بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
SURGA DAN NERAKA SUDAH ALLAH CIPTAKAN
Pertanyaan:
Bagaimana pandangan Ahlusunnah tentang keberadaan Surga dan Neraka? Mohon penjelasan dalil, bahwa Surga dan Neraka itu sudah diciptakan, dan sekarang sudah ada, dan termasuk alam gaib.
Ana juga membaca bahwa keyakinan tersebut diingkari oleh Khawarij dan Muktazilah, yang menganggap Surga dan Neraka itu belum diciptakan. Mohon dalil hujjahnya untuk membantah syubhat tersebut.
Jawaban:
Alhamdulillah
Washshalatu wassalamu ‘ala Rasulillah, wa ‘ala alihi wa ash habihi ajma’in
Memang benar bahwa Surga dan Neraka telah tercipta. Allah yang menciptakannya. Bahkan Ahlussunnah wal Jamaah sepakat akan benarnya ideologi ini, dan bahwa ideologi lain yang bertentangan dengannya wajib untuk ditolak. Salah seorang Imam Ahlusunnah Wal Jamaah di zamannya, Al-Imam Ibnu Abil Izz Al-Hanafi menyatakan:
فاتفق أهل السنة على أن الجنة والنار مخلوقان موجودان الآن، ولم يزل أهل السنة على ذلك، حتى نبغت من المعتزلة والقدرية، فأنكرت ذلك، بل ينشئهما الله يوم القيامة. وقالت: بل ينشئهما الله يوم القيامة. وحملهم على ذلك أصلهم الفاسد الذي وضعوا به شريعة لما يفعله الله، وأنه ينبغي أن يفعل كذا، ولا ينبغي له أن يفعل كذا. وقاسوه على خلقه في أفعالهم
“Ahlussunnah wal Jamaah sepakat, bahwa Surga dan Neraka telah tercipta dan telah ada saat ini. Mereka senantiasa berada dalam akidah ini, sampai munculah kaum Muktazilah dan Qadariyah, yang mengingkari keyakinan ini. Mereka mengatakan, Surga dan Neraka Allah ciptakan pada Hari Kiamat.
Yang mendorong mereka berkeyakinan seperti ini adalah prinsip akidah mereka yang rusak dalam memahami syariat Islam. Mereka menanyakan “Mengapa Allah melakukan ini dan itu? Sepatutnya Allah melakukan ini dan ini. Ini tidak sepatutnya dilakukan oleh Allah.” Mereka telah menganalogikan perbuatan Allah dengan perbuatan manusia.” [Syarah Aqidah Ath-Thahawiyyah: 440]
Di antara dalil yang melandasi ideologi ini adalah firman Allah ﷻ:
وَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِي أُعِدَّتْ لِلْكَافِرِينَ
“Dan peliharalah dirimu dari api Neraka, telah disediakan untuk orang-orang yang kafir.” [QS. Ali Imran: 131]
Imam Qurtubi rahimahullah berkata saat menafsirkan ayat ini:
وفي هذه الآية دليل على أن النار مخلوقة ردا على الجهمية ; لأن المعدوم لا يكون معدا
“Ayat ini dalil bahwa Neraka telah tercipta. Ini sebagai bantahan terhadap kaum Jahmiyah. Karena sesuatu yang belum ada, tidak akan pernah dijadikan janji.” [Al-Jami’ Li Ahkamil Quran, 5/312]
Wallahu a’lam.
Wabillahit taufiq.
Dijawab dengan ringkas oleh: Ustadz Abul Aswad Al bayati حفظه الله
Ikuti kami selengkapnya di:
WhatsApp: +61 (450) 134 878 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Website: https://nasihatsahabat.com/
Email: [email protected]
Twitter: @NasihatSalaf
Facebook: https://www.facebook.com/nasihatsahabatcom/
Instagram: NasihatSahabatCom
Telegram: https://t.me/nasihatsahabat
Pinterest: https://id.pinterest.com/nasihatsahabat
Baca juga:
SURGA DAN NERAKA SUDAH ALLAH CIPTAKAN
Leave A Comment