Akad Ijarah, di antaranya c, termasuk jual beli. Karena hakikat akad sewa adalah jual beli jasa. Dalam Ma’ayir as-Syar’iyah yang diterbitkan oleh AAOIFI, pada pasal (19) tentang Qardh, ayat (7) dinyatakan:

لا يجوز اشتراط عقد البيع أو الإجارة أو نحوهما من عقود المعوضات في عقد القرض

“Lembaga keuangan syariah tidak dibolehkan mensyaratkan akad ba’i (jual-beli), akad ijarah (sewa), atau akad mu’awadhah lainnya yang digabung dengan akad qardh. Karena dalam jual/sewa, biasanya, pihak debitur sering menerima harga di atas harga pasar, dan ini merupakan sarana untuk terjadinya riba (pinjaman yang mendatangkan keuntungan bagi kreditur)”. [Al-Ma’ayir asy-Syari’iyyah, hal 270]

Mengapa Dilarang Menggabungkan Jual Beli dengan Utang?

Dari keterangan Imam Ahmad, adanya larangan menggabungkan utang dengan jual beli, tujuan besarnya adalah menutup celah riba. Dalam rangka saduud dzari’ah (menutup peluang terjadinya maksiat). Karena saat mungkin pihak yang memberi utang mendapat manfaat dari transaksi jual beli yang dilakukan. Dan setiap utang yang menghasilkan manfaat adalah RIBA.

Ibnu Qudamah menjelaskan alasan larangan menggabungkan utang dengan jual beli:

إذا اشترط القرض زاد في الثمن لأجله فتصير الزيادة في الثمن عوضا عن القرض وربـحا له وذلك ربا محرم

“Jika jual beli disyaratkan dengan utang, maka harga bisa naik disebabkan utang. Sehingga tambahan harga ini menjadi ganti dan keuntungan atas utang yang diberikan. Dan itu riba yang haram.” [Al-Mughni, 4/314]

Sehingga ketika gabungan akad utang dan jual beli ini dilakukan, utang menjadi akad utama, sementara jual beli menjadi syarat tambahan, sebagai celah bagi pemberi utang untuk mendapat keuntungan.

Akad yang Mengikuti tidak Diperhitungkan

Terdapat kaidah Fikih yang disampaikan al-Kurkhi:

الأصل أنه قد يثبت الشيء تبعاً وحكماً وإن كان يبطل قصداً

Hukum asalnya, terkadang ada sesuatu dibolehkan karena mengikuti, meskipun batal jika jadi tujuan utama. [Al-Wajiz fi Idhah Qawaid Fiqh, hlm. 340]

Dalam redaksi yang lain dinyatakan:

يثبت تبعاً ما لا يثبت استقلالاً

Jika mengikuti boleh, jika berdiri sendiri tidak boleh. [Al-Qawaid al-Fiqhiyah ‘ala al-Madzahib al-Arba’ah, 1/468]

Jika kita perhatikan dalam akad Go Food atau Go Mart, pada dasarnya utang yang dilakukan pelanggan sama sekali bukan tujuan utama akad. Saya sebut, itu EFEK SAMPING dari akad antar pesanan makanan/barang, sehingga tidak diperhitungkan. Sebenarnya pelanggan juga tidak ingin berutang, karena dia mampu bayar penuh. Sementara driver juga tidak membuka penyediaan utang, karena bagi dia, talangan resikonya lebih besar.  Sementara niat memengaruhi kondisi akad. Ada kaidah menyatakan:

القصود في العقود معتبرة

“Niat dalam akad itu ternilai”

Sedangkan larangan menggabungkan utang dengan jual beli, akad yang dominan adalah utangnya. Andai tidak ada utang, mereka tidak akan jual beli. Sementara dalam kasus Go Food – Go Mart, yang terjadi, akad utang hanya nebeng, imbas, efek samping, yang sebenarnya tidak diharapkan ada oleh kedua belah pihak.

Karena itu, menurut pribadi saya (ustadz Ammin Nur Baits – pent) Go Food atau Go Mart dibolehkan.

Saya menyadari bahwa pendapat ini barangkali berbeda dengan pendapat para ustad yang lain, tapi itulah yang saya pahami.

Semoga Allah memberkahi apa yang kita pelajari.

Allahu a’lam

Sumber: https://konsultasisyariah.com/28865-hukum-go-food-dan-riba.html

Catatan Tambahan dari pak Ustadz Ammi Nur Baits

Menggabungkan dua akad yang bermasalah adalah ketika akad kedua menjadi syarat dari akad pertama.

Misalnya

Saya mau memberi utang ke kamu, tapi dengan syarat kau nikahkan aku dengan putrimu –> Menggabungkan akad utang dengan akad nikah… (Kasus Siti Nurbaya)

Saya mau menjual tanahku, dengan syarat saya diizinkan membeli rumahmu –> Menggabungkan akad jual beli tanah dengan jual beli rumah…

Bedakan dengan si A (akhwat) punya utang ke si B (pria)… selama enam bulan mereka sering komunikasi karena ini. Kemudian si B melamar si A dan si A menerima, lalu menikah… –> Ini bukan menggabungkan dua akad, karena si B tidak mensyaratkan dari utangnya untuk menikahi si A.

Dalam Go Food, ada utang (talangan) dan ada ijarah (sewa jasa pembelian makanan)… –> Apakah keduanya menjadi syarat?

Misal: Pihak Gojek mensyaratkan, Anda boleh membeli jasa kami, dengan syarat, kami mengutangi Anda.

Hal ini tidak terjadi. Tetapi akad utang itu sifatnya efek samping, karena alasan praktis, bukan karena ingin mengambil keuntungan dari utang.

Wallahu a’lam.