بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

 

HUKUM HADIAH DARI PENGUTANG KEPADA PEMBERI UTANG

 

Masalah hadiah dari orang yang berutang kepada orang yang mengutangi ini adalah masalah turunan dari masalah riba.

Apa Kaitannya dengan Riba?

Kaidah umum mengenal riba dalam utang-piutang adalah:

كل قرض جَرَّ نفعاً فهو ربا

“Setiap utang-piutang yang mendatangkan manfaat (bagi orang yang mengutangi), maka itu adalah riba.“

Kaidah ini tidak sahih jika dinisbatkan kepada Nabi ﷺ. Namun para ulama sepakat, bahwa maknanya benar dan diamalkan. Syaikh Abdul Aziz bin Baz mengatakan:

الحديث المذكور ضعيف عن أهل العلم، ليس بصحيح، ولكن معناه صحيح عن العلماء معناه، أن القروض التي تجر نفعاً ممنوعة بالإجماع

“Hadis ini lemah menurut para ulama. Tidak sahih, namun maknanya benar menurut mereka. Yaitu, bahwasanya utang yang mendatangkan manfaat, maka itu terlarang, berdasarkan kesepakatan para ulama.” [Fatawa Nurun ‘alad Darbi no.463, lihat di: http://www.binbaz.org.sa/noor/2872]

Misalnya jika Fulan berutang seratus juta Rupiah kepada Alan, dengan syarat pengembaliannya sebesar 120 juta Rupiah. Maka 20 juta Rupiah yang didapat Alan ini adalah manfaat yang datang dari utang-piutang, sehingga disebut riba, sebagaimana kaidah di atas. Oleh karena itu, jika kita terapkan kaidah di atas, hadiah yang diberikan oleh pengutang kepada orang yang memberikan utang, bisa juga menjadi sebuah manfaat yang datang dari utang-piutang, sehingga bahasan ini terkait dengan bahasan riba.

Selain terkait dengan riba, hadiah tersebut juga terkait dengan risywah (sogokan). Karena terkadang pengutang memberikan hadiah kepada orang yang mengutangi, dengan harapan tempo pembayaran utang bisa ditunda atau diperpanjang. Imam Asy Syaukani menjelaskan:

وَالْحَاصِلُ أَنَّ الْهَدِيَّةَ وَالْعَارِيَّةَ وَنَحْوَهُمَا إذَا كَانَتْ لِأَجْلِ التَّنْفِيسِ فِي أَجَلِ الدَّيْنِ، أَوْ لِأَجْلِ رِشْوَةِ صَاحِبِ الدَّيْنِ، أَوْ لِأَجْلِ أَنْ يَكُونَ لِصَاحِبِ الدَّيْنِ مَنْفَعَةٌ فِي مُقَابِلِ دَيْنِهِ فَذَلِكَ مُحَرَّمٌ؛ لِأَنَّهُ نَوْعٌ مِنْ الرِّبَا أَوْ رِشْوَةٌ

“Kesimpulannya, hadiah atau pinjaman atau semisalnya, jika diberikan untuk menunda tempo pembayaran atau sebagai risywah (sogokan), atau untuk memberikan manfaat kepada pemberi utang atas utang yang diberikan, maka ini haram, karena ini merupakan bentuk riba atau risywah.” [Nailul Authar, 5/275]

Lalu bagaimana hukumnya?

Pertama: Terdapat sebuah hadis yang digunakan para ulama dalam bab ini, dikeluarkan Ibnu Majah dalam Sunannya (2432):

حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ قَالَ: حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَيَّاشٍ قَالَ: حَدَّثَنِي عُتْبَةُ بْنُ حُمَيْدٍ الضَّبِّيُّ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي إِسْحَاقَ الْهُنَائِيِّ، قَالَ: سَأَلْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ: الرَّجُلُ مِنَّا يُقْرِضُ أَخَاهُ الْمَالَ فَيُهْدِي لَهُ؟ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِذَا أَقْرَضَ أَحَدُكُمْ قَرْضًا، فَأَهْدَى لَهُ، أَوْ حَمَلَهُ عَلَى الدَّابَّةِ، فَلَا يَرْكَبْهَا وَلَا يَقْبَلْهُ، إِلَّا أَنْ يَكُونَ جَرَى بَيْنَهُ وَبَيْنَهُ قَبْلَ ذَلِكَ»

“Hisyam bin Ammar menuturkan kepada kami, Ismail bin Ayyasy menuturkan kepada kami, Utbah bin Humaid Adh Dhibbi menuturkan kepada kami, dari Yahya bin Abi Ishaq Al Huna-i, ia berkata: Aku bertanya kepada Anas bin Malik, bolehkah seseorang di antara kami yang berutang kepada saudaranya, lalu ia memberikan hadiah kepadanya? Maka Anas bin Malik mengatakan, Rasulullah ﷺ bersabda:

‘Jika seseorang di antara kalian memberikan utang, lalu si pengutang memberikan hadiah kepadanya, atau memboncengnya dengan hewan tunggangan, maka jangan mau dibonceng dan jangan terima hadiahnya. Kecuali jika hal itu memang sudah biasa terjadi di antara mereka.‘”

Dalam sanadnya terdapat dua masalah:
a) Utbah bin Humaid Adh Dhibbi. Abu Hatim Ar Razi mengatakan: “Salihul hadis.“ Imam Ahmad mengatakan: “Ia lemah, tidak kuat hadisnya.” Ibnu Hajar mengatakan: “Shaduq, memiliki banyak wahm.“ Maka yang tepat, ia adalah perawi yang shaduq, tidak diterima hadisnya jika bersendirian.

b) Ismail bin Ayyasy. Ia disepakati oleh ulama bahwa status hadisnya Sahih jika meriwayatkan dari penduduk Syam, dan Dhaif jika dari selain penduduk Syam karena Mukhtalith.

Dari keterangan ini jelaslah, bahwa riwayat ini lemah, sebagaimana dikatakan Asy-Syaukani dalam Ad-Durari Al-Mudhiyyah (270), Ar-Ruba’i dalam Fathul Ghaffar(3/1224), Al-Albani dalam Dhaif Ibni Majah (479) dan Silsilah Adh-Dhaifah (1162), dan ulama yang lainnya.

Kedua: Saling memberi hadiah pada asalnya adalah perbuatan yang dianjurkan. Nabi ﷺ bersabda:

تهادُوا تحابُّوا

“Hendaknya kalian saling memberi hadiah, maka kalian akan saling mencintai.” [HR. Al Bukhari dalam Al Adabul Mufrad no. 462, dihasankan Al Albani dalam Sahih Adabil Mufrad]

Demikian juga menerima hadiah hukumnya dianjurkan, bahwa wajib, menurut sebagian ulama. Nabi ﷺ bersabda:

من صنع إليكم معروفاً فكافئوه، فإن لم تجدوا ما تكافئونه فأدعوا له حتى تروا أنكم قد كافئتموه

“Siapa saja yang memberikan sesuatu kebaikan padamu, maka balaslah yang sepadan. Jika kalian tidak memiliki sesuatu yang dapat membalasnya dengan sepadan, maka doakanlah ia hingga engkau memandang, bahwa doamu tersebut sudah sepadan dengan pemberiannya.“

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah mengatakan:

قبول الهدية من هدي النبي صلى الله عليه وسلم، حتى إن بعض أهل العلم قالوا: يجب قبول الهدية إذا تمت الشروط

“Menerima hadiah itu termasuk akhlak yang diajarkan Nabi ﷺ. Bahkan sebagian ulama mengatakan, bahwa menerima hadiah itu wajib jika terpenuhi syarat-syaratnya.” [Sumber: http://binothaimeen.net/content/11820]

Ketiga: Mengenai hukum hadiah atau manfaat dari pengutang kepada pemberi utang. Perlu diketahui, bahwa masalah ini adalah masalah khilafiyah ijtihadiyyah di antara para ulama.
Andaikan hadis Anas bin Malik radhiallahu ’anhu di atas sahih, tentu ia adalah dalil qath’i dalam masalah ini. Namun hadis tersebut lemah, dan tidak kami ketahui adanya dalil qath’i yang sahih dalam masalah ini. Sehingga ini adalah masalah khilafiyah ijtihadiyyah. Dalam Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah (33/131-132) disebutkan para ulama khilaf dalam empat pendapat:

Pendapat Pertama
Pengutang BOLEH memberikan hadiah kepada pemberi utang. Namun jika diketahui bahwa pengutang memberi hadiah liajlil qardh (karena sebab utangnya), yang lebih utama adalah bersikap wara‘ dengan tidak menerimanya. Adapun jika diketahui bahwa hadiah tersebut diberikan bukan karena sebab utangnya, namun karena sedekah atau karena adanya kekerabatan di antara keduanya, maka tidak perlu bersikap wara,‘ dan hendaknya diambil hadiahnya. Ini adalah pendapat Ulama Hanafiyah.

Pendapat Kedua
Pengutang TIDAK BOLEH memberikan hadiah kepada pemberi utang karena berharap tempo pembayaran utangnya ditunda. Pemberi utang diharamkan menerima hadiah darinya, jika diketahui tujuannya adalah demikian. Jika hadiahnya sudah diterima, maka wajib mengembalikannya. Jika hadiahnya sudah terpakai atau sudah habis, maka wajib mengembalikan yang semisal nilainya. Namun jika pengutang dalam memberikan hadiah tidak berharap penundaan tempo, maka ia boleh memberi hadiah. Ini adalah pendapat Ulama Malikiyyah.

Pendapat Ketiga
Pengutang boleh secara mutlak memberikan hadiah kepada pemberi utang, tanpa syarat. Ini adalah pendapat ulama Syafi’iyyah.

Pendapat keempat
Pengutang TIDAK BOLEH memberikan hadiah kepada pemberi utang sebelum pelunasan, kecuali hadiah tersebut dihitung sebagai cicilan atau pelunasan utang. Atau jika telah ada kebiasaan saling memberi hadiah antara keduanya di masa-masa sebelumnya, maka boleh memberi hadiah ketika itu. Adapun jika hadiah diberikan setelah pelunasan, maka ini dibolehkan tanpa syarat. Ini adalah pendapat Ulama Hanabilah.

Demikian pendapat para ulama dalam hal ini. Diriwayatkan dari sebagian sahabat Nabi, bahwa mereka menolak hadiah dari orang yang berutang kepadanya, kecuali hadiah tersebut dianggap sebagai bagian dari pelunasan utang. Atau diketahui hadiah yang diberikan tersebut merupakan kebiasaan, dan bukan bermaksud risywah.

عَنْ أَبِي بُرْدَةَ قال : أَتَيْتُ الْمَدِينَةَ فَلَقِيتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ سَلامٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، فَقَالَ لِي : إِنَّكَ بِأَرْضٍ الرِّبَا بِهَا فَاشٍ ، إِذَا كَانَ لَكَ عَلَى رَجُلٍ حَقٌّ فَأَهْدَى إِلَيْكَ حِمْلَ تِبْنٍ أَوْ حِمْلَ شَعِيرٍ أَوْ حِمْلَ قَتٍّ فَلا تَأْخُذْهُ فَإِنَّهُ رِبًا

“Dari Abu Burdah ia berkata: ‘Suatu kala saya datang di kota Madinah dan saya bertemu dengan Abdullah bin Salam radhiallahu’anhu. Kemudian beliau mengatakan kepadaku: ‘Sesungguhnya Anda di negeri yang telah marak riba. Jika ada seseorang mempunyai utang kepadamu lalu ia memberikan hadiah kepadamu dengan membawakan hasil bumi atau gandum, atau membawa rumput makanan hewan ternak, jangan Anda mengambilnya, karena itu riba.” [HR. Al-Bukhari no. 3814]

فَرَوَى الْأَثْرَم أَنَّ رَجُلًا كَانَ لَهُ عَلَى سَمَّاك عِشْرُونَ دِرْهَمًا فَجَعَلَ يُهْدِي إِلَيْهِ السَّمَك وَيُقَوِّمهُ حَتَّى بَلَغَ ثَلَاثَة عَشَر درهما فسأل بن عَبَّاس فَقَالَ أَعْطِهِ سَبْعَة دَرَاهِم

“Diriwayatkan oleh Al-Atsram, bahwa seorang lelaki berutang kepada penjual ikan sebesar dua puluh Dirham. Kemudian dia memberikan hadiah kepadanya ikan yang nilainya mencapai tiga belas Dirham. Kemudian dia bertanya kepada Ibnu Abbas mengenai hal tersebut, maka beliau menjawab: ‘Berikan dia tujuh Dirham (sisanya)’.” [Dinukil dari Hasyiyah Ibnul Qayyim Ala Sunan Abi Dawud, 9/296]

ورَوَى ابْنُ سِيرِينَ أَنَّ عُمَرَ رضي الله عنه أَسْلَفَ أُبَيَّ بْنَ كَعْبٍ رضي الله عنه عَشَرَةَ آلافِ دِرْهَمٍ , فَأَهْدَى إلَيْهِ أُبَيّ بْنُ كَعْبٍ مِنْ ثَمَرَةِ أَرْضِهِ , فَرَدَّهَا عَلَيْهِ , وَلَمْ يَقْبَلْهَا , فَأَتَاهُ أُبَيٍّ , فَقَالَ : لَقَدْ عَلِمَ أَهْلُ الْمَدِينَةِ أَنِّي مِنْ أَطْيَبِهِمْ ثَمَرَةً , وَأَنَّهُ لا حَاجَةَ لَنَا , فَبِمَ مَنَعْتَ هَدِيَّتَنَا ؟ ثُمَّ أَهْدَى إلَيْهِ بَعْدَ ذَلِكَ فَقَبِلَ

“Diriwayatkan dari Ibnu Sirin, bahwa Umar bin Khathab meminjamkan uang Ubay bin Ka’ab sebesar sepuluh ribu Dirham. Kemudian Ubay bin Ka’ab memberi hadiah kepadanya dari hasil panen buah-buahannya. Namun Umar menolaknya dan tidak menerimanya. Kemudian Ubay mendatangi Umar dan mengatakan: ‘Sungguh penduduk Madinah sudah tahu, bahwa buah-buahan saya termasuk yang terbaik, dan kami tidak ada keperluan bagi saya (untuk melakukan risywah). Kenapa Anda menolak hadiah kami wahar Umar?’ Kemudian setelah itu Ubay memberi hadiah lagi kepada Umar, dan Umar menerimanya.” [Dinukil dari Hasyiyah Ibnul Qayyim Ala Sunan Abi Dawud, 9/296]

Ibnul Qayyim rahimahullah setelah membawakan riwayat-riwayat di atas, beliau menjelaskan:

فَكَانَ رَدّ عُمَر لَمَّا تَوَهَّمَ أَنْ تَكُون هَدِيَّته بِسَبَبِ الْقَرْض فَلَمَّا تَيَقَّنَ أَنَّهَا لَيْسَتْ بِسَبَبِ الْقَرْض قَبِلَهَا وَهَذَا فَصْل النِّزَاع فِي مَسْأَلَة هَدِيَّة الْمُقْتَرِض

“Umar menolak hadiah dari Ubay, karena beliau menyangka hadiah tersebut diberikan karena sebab utang yang ia berikan kepada Ubay. Namun ketika ia yakin hadiah tersebut bukan karena sebab utang, beliau menerima hadiah tersebut. Maka inilah patokan utama dari masalah hadiah dari pengutang kepada yang mengutangi.” [Hasyiyah Ibnul Qayyim Ala Sunan Abi Dawud, 9/296]

Maka wallahu a’lam, pendapat yang lebih tepat karena didukung oleh pendapat dan perbuatan Salafus Saleh adalah pendapat yang keempat, yaitu pengutang tidak boleh memberikan hadiah kepada pemberi utang sebelum pelunasan, kecuali hadiah tersebut:
• Dihitung sebagai cicilan atau pelunasan utang, atau
• Jika telah ada kebiasaan saling memberi hadiah antara keduanya di masa-masa sebelumnya atau,
• Diyakini hadiah tersebut bukan dimaksudkan sebagai tambahan pengembalian (riba), atau untuk menunda tempo pembayaran utang (risywah),
Maka boleh memberi hadiah ketika itu.

Jika tidak diketahui maksud pemberi hadiah apakah ia memberikannya karena sebab utang ataukah bukan, atau ragu-ragu antara keduanya, maka yang lebih wara’ dan lebih utama adalah menolaknya. Dan yang lebih aman dan selamat adalah memberikan hadiah ketika pelunasan atau setelah pelunasan. Asy-Syaukani mengatakan:

وَإِنْ لَمْ يَكُنْ ذَلِكَ لِغَرَضٍ أَصْلًا فَالظَّاهِرُ الْمَنْعُ لِإِطْلَاقِ النَّهْيِ عَنْ ذَلِكَ وَأَمَّا الزِّيَادَةُ عَلَى مِقْدَارِ الدَّيْنِ عِنْدَ الْقَضَاءِ بِغَيْرِ شَرْطٍ وَلَا إضْمَارٍ فَالظَّاهِرُ الْجَوَازُ مِنْ غَيْرِ فَرْقٍ بَيْنَ الزِّيَادَةِ فِي الصِّفَةِ وَالْمِقْدَارِ وَالْقَلِيلِ وَالْكَثِيرِ لِحَدِيثِ أَبِي هُرَيْرَةَ وَأَبِي رَافِعٍ وَالْعِرْبَاضِ وَجَابِرٍ، بَلْ هُوَ مُسْتَحَبٌّ

“Jika hadiah tersebut diberikan tidak untuk suatu tujuan yang diketahui, maka pendapat yang tepat adalah hal ini terlarang, karena larangan dalam masalah ini sifatnya mutlak. Adapun tambahan yang diberikan ketika pelunasan yang tidak disyaratkan sebelumnya, dan tanpa ada kesepakatan sebelumnya, maka yang tepat ini dibolehkan, baik berupa tambahan dalam sifatnya atau kadarnya, baik tambahannya sedikit atau banyak. Berdasarkan hadis Abu Hurairah, Abu Rafi’, Al Irbadh dan Jabir (tentang melebihkan pelunasan utang). Bahkan ini mustahab (dianjurkan).” [Nailul Authar, 5/275]

Wallahu ta’ala a’lam.

***

Referensi utama:
• Fatwa Syaikh Muhammad bin Shalih Al Munajjid, https://islamqa.info/ar/49015
• Al Mausu’ah Al Fiqhiyyah Al Kuwaitiyyah

 

Penulis: Yulian Purnama
Sumber: https://muslim.or.id/29638-hukum-hadiah-dari-penghutang-kepada-pemberi-hutang.html

 

══════

 

Mari sebarkan dakwah sunnah dan meraih pahala. Ayo di-share ke kerabat dan sahabat terdekat! Ikuti kami selengkapnya di:

WhatsApp:
+61 405 133 434 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Website: https://nasihatsahabat.com/
Email: [email protected]
Twitter: @NasihatSalaf
Facebook: https://www.facebook.com/nasihatsahabatcom/
Instagram: NasihatSahabatCom
Telegram: https://t.me/nasihatsahabat
Pinterest: https://id.pinterest.com/nasihatsahabat