DOA MOHON AGAR DAPAT MEMBENCI DAN CINTA KARENA ALLAH

Doa Mohon Agar Dapat Membenci dan Cinta karena Allah

Doa Mohon Agar Dapat Membenci dan Cinta karena Allah

 

Di antara doa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam —bahkan beliau mewasiatkan umatnya untuk berdoa dengannya— agar kita dapat mencintai dan membenci karena Allah ta’ala adalah:

أَسْأَلُكَ حُبَّكَ، وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ، وَحُبَّ عَمَلٍ يُقَرِّبُنِي إِلَى حُبِّكَ

AS ALUKA HUBBAKA WA HUBBA MAYYUHIBBUK WA HUBBA ‘AMALIYYUQORRIBU ILAA HUBBIK

Artinya:

“Ya Allah, aku memohon anugerah agar aku mencintai-Mu dan mencintai orang-orang yang mencintai-Mu serta mencintai semua amalan yang mendekatkanku kepada cinta kepada-Mu.” (HR. at-Tirmidzi dan Ahmad, dinyatakan dha’if oleh asy-Syaikh al-Albani dalam Dha’if al-Jami’, kemudian beliau menyatakannya sahih dalam Sunan at-Tirmidzi no. 3235 dan al-Misykah no. 747)

Ibnu Rajab al-Hanbali rohimahulloh berkata, “Dalam doa ini, selain meminta kecintaan kepada-Nya, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam juga memohon dua hal lainnya. Pertama, memohon untuk mencintai orang-orang yang mencintai Allah ta’ala. Demikianlah, orang yang mencintai Allah ta’ala, pasti mencintai mereka yang dicintai oleh Allah ta’ala dan membenci musuh-musuh-Nya…. Dan manusia termulia yang wajib dicintai karena Allah ta’ala adalah para Nabi dan Rasul-Nya, lebih-lebih Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam, nabi yang Allah ta’ala telah mewajibkan manusia mengikuti jalan beliau…. (Kedua), mencintai amalan yang mendekatkan diri kepada Allah ta’ala.” (Syarah hadits Ikhtisham al-Mala’il A’la)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *