HUKUM MEMBERI UCAPAN SELAMAT MERAYAKAN TAHUN BARU ISLAM

/, Fatwa Ulama/HUKUM MEMBERI UCAPAN SELAMAT MERAYAKAN TAHUN BARU ISLAM
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
HUKUM MEMBERI UCAPAN SELAMAT MERAYAKAN TAHUN BARU ISLAM
>> Fatwa Mufti Saudi Arabia sahamatus syaikh Abdul Aziz Alu Asy-Syaikh –Hafizhahullah-
 
Pertanyaan:
Bolehkah memberi ucapan selamat atau membuat perayaan tahun baru?
 
Jawaban:
Mengadakan perayaan tahun baru Hijriyah atau merayakan peristiwa hijrah adalah perkara yang sama sekali TIDAK PERNAH DILAKUKAN oleh Sabiqunal Awwalun (generasi yang pertama –sahabat, tabi’in, tabi’ut tabi’in-) yang berhijrah dan mengerti betul peristiwa tersebut serta perkembangannya. Mereka TIDAK melakukan hal yang demikian sama sekali. Karena dengan peristiwa ini, menguatlah keimanan di dalam hati-hati mereka. Inilah pengaruhnya kepada mereka.
 
Adapun mengadakan perayaan, khutbah, muhasabah, ini semua TIDAK PERNAH ADA. Apabila Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali serta Imam mereka penghulu manusia yang pertama dan terakhir tidak pernah membuat untuk peristiwa tersebut sebuah perayaan dan tidak pula khutbah tertentu, hal ini menegaskan kepada kita, bahwa perkara itu semua adalah muhdats (ajaran baru/bid’ah). Dan yang Utama bagi kita adalah tidak mengadakan hal-hal yang demikian, melainkan apabila kita mengingat peristiwa tersebut, kita bersyukur kepada Allah atas segala nikmat-Nya dan menguatlah keinginan kita dalam kebaikan dan bersyukur kepada-Nya atas kemenangan agama-Nya. Ini yang diinginkan. Kita memohon kepada Allah subahanahu wa ta’ala agar kita dapat mengikuti Nabi kita ﷺ dan berpedoman kepadanya dalam ucapan dan amalannya, agar kita bisa mewujudkan kecintaan yang sebenarnya.
 
قل إن كنتم تحبون الله فاتبعوني يعببكم الله
 
“Katakanlah, “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku. Niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Ali Imran:31)
 
[Nuurrun ‘ala Ad-Darb (2/1/1427H)]
 
 
 
Ikuti kami selengkapnya di:
WhatsApp: +61 (450) 134 878 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Website: http://nasihatsahabat.com/
Facebook: https://www.facebook.com/nasihatsahabatcom/
Instagram: NasihatSahabatCom
Telegram: https://t.me/nasihatsahabat
Pinterest: https://id.pinterest.com/nasihatsahabat
#tahunbaruIslam #tahunbaruHijriyah #Hijriyah #Hijriah #HukumtahunbaruIslam #hukumtahunbaruHijriyah #Muharam #Muharram #Muharom
2018-09-10T01:07:30+00:00 10 September 2018|Bid'ah, Fatwa Ulama|0 Comments

Leave A Comment