MUSLIM YANG PALING CERDAS

/, Hadis/MUSLIM YANG PALING CERDAS

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

#Renungan_Bermakna
#Mutiara_Sunnah
MUSLIM YANG PALING CERDAS
Saudaraku rahimakumullaah. Andai ada satu makanan yang sangat nikmat, namun beberapa saat setelah menyantapnya akan sakit parah berhari-hari, bahkan bisa mematikan, maka semua orang yang berakal pasti sepakat, bahwa orang yang memakannya adalah orang yang bodoh. Hanya demi kenikmatan sesaat dia rela menanggung derita berkepanjangan.
Demikianlah perumpamaan kehidupan dunia. Sungguh bodoh kita, jika hanya demi kenikmatan dan kemewahan dunia yang sementara ini, lalu kita harus menanggung derita yang tiada tara di negeri Akhirat yang kekal abadi.
Maka orang yang cerdas tentu rela bersabar dalam mengumpulkan bekal-bekal iman dan amal saleh di kehidupan dunia yang sangat singkat ini, untuk menempuh perjalanan panjang setelah kematian, agar sampai di tempat tujuan, yaitu Surga yang penuh kenikmatan.
Seorang Sahabat Anshar bertanya kepada Rasulullah ﷺ:

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ الْمُؤْمِنِينَ أَفْضَلُ؟ قَالَ: «أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا» قَالَ: فَأَيُّ الْمُؤْمِنِينَ أَكْيَسُ؟ قَالَ: «أَكْثَرُهُمْ لِلْمَوْتِ ذِكْرًا، وَأَحْسَنُهُمْ لِمَا بَعْدَهُ اسْتِعْدَادًا، أُولَئِكَ الْأَكْيَاسُ»

“Wahai Rasulullah, orang Mukmin manakah yang paling mulia? Beliau ﷺ bersabda: Yang paling baik akhlaknya. Sahabat tersebut bertanya lagi: Orang Mukmin manakah yang paling cerdas? Beliau ﷺ bersabda: Yang paling banyak mengingat mati, dan paling baik persiapannya untuk kehidupan setelahnya. Mereka itulah orang-orang yang cerdas.”
[HR. Ibnu Majah dan Al-Hakim dari Ibnu Umar radhiyallahu’anhuma, Ash-Shahihah: 1384]
 
Penulis: Al-Ustadz Sofyan Chalid Ruray hafizhahullah
Sumber: https://www.facebook.com/sofyanruray.info/posts/731943056955179:0

2017-01-28T09:48:17+00:00 28 January 2017|Fikih dan Muamalah, Hadis|0 Comments

Leave A Comment