بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
 
TIPS MENGHAFAL ALQURAN
 
Bagi yang ingin menghafal Alquran, hendaknya memerhatikan beberapa hal berikut:
 
1.Menjaga Keikhlasan
Seorang yang menghafal Alquran hendaknya meniatkan semata untuk mengharap pahala di sisi Allah taala, dan meniatkan dengan hafalannya sebagai hal yang membantu dia untuk melakukan ketaatan kepada-Nya. Ketika dia berusaha menjaga keikhlasan, kemudian menempuh sebab-sebab dalam menghafal, maka ini adalah hal yang memudahkan baginya untuk menghafal Alquran.
2. Banyak Berdoa Kepada Allah
 
Doa adalah senjata seorang Mukmin. Hendaknya seorang yang ingin menghafal Alquran memerbanyak doa kepada-Nya agar dimudahkan dalam menghafal.
3. Meninggalkan Maksiat
Maksiat adalah salah satu sebab yang menjadikan seseorang lupa terhadap ilmu dan hafalan.
4. Berusaha Memahami Ayat yang Ingin Dihafal
 
Memahami ayat yang dihafal adalah hal yang membantu dalam menghafal. Dan bagi yang tidak memahami bahasa Arab, maka membaca terjemahan Alquran bisa membantu untuk memahaminya.
5. Menggunakan Satu Cetakan Mushaf Alquran
Di antara hal yang yang membantu dalam menghafal adalah menggunakan satu cetakan Mushaf. Sebab orang yang menghafal akan mengingat letak ayat yang dia hafal, apakah letak ayatnya di bagian atas halaman, atau di bagian bawah. Sehingga ketika dia telah mengahafal dengan satu mushaf, kemudian dia menggantinya dengan mushaf lain yang cetakannya berbeda dengan sebelumnya, sehingga letak ayat pun berbeda, maka ini akan mengacaukan hafalan. Demikian pula menggunakan Mushaf ukuran besar, ini akan memudahkan untuk mengingat letak ayat dalam Alquran.
6. Sering Mengulang Hafalan
Banyak mengulang hafalan dan sering murajaah adalah hal yang sangat membantu dalam menguatkan hafalan. Hendaknya seorang yang menghafal Alquran sering mengungulangi hafalannya, baik di dalam salat maupun di luar salat.
8. Membatasi Hafalan
Di antara perkara penting yang harus diketahui oleh orang yang menghafal Alquran adalah membatasi hafalan setiap harinya. Adapun batasan hafalan disesuaikan dengan kemampuan. Misalnya dia membatasi satu halaman setiap hari, atau dua halaman, atau pun membatasi setengah halaman. Orang yang menghafal dengan cara seperti ini akan memudahkan baginya untuk istiqamah dan kontinu, serta disiplin dalam menghafal. Demikian pula sangat membatu baginya untuk menguatkan hafalan, dan juga memudahkan dalam membagi hafalan baru dan hafalan lama yang dimurajaah.
 
Catatan:
Orang yang menghafal melebihi kapasitas kemampuannya akan menjadikan dia putus asa. Sebab banyak ayat yang harus dia jaga, sementara hafalan tersebut tidak mutqin (kuat).
9. Memerdengarkan Bacaan yang Telah Dihafal
 
Setelah menghafal, hendaklah mentasmi’ (memerdengarkan) hafalan tersebut kepada orang lain. Sebab boleh jadi ada kekeliruan dalam hafalan tersebut. Sehingga jika dia memiliki kekeliruan, maka akan diingatkan oleh orang yang mendengarnya.
 
Wallahu a’lam.
 
 
Penulis: Ustadz Irfandi Makku, Lc (Pesantren As-Sunnah Makassar)
 
 
Ikuti kami selengkapnya di:
WhatsApp: +61 (450) 134 878 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Website: https://nasihatsahabat.com/
Email: nasihatsahab[email protected]
Twitter: @NasihatSalaf
Facebook: https://www.facebook.com/nasihatsahabatcom/
Instagram: NasihatSahabatCom
Telegram: https://t.me/nasihatsahabat
Pinterest: https://id.pinterest.com/nasihatsahabat
Baca juga:
TIPS MENGHAFAL ALQURAN