DIAMLAH SAAT KHUTBAH JUMAT

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمِ

 
DIAMLAH SAAT KHUTBAH JUMAT
 
Ada adab yang mesti diperhatikan ketika khutbah Jumat adalah hendaknya jamaah benar-benar memperhatikan khutbah dan diam. agar ibadah Jumatnya mendapatkan manfaat dan tidak jadi sia-sia.
 
Dalam hadis riwayat Muslim, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:
“Barang siapa yang berwudhu, lalu memperbagus wudhunya kemudian ia mendatangi (shalat) Jumat, kemudian (di saat khutbah) ia betul-betul mendengarkan dan diam, maka dosanya antara Jumat saat ini dan Jumat sebelumnya ditambah tiga hari akan diampuni. Dan barang siapa yang bermain-main dengan tongkat, maka ia benar-benar melakukan hal yang batil (lagi tercela) ” ([R. Muslim no. 857]
 
Imam Nawawi rahimahullah berkata:
“Hadis di atas menunjukkan larangan berbicara dengan berbagai macam bentuknya ketika imam berkhutbah. Begitu juga dengan perkataan untuk menyuruh orang diam, padahal asalnya ingin melakukan amar ma’ruf (memerintahkan kebaikan), itu pun tetap disebut ‘laghwu’ (perkataan yang sia-sia). Jika seperti itu saja demikian, maka perkataan yang lainnya tentu jelas terlarang. Jika kita ingin beramar ma’ruf kala itu, maka cukuplah sambil diam dengan berisyarat yang membuat orang lain paham. Jika tidak bisa dipahami, cukup dengan sedikit perkataan dan tidak boleh lebih dari itu.
 
Mengenai hukum berbicara di sini apakah haram ataukah makruh, para ulama berbeda pendapat. Imam Syafi’i memiliki dua pendapat dalam hal ini. Al Qadhi berkata bahwa Imam Malik, Imam Abu Hanifah dan Imam Syafi’i serta kebanyakan berpendapat wajibnya diam saat khutbah.
Dalam hadis disebutkan: “Ketika imam berkhutbah”. Ini menunjukkan bahwa wajibnya diam dan larangan berbicara adalah ketika imam berkhutbah saja. Inilah pendapat madzhab Syafi’i, Imam Malik dan Mayoritas Ulama. Berbeda dengan Abu Hanifah yang menyatakan wajib diam sampai imam keluar.” [Syarh Shahih Muslim, 6: 138-139]
 
 
Sumber: [Rumaysho.Com]
Ikuti kami selengkapnya di:
WhatsApp: +61 (450) 134 878 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Website: https://nasihatsahabat.com/
Facebook: https://www.facebook.com/nasihatsahabatcom/
Instagram: NasihatSahabatCom
Telegram: https://t.me/nasihatsahabat
Pinterest: https://id.pinterest.com/nasihatsahabat
2018-02-02T07:28:32+00:00 2 February 2018|Adab & Akhlak, Fikih dan Muamalah, Hadis, Sifat Sholat Nabi|0 Comments

Leave A Comment