بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
BEBERAPA ADAB DAN SUNNAH BERHARI RAYA
Berikut ini adalah adab-adab dan sunnah ketika hari raya, baik Idulfitri dan Iduladha:
1. Dianjurkan Mandi Sebelum Berangkat Salat
Mandi pada hari Id adalah sunnah, bukan wajib, dan ini telah menjadi Ijmak para ulama.
Berkata Imam Ibnu Rajab rahimahullah:
والغسل للعيد غير واجب. وقد حكى ابن عبد البر الإجماع عليهِ ، ولأصحابنا وجه ضعيف بوجوبه. وروى الزهري ، عن ابن المسيب ، قال: الاغتسال للفطر والأضحى قبل أن يخرج إلى الصلاة حقٌ.
“Mandi pada hari raya bukanlah kewajiban. Ibnu Abdil Bar telah menceritakan adanya Ijmak atas hal itu. Sedangkan terdapat riwayat lemah bagi sahabat-sahabat kami yang menyebutkan kewajibannya. Az Zuhri meriwayatkan dari Ibnul Musayyib, katanya: “Mandi pada Idulfitri dan Iduladha sebelum keluar menuju salat adalah benar adanya.” [Imam Ibnu Rajab, Fathul Bari, 6/71]
Imam Ibnul Qayyim menceritakan:
كان يغتسل للعيدين، صح الحديث فيه، وفيه حديثان ضعيفان: حديث ابن عباس، من رواية جبارة بن مُغَلِّس، وحديث الفاكِه بن سعد، من رواية يوسف بن خالد السمتي. ولكن ثبت عن ابن عمر مع شِدة اتِّباعه للسُنَّة، أنه كان يغتسل يوم العيد قبل خروجه.
Nabi ﷺ mandi pada dua hari raya. Telah terdapat hadis sahih tentang itu. Dan ada pula dua hadis dhaif. Pertama, hadis Ibnu Abbas, dari riwayat Jabarah Mughallis, dan hadis Al Fakih bin Sa’ad, dari riwayat Yusuf bin Khalid As Samtiy. Tetapi telah sahih dari Ibnu Umar, yang memiliki sikap begitu keras mengikuti sunnah, bahwa beliau mandi pada hari raya sebelum keluar rumah. [Zaadul Ma’ad, 1/442. Muasasah Ar Risalah]
2. Memakai Pakaian Terbaik dan Minyak Wangi
Dari Ali bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu, katanya:
أمرنا رسول الله صلى الله عليه و سلم في العيدين أن نلبس أجود ما نجد و أن نتطيب بأجود ما نجد و أن نضحي بأسمن ما نجد
“Rasulullah ﷺ memerintahkan kami pada dua hari raya untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya, dan memakai wangi-wangian terbaik yang kami punya, dan berkurban dengan hewan paling mahal yang kami punya.” [HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak No. 7560, katanya: “Kalau bukan karena kemajhulan Ishaq bin Barzakh, akan hukumi ini sebagai hadis sahih.” Hal serupa juga dikatakan Imam Adz Dzahabi. Ath Thabarani dalam Al Mu’jam Al Kabir No. 2756, dari Al Hasan bin Ali. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman No. 3715. Ath Thahawi dalam Musykilul Aatsar No. 4730]
Tetapi telah sahih dari para sahabat, bahwa mereka memakai pakaian terbaik ketika hari raya.
عن نافع أن بن عمر: كان يلبس في العيدين أحسن ثيابه
Dari Naafi’, bahwasanya Ibnu Umar memakai baju yang terbaik pada dua hari raya.” [Al Baihaqi, Syu’abul Iman No. 5938]
Dalam riwayat yang lebih panjang disebutkan:
وَعَن مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ قَالَ: قُلْتُ لِنَافِعٍ: كَيْفَ كَانَ ابْنُ عُمَرَ – رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا – يَصْنَعُ يَوْمَ الْعِيدِ ؟ قَالَ: كَانَ يَشْهَدُ صَلاَةَ الْفَجْرِ مَعَ الإِمَامِ, ثُمَّ يَرْجِعُ إِلَى بَيْتِهِ فَيَغْتَسِلُ غُسْلَهُ مِنَ الْجَنَابَةِ ، وَيَلْبَسُ أَحْسَنَ ثِيَابِهِ ، وَيَتَطَيَّبُ بِأَحْسَنِ مَا عِنْدَهُ ، ثُمَّ يَخْرُجُ حَتَّى يَأْتِيَ الْمُصَلَّى فَيَجْلِسَ فِيهِ حَتَّى يَجِيءَ الإِمَامُ ، فَإِذَا جَاءَ الإِمَامُ صَلَّى مَعَهُ ، ثُمَّ يَرْجِعُ فَيَدْخُلُ مَسْجِدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَيُصَلِّي فِيهِ رَكْعَتَيْنِ ، ثُمَّ يَأْتِي بَيْتَهُ
Dari Muhammad bin Ishaq: Aku berkata kepada Naafi’: “Apa yang diperbuat Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma ketika hari raya?” Beliau menjawab: “Beliau Salat Subuh berjamaah bersama imam, lalu dia pulang untuk mandi sebagaimana mandi janabah, lalu dia berpakaian yang terbaik, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang dia miliki, lalu dia keluar menuju lapangan tempat salat, lalu duduk sampai datangnya imam. Lalu ketika imam datang, dia salat bersamanya. Setelah itu dia menuju masjid Nabi ﷺ dan salat dua rakaat, lalu pulang ke rumahnya.” [Imam Al Bushiri, Ittihaf Al Khairah, No. 1587]
Imam Al Bushiri mengatakan tentang hadis ini:
رواه الحارث بن أبي أسامة ورجاله ثقات ، والبيهقي مختصرًا
Diriwayatkan Al Harits bin Abu Usamah, dan para perawinya adalah terpercaya, dan diriwayatkan oleh Al Baihaqi secara ringkas.” [Ibid]
Syaikh Abdurrahman Al Mubarkafuri mengatakan: “Diriwayatkan oleh Ibnu Abid Dunya dan Al Baihaqi dan isnadnya sahih.” [At Tuhfah Al Ahwadzi, 3/59]
Imam Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan:
وكان يلبَس للخروج إليهما أجملَ ثيابه، فكان له حُلَّة يلبَسُها للعيدين والجمعة، ومرة كان يَلبَس بُردَين أخضرين، ومرة برداً أحمر
“Ketika keluar pada dua hari raya, Rasulullah ﷺ memakai pakaiannya yang terbaik. Beliau memiliki sepasang pakaian yang khusus digunakannya ketika hari raya dan hari Jumat. Sekali-kali beliau memakai yang hijau, sekali pernah yang merah.” [Zaadul Ma’ad, 1/440]
3. Makan Dulu Sebelum Salat Idulfitri, Sebaliknya Tidak Makan Dulu Sebelum Salat Iduladha
Untuk hari Idulfitri disunnahkan makan kurma berjumlah ganjil, sebelum berangkat Salat Id. Hal ini didasarkan pada riwayat berikut:
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَغْدُو يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَأْكُلَ تَمَرَاتٍ
وَقَالَ مُرَجَّأُ بْنُ رَجَاءٍ حَدَّثَنِي عُبَيْدُ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي أَنَسٌ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأْكُلُهُنَّ وِتْرًا
“Pada saat Idulfitri Rasulullah ﷺ tidaklah berangkat untuk salat, sebelum makan beberapa kurma.” Murajja bin Raja berkata kepadaku: ‘Ubaidullah, katanya: berkata kepadaku Anas, dari Nabi ﷺ: “Beliau memakannya berjumlah ganjil.” [HR. Bukhari No. 953]
Syaikh Sayyid Sabiq rahimahullah mengutip dari Imam Ibnu Qudamah rahimahullah:
لا نعلم في استحباب تعجيل الاكل يوم الفطر اختلافا
“Kami tidak ketahui adanya perselisihan pendapat tentang sunnahnya mendahulukan makan pada hari Idulfitri.” [Fiqhus Sunnah, 1/317]
Ada pun untuk Iduladha, disunnahkan tidak makan dan minum dahulu, kecuali setelah Salat Id.
Dari Buraidah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:
لَا يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَطْعَمَ وَلَا يَطْعَمُ يَوْمَ الْأَضْحَى حَتَّى يُصَلِّيَ
“Janganlah keluar pada hari Idulfitri sampai dia makan dulu, dan janganlah makan ketika hari Iduladha sampai dia salat dulu.” [HR. At Tirmidzi No. 542, Ibnu Majah No. 1756, Ibnu Hibban No. 2812, Ahmad No. 22984]
Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan: “Hasan.” (Ta’liq Musnad Ahmad No. 22984),
Syaikh Al Albani mensahihkannya.” [Sahih wa Dhaif Sunan Ibni Majah No. 1756, Sahih wa Dhaif Sunan At Tirmidzi No. 542)
Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan: “Disahihkan oleh Ibnu Hibban.” [Bulughul Maram, Hal. 176. Mawqi’ Misykah]
Imam At Tirmidzi berkata:
وَقَدْ اسْتَحَبَّ قَوْمٌ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ أَنْ لَا يَخْرُجَ يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَطْعَمَ شَيْئًا وَيُسْتَحَبُّ لَهُ أَنْ يُفْطِرَ عَلَى تَمْرٍ وَلَا يَطْعَمَ يَوْمَ الْأَضْحَى حَتَّى يَرْجِعَ
“Segolongan ulama menyunahkan agar jangan keluar dulu pada hari Idulfitri sampai makan sesuatu, dan disunnahkan baginya untuk makan kurma, Dan jangan dia makan dulu pada hari Iduladha sampai dia pulang.” [Sunan At Tirmidzi No. 542]
4. Pergi Menuju Lapangan untuk Salat Id
Salat hari raya di lapangan adalah sesuai dengan petunjuk Nabi ﷺ, karena beliau tidak pernah Salat Id, kecuali di lapangan (mushalla). Namun jika ada halangan seperti hujan, lapangan yang berlumpur atau becek, tidak mengapa dilakukan di dalam masjid. Dikecualikan bagi penduduk Mekkah, Salat Id di Masjidil Haram adalah lebih utama.
Berkata Syaikh Sayyid Sabiq rahimahullah:
صلاة العيد يجوز أن تؤدى في المسجد، ولكن أداءها في المصلى خارج البلد أفضل ما لم يكن هناك عذر كمطر ونحوه لان رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يصلي العيدين في المصلى ولم يصل العيد بمسجده إلا مرة لعذر المطر.
“Salat Id boleh dilakukan di dalam masjid. Tetapi melakukannya di mushalla (lapangan) yang berada di luar adalah lebih utama. Hal ini selama tidak ada uzur seperti hujan dan semisalnya, karena Rasulullah ﷺ salat dua hari raya di lapangan, tidak pernah beliau salat di masjidnya, kecuali sekali karena adanya hujan.” [Fiqhus Sunnah, 1/318]
Maksud dari “mushalla” adalah:
موضع بباب المدينة الشرقي
Lapangan di pintu Madinah sebelah Timur.” [Ibid, cat kaki. No. 2]
Imam An Nawawi menjelaskan:
أما الاحكام فقال اصحابنا تجوز صلاة العيد في الصحراء وتجوز في المسجد فان كان بمكة فالمسجد الحرام أفضل بلا خلاف
“Ada pun masalah hukum-hukumnya, sahabat-sahabat kami (Syafiiyah) mengatakan bolehnya Salat Id di lapangan dan bolehnya di masjid. Jika di Mekkah, maka Masjidil Haram adalah lebih utama, tanpa diperdebatkan lagi.” [Al Majmu’ Syarh Al Muhadzdzab, 5/5]
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, katanya:
أَنَّهُ أَصَابَهُمْ مَطَرٌ فِي يَوْمِ عِيدٍ فَصَلَّى بِهِمْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةَ الْعِيدِ فِي الْمَسْجِدِ
“Bahwasanya mereka ditimpa hujan pada hari raya, maka Nabi ﷺ Salat Id bersama mereka di masjid.” [HR. Abu Daud No. 1160, Ibnu Majah No. 1313, Al Hakim dalam Al Mustadrak No. 1094, Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 6051, juga As Sunan Ash Shughra No. 732]
Adapun kalangan Syafiiyah lebih mengutamakan di masjid, jika masjid itu mampu menampung semua jamaah satu daerah. Jika tidak, maka di lapangan lebih baik.
Imam Abu Ishaq Asy Syirazi rahimahullah menuliskan:
وإن كان المسجد واسعا فالمسجد أفضل من المصلى لان الأئمة لم يزالوا يصلون صلاة العيد بمكة في المسجد ولان المسجد أشرف وأنظف قال الشافعي رحمه الله فإن كان المسجد واسعا فصلى في الصحراء فلا بأس وإن كان ضيقا فصلى فيه ولم يخرج إلى المصلى كرهت لانه إذا ترك المسجد وصلى في الصحراء لم يكن عليهم ضرر وإذا ترك الصحراء وصلى في المسجد الضيق تأذوا بالزحام وربما فات بعضهم الصلاة فكره
“Jika masjid itu luas, maka salat di dalamnya lebih utama dibanding di lapangan. Karena para imam senantiasa melakukan salatnya di Mekkah di dalam masjid. Juga karena masjid itu lebih mulia dan lebih bersih. Imam Asy Syafi’i berkata: “Jika masjid itu luas, maka salat di lapangan tidak apa-apa. Jika masjidnya sempit, maka salatlah di lapangan. Jika ada yang tidak keluar menuju lapangan, maka itu dibenci (makruh). Karena jika mereka meninggalkan masjid dan salat di lapangan, tidak akan terjadi dharar (kerusakan). Jika mereka meninggalkan lapangan, dan salat di masjid yang sempit, maka hal itu akan mengganggu mereka dengan berdesak-desakan. Bisa jadi di antara mereka ada yang luput salatnya, dan hal itu menjadi makruh.” [Al Muhadzdzab, 1/118]
Dalam Syarah terhadap kitab Al Muhazdzab-nya Imam Abu Ishaq, Imam An Nawawi memberikan rincian sebagai berikut:
– Salat Id di Masjidil Aqsha, menurut Al Bandaniji dan Ash Shaidalani, lebih utama dibanding di lapangan. Jumhur tidak ada yang menolaknya. Namun yang benar adalah, bahwa mereka menyamakan secara mutlak, bahwa Al Aqsha sama dengan masjid lainnya.
– Jika di negeri selain itu, maka jika mereka memiliki halangan untuk keluar ke lapangan, maka tidak ada perbedaan pendapat, bahwa mereka diperintahkan Salat Id di masjid. Uzur tersebut seperti hujan, dingin, rasa takut, dan semisalnya.
– Jika tidak ada uzur, dan masjidnya sempit, maka tidak ada perbedaan pendapat, bahwa di lapangan lebih afdhal.
– Jika masjid luas, tapi tidak ada uzur, maka ada dua pendapat:
Pertama, yang sahih adalah yang tertera dalam Al Umm, dan merupakan pendapat Al Mushannif (maksudnya Imam Abu Ishaq Asy Syirazi), mayoritas ulama Iraq, Al Baghawi, dan selain mereka, bahwa salat di masjid lebih afdhal.
Kedua, yang sahih menurut komunitas ulama khurasan, bahwa salat di lapangan lebih afdhal, karena Nabi ﷺ selalu melakukannya di lapangan.
Golongan yang pertama memberikan jawaban, bahwa dahulu salat di lapangan lantaran masjid berukuran sempit sedangkan manusia yang keluar sangat banyak, maka yang lebih benar adalah di masjid. Demikian uraian Imam An Nawawi.” [Lihat semua dalam Al Majmu’ Syarh Al Muhadzdzab, 5/5]
Jadi, jika dilihat perbedaan ini nampak, bahwa yang terpenting adalah tertampungnya jamaah Salat Id dalam tempat salat. Itulah esensinya. Kalangan Syafiiyah bukan menolak Salat Id di lapangan sebagaimana penjelasan tokoh-tokoh mereka, sebagaimana memang itu yang dicontohkan Nabi ﷺ. Tetapi mereka melihat pada maksudnya, yaitu karena manusia begitu banyak, sedangkan kapasitas masjid tidak cukup. Nah, untuk zaman ini, rasio umat Islam dan jumlah masjidnya tidak seimbang. Umumnya memang masjid tidak mampu menampung membludaknya jamaah, dan ini yang biasa terjadi. Maka saat itu, di lapangan lebih afdhal.
Wallahu a’lam.
5. Dianjurkan kaum wanita dan anak-anak keluar ke lapangan.
Mereka dianjurkan untuk keluar, karena memang ini adalah hari raya yang mesti disambut dengan suka cita oleh siapa saja.
Syaikh Sayyid Sabiq rahimahullah mengatakan:
يشرع خروج الصبيان والنساء في العيدين للمصلى من غير فرق بين البكر والثيب والشابة والعجوز والحائض
“Dianjurkan keluarnya anak-anak dan kaum wanita pada dua hari raya menuju lapangan, tanpa ada perbedaan, baik itu gadis, dewasa, pemudi, tua renta, dan juga wanita haid.” [Fiqhus Sunnah, 1/318]
Ummu ‘Athiyah radhiallahu ‘anha berkata:
أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نُخْرِجَهُنَّ فِي الْفِطْرِ وَالْأَضْحَى الْعَوَاتِقَ وَالْحُيَّضَ وَذَوَاتِ الْخُدُورِ فَأَمَّا الْحُيَّضُ فَيَعْتَزِلْنَ الصَّلَاةَ وَيَشْهَدْنَ الْخَيْرَ وَدَعْوَةَ الْمُسْلِمِينَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِحْدَانَا لَا يَكُونُ لَهَا جِلْبَابٌ قَالَ لِتُلْبِسْهَا أُخْتُهَا مِنْ جِلْبَابِهَا
“Kami diperintahkan Nabi ﷺ untuk mengeluarkan anak-anak gadis, wanita haid, wanita yang dipingit, pada hari Idulfitri dan Iduladha. Ada pun wanita haid, mereka terpisah dari tempat salat, agar mereka bisa menghadiri kebaikan dan doa kaum Muslimin. Aku berkata: “Wahai Rasulullah, salah seorang kami tidak memiliki jilbab.” Beliau ﷺ menjawab: “Hendaknya saudarinya memakaikan jilbabnya untuknya.” [HR. Bukhari No. 324, dan Muslim No. 890, dan ini lafalnya Imam Muslim]
Hikmahnya adalah, selain agar mereka bisa mendapatkan kebaikan dan doa kaum Muslimin, juga sebagai momen bagi kaum wanita dan anak-anak untuk mendapatkan pelajaran dan nasihat agama. Hal ini ditegaskan dalam riwayat Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma, ketika dahulu masih kecil, katanya:
خَرَجْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ فِطْرٍ أَوْ أَضْحَى فَصَلَّى ثُمَّ خَطَبَ ثُمَّ أَتَى النِّسَاءَ فَوَعَظَهُنَّ وَذَكَّرَهُنَّ وَأَمَرَهُنَّ بِالصَّدَقَةِ
“Saya keluar bersama Nabi ﷺ pada hari Idulfitri atau Iduladha, beliau salat, kemudian berkhotbah, lalu mendatangi kaum wanita dan memberikan nasihat kepada mereka, memberikan peringatan dan memerintahkan mereka untuk bersedekah.” [HR. Bukhari No. 975]
Namun hendaknya keluarnya kaum wanita tetap menjaga akhlak dan adab berpakaian yang dibenarkan syariat, tidak berpakaian dan berhias seperti orang kafir, tidak menampakkan lekuk tubuh, menutup aurat secara sempurna, tidak mencolok, dan menjauhi wangi-wangian.
Tertulis di dalam Al Mausu’ah:
أَمَّا التَّكْبِيرُ فِي عِيدِ الْفِطْرِ فَيَرَى جُمْهُورُ الْفُقَهَاءِ أَنَّهُ يُكَبَّرُ فِيهِ جَهْرًا وَاحْتَجُّوا بِقَوْلِهِ تَعَالَى: { وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ } قَال ابْنُ عَبَّاسٍ: هَذَا وَرَدَ فِي عِيدِ الْفِطْرِ بِدَلِيل عَطْفِهِ عَلَى قَوْله تَعَالَى: { وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ } وَالْمُرَادُ بِإِكْمَال الْعِدَّةِ بِإِكْمَال صَوْمِ رَمَضَانَ
“Ada pun pada Idulfitri jumhur (mayoritas) fuqaha memandang, bahwa bertakbir dilakukan dengan suara dikeraskan. Mereka berdalil dengan firman Allah ﷺ: “Hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu.” Berkata Ibnu Abbas: “Ayat ini berbicara tentang Idulfitri, karena kaitannya dengan firman-Nya: “Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya.” Maksudnya dengan menyempurnakan jumlahnya, dengan menggenapkan puasa Ramadan. [Al Mausu’ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, 13/213]
Ada pun kalangan Hanafiyah mereka menganjurkan bertakbir secara disirr-kan, pada hari raya Idulfitri. Berikut ini keterangannya:
وَذَهَبَ أَبُو حَنِيفَةَ إِلَى عَدَمِ الْجَهْرِ بِالتَّكْبِيرِ فِي عِيدِ الْفِطْرِ لأِنَّ الأْصْل فِي الثَّنَاءِ الإْخْفَاءُ لِقَوْلِهِ تَعَالَى {وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْل } وَقَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَيْرُ الذِّكْرِ الْخَفِيُّ. وَلأِنَّهُ أَقْرَبُ مِنَ الأْدَبِ وَالْخُشُوعِ ، وَأَبْعَدُ مِنَ الرِّيَاءِ
Pendapat Abu Hanifah adalah takbir tidak dikeraskan saat Idulfitri, karena pada asalnya pujian itu mesti disembunyikan, karenanya Allah ﷺ berfirman: “Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara.” Dan sabda Nabi ﷺ: “Sebaik-baiknya zikir adalah yang tersembuny,” karena hal itu lebih dekat dengan adab, khusyuk, dan lebih jauh dari riya.” [Al Mausu’ah, 13/214]
6. Salat Hari Raya
Dalam hal ini Allah ﷺ berfirman:
فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
“Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu dan berkorbanlah.” [QS. Al Kautsar: 2]
Salat Iduladha (juga Idulfitri) adalah Sunnah Muakadah.
Berkata Syaikh Sayyid Sabiq rahimahullah:
شرعت صلاة العيدين في السنة الاولى من الهجرة، وهي سنة مؤكدة واظب النبي صلى الله عليه وسلم عليها وأمر الرجال والنساء أن يخرجوا لها.
“Disyariatkannya Salat Idain (dua hari raya) pada tahun pertama dari hijrah. Dia adalah Sunnah Muakadah yang selalu dilakukan oleh Nabi ﷺ. Beliau memerintahkan kaum laki-laki dan wanita untuk keluar meramaikannya.” [Fiqhus Sunnah, 1/317]
Ada pun kalangan Hanafiyah berpendapat wajib, tetapi wajib dalam pengertian Madzhab Hanafi adalah kedudukan di antara sunnah dan fardhu.
Disebutkan dalam Al Mausu’ah:
صَلاَةُ الْعِيدَيْنِ وَاجِبَةٌ عَلَى الْقَوْل الصَّحِيحِ الْمُفْتَى بِهِ عِنْدَ الْحَنَفِيَّةِ – وَالْمُرَادُ مِنَ الْوَاجِبِ عِنْدَ الْحَنَفِيَّةِ: أَنَّهُ مَنْزِلَةٌ بَيْنَ الْفَرْضِ وَالسُّنَّةِ – وَدَلِيل ذَلِكَ: مُوَاظَبَةُ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهَا مِنْ دُونِ تَرْكِهَا وَلَوْ مَرَّةً
Salat Idain (dua hari raya) adalah wajib menurut pendapat yang sahih yang difatwakan oleh kalangan Hanafiyah. Maksud wajib menurut Madzhab Hanafi adalah kedudukan yang setara antara fardhu dan sunnah. Dalilnya adalah begitu bersemangatnya Nabi ﷺ melakukannya. Beliau tidak pernah meninggalkannya sekali pun.” [Al Mausu’ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, 27/240]
Sedangkan Syafiiyah dan Malikiyah menyatakan sebagai Sunnah Muakadah. Dalilnya adalah karena Nabi ﷺ pernah ditanya oleh orang Arab Badui tentang salat fardhu, Nabi ﷺ menyebutkan salat yang lima.
Lalu Arab Badui itu bertanya:
هَل عَلَيَّ غَيْرُهُنَّ ؟ قَال لاَ ، إِلاَّ أَنْ تَطَوَّعَ
“Apakah ada yang selain itu?”
Nabi ﷺ menjawab: “Tidak ada, kecuali yang sunnah.” [HR. Bukhari No. 46]
Bukti lain bahwa Salat Idain itu sunnah adalah salat tersebut tidak menggunakan azan dan iqamah sebagaimana salat wajib lainnya. Salat tersebut sama halnya dengan salat sunnah lainnya, tanpa azan dan iqamah, seperti Dhuha, Tahajud, dan lainnya. Ini menunjukkan, bahwa Salat Idain adalah sunnah.
Sedangkan Hanabilah mengatakan Fardhu Kifayah. Alasannya adalah karena firman Allah ﷺ menyebutkan salat tersebut dengan kalimat perintah: “Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu, dan berkorbanlah.” [QS. Al Kautsar: 2]. Juga karena Nabi ﷺ selalu merutinkannya.” [Ibid, 27/240]
7. Mendengarkan Khotbah Hari Raya
Berkhotbah hari raya adalah sunnah menurut Jumhur Ulama. Mendengarkannya juga sunnah.
Syaikh Sayyid Sabiq menerangkan:
الخطبة بعد صلاة العيد سنة والاستماع إليها كذلك
“Khotbah setelah Salat Id adalah sunnah. Mendengarkannya juga begitu.” [Fiqhus Sunnah, 1/321]
Syaikh Wahbah Az Zuhaili rahimahullah menjelaskan:
تسن عند الجمهور وتندب عند المالكية خطبتان للعيد كخطبتي الجمعة في الأركان والشروط والسنن والمكروهات، بعد صلاة العيد خلافاً للجمعة، بلا خلاف بين المسلمين
“Disunnahkan menurut Mayoritas Ulama, dan dianjurkan menurut Malikiyah, dua khotbah pada saat hari raya, sebagaimana khotbah Jumat dalam hal rukun, syarat, sunnah, dan makruhnya. Dilakukan setelah Salat Id, berbeda cara dengan salat Jumat, tidak ada perselihan pendapat di antara kaum Muslimin dalam hal ini.” [Al Fiqhu Al Islami wa Adillatuhu, 2/528]
Maka di sisi khatib, sangat dianjurkan agar khatib memberikan khotbah semenarik mungkin agar jamaah tidak pulang. Sebab di sisi lain mereka berhak untuk itu, karena memang itu sunnah, dan mereka pun sudah Salat Id. Berbeda dengan salat Jumat, mereka tidak mungkin pulang ketika mendengarkan khotbah, karena salatnya belum dilaksanakan. Di sisi jamaah, hendaknya mereka mau bersabar dan menyimak khotbah saat itu, yang dengan itu mudah-mudahan Allah ﷺ memberikan manfaat melalui lisan sang khathib.
Dari Abdullah bin As Saa’ib radhiallahu ‘anhu, katanya:
شَهِدْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْعِيدَ فَلَمَّا قَضَى الصَّلَاةَ قَالَ إِنَّا نَخْطُبُ فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَجْلِسَ لِلْخُطْبَةِ فَلْيَجْلِسْ وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَذْهَبَ فَلْيَذْهَبْ
“Saya menghadiri Salat Id bersama Rasulullah ﷺ. Ketika salat sudah selesai, beliau ﷺ bersabda: “Kami akan berkhotbah. Jadi siapa saja yang mau duduk mendengarkan khotbah, maka duduklah. Dan yang ingin pergi, pergilah!” [HR. Abu Daud No. 1155, Ad Daruquthni, 2/50, Alaudin Al Muttaqi Al Hindi, Kanzul ‘Ummal No. 24097, Ath Thahawi, Musykilul Aatsar No. 3160. Syaikh Al Albani mensahihkannya. Lihat Sahihul Jami’ No. 2289]
Hadis ini menunjukkan dengan tegas, bahwa mendengarkan khotbah bukan kewajiban, tetapi sunnah. Namun Muslim baik yang mengakui cinta Rasulullah ﷺ tidak pantas meninggalkan sunnah Nabi ﷺ pada saat dia mampu menjalankannya.
Syaikh Abdul Muhsin Al ‘Abbad berkata:
وعلى هذا فالحضور للخطبة ليس بلازم، فمن أراد أن يحضر حضر، ومن أراد أن ينصرف بعد أن يصلي فله أن ينصرف، والمهم هو الصلاة، وبعض أهل العلم استدل بهذا على أن الخطبة في العيدين ليست بواجبة، وإنما هي مستحبة
“Atas dasar ini, maka hadir untuk mendengarkan khotbah bukanlah yang mesti. Jadi barang siapa yang ingin menghadirinya, maka hadirilah. Dan siapa yang ingin berpaling setelah salat, maka hendaknya dia pergi. Yang penting adalah salatnya. Sebagian ulama berdalil dengan hadis ini, bahwa khotbah pada dua hari raya bukanlah wajib. Itu hanyalah sunnah.” [Syarh Sunan Abi Daud, 6/464]
8. Berangkat dan Pulang Melewati Jalan yang Berbeda
Sunnah ini diterangkan dalam berbagai riwayat, di antaranya:
Dari Jabir bin Abdullah radhiallahu ‘anhuma, katanya:
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَانَ يَوْمُ عِيدٍ خَالَفَ الطَّرِيقَ
“Nabi ﷺ jika keluar pada hari Id akan menempuh jalan yang berbeda.” [HR. Bukhari No. 986]
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, katanya:
كان النبي صلى الله عليه و سلم كان إذا خرج إلى العيدين رجع في غير الطريق الذي خرج فيه
“Dahulu Nabi ﷺ jika keluar menuju salat dua hari raya, pulangnya menempuh jalan yang berbeda dengan keluarnya.” [HR. Ahmad No. 8454, Al Hakim dalam Al Mustadrak No. 1099, Al Baihaqi dalam As Sunan Ash Shughra No. 727, Ibnu Khuzaimah No. 1468]
Imam At Tirmidzi juga meriwayatkan dengan lafal:
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا خَرَجَ يَوْمَ الْعِيدِ فِي طَرِيقٍ رَجَعَ فِي غَيْرِهِ
“Dahulu Nabi ﷺ jika keluar pada hari raya menempuh sebuah jalan, pulangnya dia melewati jalan yang lain.” [HR. At Tirmidzi No. 541, katanya: Hasan Gharib. Syaikh Al Albani mensahihkan dalam Sahihul Jami’ No. 4710]
Imam At Tirmidzi mengomentari hadis ini:
وَقَدْ اسْتَحَبَّ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ لِلْإِمَامِ إِذَا خَرَجَ فِي طَرِيقٍ أَنْ يَرْجِعَ فِي غَيْرِهِ اتِّبَاعًا لِهَذَا الْحَدِيثِ وَهُوَ قَوْلُ الشَّافِعِيِّ
“Sebagian ulama menyunahkan bagi imam jika keluar melewati sebuah jalan, hendaknya pulang melalui jalan lain, untuk mengikuti hadis ini. Ini adalah pendapat Asy Syafi’i.” [Sunan At Tirmidzi No. 541]
Namun secara zahir hadis ini tidak menunjukkan kekhususan untuk imam. Oleh karenanya mesti dipahami, bahwa kesunnahan ini berlaku secara umum, bagi imam, juga selain imam.
Syaikh Abdurrahman Al Mubarkafuri menjelaskan:
قال أبو الطيب السندي الظاهر أنه تشريع عام فيكون مستحبا لكل أحد ولا تخصيص بالإمام إلا إذا ظهر أنه لمصلحة مخصوصة بالأئمة فقط
“Berkata Abu Thayyib As Sindi: ‘Yang benar adalah bahwa pensyariatannya adalah umum. Maka hal ini menjadi sunnah bagi setiap orang. Tidak dikhususkan bagi imam saja. Kecuali jika ada kejelasan adanya maslahat khusus terkait dengan para imam saja.” [Tuhfah Al Ahwadzi, 3/78]
Al Hafizh Ibnu Hajar mengoreksi informasi apa yang ditulis Imam At Tirmidzi tentang pendapat Imam Asy Syafi’i yang katanya sunnah bagi imam saja, kata Al Hafizh:
والذي في الأم أنه يستحب للإمام والمأموم وبه قال أكثر الشافعية
“Dan, yang ada di dalam Al Umm, bahwa beliau (Asy Syafi’i) menyunahkan bagi imam dan makmum sekaligus. Dan ini merupakan pendapat mayoritas Syafiiyah.” [Fathul Bari, 2/472]
Syaikh Al Mubarkafuri menambahkan:
وبالتعميم قال أكثر أهل العلم انتهى قلت وبالتعميم قال الحنفية أيضا
“Dan Mayoritas Ulama berpendapat, bahwa hal ini berlaku umum. Aku berkata: “Untuk umum” juga pendapat Hanafiyah.” [Tuhfah Al Ahwadzi, 3/79]
Apa hikmahnya disunnahkan menempuh jalan berbeda?
Tidak ada keterangan dalam As Sunnah tentang alasan kenapa Rasulullah ﷺ melakukan hal ini. Oleh karenanya, terjadi beragam tafsir dari para ulama tentang maksudnya, sampai lebih dari 20 pendapat.
Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan:
وقد اختلف في معنى ذلك على أقوال كثيرة اجتمع لي منها أكثر من عشرين
“Telah terjadi perselisihan tentang makna hal ini dengan perselisihan yang banyak. Saya telah mengumpulkan pendapat-pendapat itu, di antaranya lebih dari 20 pendapat.” [Fathul Bari, 2/473]
Di antara mereka ada yang mengatakan untuk saling mengunjungi satu sama lain, untuk berbagi keberkahan di antara mereka, agar mereka menyebarkan wangi-wangian yang memang disunnahkan untuk memakainya saat itu dan bisa dicium oleh orang lain, untuk membuat jengkel Yahudi dan kaum munafik, menunjukkan syiar, untuk mesyiarkan zikrullah, dan sebagainya.
Boleh menempuh jalan yang sama
Tidak terlarang jika pada akhirnya ketika pulang dari Salat Id memilih jalan yang sama dengan berangkatnya. Hal ini berdasarkan riwayat berikut:
Dari Bakr bin Mubasysyir Al Anshari, katanya:
كُنْتُ أَغْدُو مَعَ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى الْمُصَلَّى يَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ الْأَضْحَى فَنَسْلُكُ بَطْنَ بَطْحَانَ حَتَّى نَأْتِيَ الْمُصَلَّى فَنُصَلِّيَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ نَرْجِعَ مِنْ بَطْنِ بَطْحَانَ إِلَى بُيُوتِنَا
“Saya berangkat pagi-pagi bersama para sahabat Rasulullah ﷺ menuju lapangan pada hari Idulfitri dan Iduladha, kami menempuh lembah Bath-han sampai kami datang ke lapangan, lalu kami salat bersama Nabi ﷺ. Kemudian kami pulang melewati lembah Bath-han ke rumah-rumah kami.” [HR. Abu Daud No. 1158, Al Hakim dalam Al Mustadrak No. 1100, Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 6048, Alauddin Al Muttaqi Al Hindi, Kanzul ‘Ummal No. 24520, katanya: Ibnu Sikkin berkata isnadnya shaalih (baik). Abu Nu’aim dalam Ma’rifatush Shahabah No. 1156]
Sebagian ulama mendhaifkan hadis. Namun demikian, hal ini tidak mengubah hakikat masalah ini, yakni menempuh jalan berbeda antara pergi dan pulang adalah sunnah, bukan wajib.
Syaikh Abdul Muhsin Al ‘Abbad Al Badr Hafizhahullah menjelaskan:
ولكن يدل على أن الإنسان له أن يذهب من طريق ويرجع من نفس طريقه دون أن يخالف الطريق، لكن الحديث غير ثابت؛ لأن فيه من هو ضعيف ومن هو مجهول، والثابت هو ما تقدم من أنه يخالف الطريق، وأنه يذهب من طريق ويرجع من طريق، وهذا سنة، ولو أن الإنسان ذهب من طريقه ورجع من طريقه فلا بأس بذلك، فالذهاب من طريق والرجوع من طريق أخرى ليس بواجب وإنما هو مستحب، إن فعله الإنسان أثيب وإن لم يفعله فلا شيء عليه
“Tetapi hadis ini menunjukkan, bahwa manusia dapat pergi dan pulang melalui jalan yang sama tanpa menempuh jalan yang berbeda. Tetapi hadis ini tidak tsaabit (kuat), karena di dalamnya terdapat perawi yang lemah dan majhuul. Yang sahih adalah hadis yang telah lalu, bahwa Nabi ﷺ menempuh jalan yang berbeda. Beliau pergi melalui sebuah jalan, dan kembali melalui jalan yang lain. Dan ini adalah sunnah. Seandainya manusia pergi melalui sebuah jalan lalu pulang lewat jalan itu lagi, hal itu tidak apa-apa. Jadi pergi menempuh suatu jalan dan pulangnya menempuh jalan lain adalah bukan hal yang wajib. Itu hanya mustahab (disukai). Jika manusia melakukannya, maka dia mendapatkan pahala. Jika tidak, maka tidak apa-apa.” [Syarh Sunan Abi Daud, 6/470]
9. Mengucapkan Selamat Hari Raya: ‘Taqabbalallahu minna wa minka’
Telah diriwayatkan dari Al Watsilah, bahwa beliau berjumpa Nabi ﷺ dan mengucapkan: ‘Taqabballahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amal kami dan Anda). Namun sanad riwayat ini DHAIF (lemah/tidak valid), sebagaimana yang dikatakan Al Imam Al Hazifh Ibnu Hajar Al ‘Asqalani dalam Fathul Bari.
Namun Imam Ibnu Hajar berkata:
وَرَوَيْنَا فِي ” الْمَحامِلِيَّاتِ ” بِإِسْنَادٍ حَسَنٍ عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ ” كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك ”
“Kami meriwayatkan dalam kitab Al Mahalliyat, dengan sanad yang hasan (bagus), dari Jubeir bin Nufair, katanya: ‘Dahulu para sahabat Rasulullah ﷺ jika mereka berjumpa pada hari raya, satu sama lain berkata: “Taqabbalallahu minna wa minka.” (Fathul Bari, 2/446. Darul Fikr]
Hal ini juga diriwayatkan oleh Muhammad bin Ziyad, bahwa beliau bersama Abu Umamah Al Bahili dan para sahabat Nabi lainnya, bahwa mereka jika satu sama lain berjumpa sepulang Salat Id, mengucapkan: ‘Taqabballahu minna wa minka. Menurut Imam Ahmad bin Hambal sanadnya jayyid (bagus/baik).” [Syaikh Al Albani, Tamamul Minnah, hal. 355-356]
Ucapan inilah yang lebih baik dan sunnah para sahabat Nabi.
Adapun ucapan Minal ‘Aidin wal Faaizin merupakan potongan dari kalimat Ja’alanallahu wa iyyakum minal ‘aaidin wal faaizin. Artinya semoga Allah jadikan kami dan Anda termasuk orang kembali (suci) dan menang.
Atau di sebagian negeri Muslim ada yang mentradisi ucapan ‘iduka mubaarak – semoga hari rayamu diberkahi.
Ada pula kullu ‘aam wa antum bikhair – setiap tahun semoga Anda dalam kebaikan.
Semua ini tidaklah terlarang, sebagai sebuah kalimat baik dan doa yang baik, walau bukan dari Nabi ﷺ dan sahabatnya.
Sebagaimana perkataan Imam Asy Syafi’i, bahwa perkataan itu dihukumi bagaimana isinya. Jika baik, maka itu baik. Jika buruk, maka itu buruk. Maka, sikap tergesa-gesa sebagian dai yang membidah-bidahkan ini adalah sikap ghuluw yang tidak perlu terjadi.
10. Bersenang-Senang dan Bergembira dengan Mengadakan Pesta dan Permainan yang Halal
Bersenang dan bergembira ketika hari raya adalah bagian dari ketentuan syariat, selama semua dilakukan sesuai syariat pula, tidak berlebihan, dan tidak membuat lupa dengan kewajiban.
Berkata Syaikh Sayyid Sabiq rahimahullah:
اللعب المباح، واللهو البرئ، والغناء الحسن، ذلك من شعائر الدين التي شرعها الله في يوم العيد، رياضة للبدن وترويحا عن النفس
“Melakukan permainan yang dibolehkan, gurauan yang baik, nyanyian yang baik, semua itu termasuk di antara syiar-syiar agama yang Allah tetapkan pada hari raya , untuk menyehatkan badan dan mengistirahatkan jiwa.” [Fiqhus Sunnah, 1/323]
Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, katanya:
قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِينَةَ وَلَهُمْ يَوْمَانِ يَلْعَبُونَ فِيهِمَا فَقَالَ مَا هَذَانِ الْيَوْمَانِ قَالُوا كُنَّا نَلْعَبُ فِيهِمَا فِي الْجَاهِلِيَّةِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ قَدْ أَبْدَلَكُمْ بِهِمَا خَيْرًا مِنْهُمَا يَوْمَ الْأَضْحَى وَيَوْمَ الْفِطْرِ
“Rasulullah ﷺ datang ke Madinah. Saat itu mereka memiliki dua hari untuk bermain-main. Lalu beliau ﷺ bersabda: “Dua hari apa ini?” Mereka menjawab: “Dahulu ketika kami masih jahiliyah, kami bermain-main pada dua hari ini.”
Maka Rasulullah ﷺ menjawab: “Sesungguhnya Allah telah menggantikan buat kalian dua hari itu dengan yang lebih baik darinya, yaitu Iduladha dan Idulfitri.” [HR. Abu Daud No. 1134, Ahmad No. 12006, Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 5918, Al Hakim dalam Al Mustadrak No. 1091, Abu Ya’la No. 3820]
Aisyah radhiallahu ‘anha bercerita:
أَنَّ الْحَبَشَةَ كَانُوا يَلْعَبُونَ عِنْدَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي يَوْمِ عِيدٍ، قَالَتْ: فَاطَّلَعْتُ مِنْ فَوْقِ عَاتِقِهِ ، فَطَأْطَأَ لِي رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْكِبَيْهِ، فَجَعَلْتُ أَنْظُرُ إِلَيْهِمْ مِنْ فَوْقِ عَاتِقِهِ حَتَّى شَبِعْتُ، ثُمَّ انْصَرَفْتُ
“Orang-orang Habasyah (Ethiopia) mengadakan permainan di hadapan Rasulullah ﷺ pada hari raya. Dia (Aisyah) berkata: “Aku pun menonton di atas bahunya, dan Rasulullah ﷺ merendahkan bahunya untukku, sehingga aku bisa melihat mereka di atas bahunya sampai aku puas. Kemudian aku berpaling.” [HR. Ahmad No. 24296, An Nasa’i dalam As Sunan Al Kubra No. 1798, dan Sunan An Nasa’i No. 1594. Disahihkan oleh Syaikh Al Albani. Lihat Sahih wa Dhaif Sunan An Nasa’i No. 1594, juga Syaikh Syu’aib Al Arnauth. Lihat Ta’liq Musnad Ahmad No. 24296]
Aisyah radhiallahu ‘anha juga bercerita:
دَخَلَ أَبُو بَكْرٍ وَعِنْدِي جَارِيَتَانِ مِنْ جَوَارِي الْأَنْصَارِ تُغَنِّيَانِ بِمَا تَقَاوَلَتْ الْأَنْصَارُ يَوْمَ بُعَاثَ قَالَتْ وَلَيْسَتَا بِمُغَنِّيَتَيْنِ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ أَمَزَامِيرُ الشَّيْطَانِ فِي بَيْتِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَذَلِكَ فِي يَوْمِ عِيدٍ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا أَبَا بَكْرٍ إِنَّ لِكُلِّ قَوْمٍ عِيدًا وَهَذَا عِيدُنَا
“Abu Bakar masuk ke rumah, dan di hadapanku ada dua orang jariyah (budak remaja wanita) dari Anshar. Mereka berdua sedang bernyanyi dengan syair yang mengingatkan kaum Anshar terhadap hari perang Bu’ats.” Dia (Aisyah) berkata: “Mereka berdua bukanlah penyanyi.” Lalu Abu Bakar berkata: “Apakah seruling-seruling setan ada di rumah Rasulullah?” Saat itu sedang hari raya. Maka Rasulullah ﷺ bersabda: “Wahai Abu Bakar, setiap kaum ada hari rayanya. Dan hari ini adalah hari raya kita.” [HR. Bukhari No. 952, Muslim No. 892, Imam Muslim menambahkan, bahwa dua jariyah ini memainkan duff /rebana]
Dalam riwayat lain ada tambahan:
دعهن يا أبا بكر فإنها أيام عيد فتعلم يهود أن فى ديننا فسحة إنى أرسلت بحنيفية سمحة
“Biarkan mereka wahai Abu Bakar. Sesungguhnya ini adalah hari raya, agar orang Yahudi tahu, bahwa pada agama kita ada kelapangan. Dan aku diutus dengan membawa agama yang hanif lagi lapang.” [HR. Ahmad No. 24855, Alauddin Al Muttaqi Al Hindi, Kanzul ‘Ummal No. 40628. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan: hadis ini kuat, dan sanadnya Hasan. Lihat Ta’liq Musnad Ahmad No. 24855]
11. Bertakbir Pada Hari Raya
Kita dianjurkan untuk bertakbir pada hari raya. Selain ini menjadi syiar Islam yang begitu kuat, ini juga diperintahkan dalam Alquran dan dicontohkan dalam As Sunnah.
Ada dua pembahasan dalam hal ini, yaitu bertakbir pada IDULFITRI dan IDULADHA:
Untuk bertakbir pada Idulfitri
Allah ﷺ berfirman:
وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
“Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya, dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” [QS. Al Baqarah 2 : 185]
Waktunya
Ayat di atas dijadikan dalil oleh Imam Asy Syafi’i dan yang menyepakatinya, bahwa bertakbir pada hari Idulfitri adalah dimulai ketika berakhirnya Ramadhan pada saat tenggelamnya matahari. Istilah di negeri kita adalah malam takbiran. Pada ayat ini, diperintahkan untuk mulai bertakbir ketika sudah sempurna bilangan puasanya, dan bilangan puasa telah cukup sempurna setelah mereka berbuka pada puasa terakhir Ramadhan di malam harinya.
Syaikh Sayyid Sabiq rahimahullah mengatakan:
وقال قوم التكبير من ليلة الفطر إذا رأوا الهلال حتى يغدوا إلى المصلى وحتى يخرج الامام
“Segolongan ulama mengatakan, bahwa bertakbir dilakukan sejak malam hari raya Idulfitri jika telah terlihat hilal, sampai pagi hari hari menuju lapangan, dan sampai keluarnya imam ke tempat salat.” [Fiqhus Sunnah, 1/325]
Imam Asy Syafi’i berkata dalam Al Umm ketika mengomentari ayat di atas:
فَسَمِعْت من أَرْضَى من أَهْلِ الْعِلْمِ بِالْقُرْآنِ أَنْ يَقُولَ لِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ عِدَّةَ صَوْمِ شَهْرِ رَمَضَانَ وَتُكَبِّرُوا اللَّهُ عِنْدَ إكْمَالِهِ على ما هَدَاكُمْ وَإِكْمَالُهُ مَغِيبُ الشَّمْسِ من آخِرِ يَوْمٍ من أَيَّامِ شَهْرِ رَمَضَانَ
“Aku mendengar dari orang-orang yang aku ridai dari kalangan ulama yang mengerti Alquran, yang mengatakan “Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya,” yaitu bilangan puasa di bulan Ramadan, dan bertakbir ketika sempurna bilangannya “atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu.” Sempurnanya itu adalah ketika tenggelamnya matahari pada akhir hari di hari-hari bulan Ramadan.
Lalu Imam Asy Syafi’i melanjutkan:
فإذا رَأَوْا هِلَالَ شَوَّالٍ أَحْبَبْتُ أَنْ يُكَبِّرَ الناس جَمَاعَةً وَفُرَادَى في الْمَسْجِدِ وَالْأَسْوَاقِ وَالطُّرُقِ وَالْمَنَازِلِ وَمُسَافِرِينَ وَمُقِيمِينَ في كل حَالٍ وَأَيْنَ كَانُوا وَأَنْ يُظْهِرُوا التَّكْبِيرَ وَلَا يَزَالُونَ يُكَبِّرُونَ حتى يَغْدُوَا إلَى الْمُصَلَّى وَبَعْدَ الْغُدُوِّ حتى يَخْرُجَ الْإِمَامُ لِلصَّلَاةِ ثُمَّ يَدَعُوا التَّكْبِيرَ
“Maka jika sudah terlihat hilal bulan Syawal, aku suka bila manusia bertakbir, baik secara berjamaah atau sendiri di masjid, pasar, jalan-jalan, rumah-rumah, para musafir, dan para mukimin pada setiap keadaan. Di mana saja mereka berada, hendaknya menampakkan takbirnya, dan terus menerus takbir sampai datangnya pagi hingga menunju lapangan, dan setelah itu sampai imam keluar untuk salat, kemudian mereka sudahi takbir itu.” [Al Umm, 1/231. Darul Ma’rifah]
Jadi bertakbir bukan hanya di masjid tapi juga di rumah, di jalan-jalan, pasar, dan lainnya.
Lalu Jumhur Ulama mengatakan, bahwa mulainya adalah sejak pagi hari menuju lapangan hingga khotbah Id. Syaikh Sayyid Sabiq rahimahullah mengatakan:
وجمهور العلماء على أن التكبير في عيد الفطر من وقت الخروج إلى الصلاة إلى ابتداء الخطبة.وقد روي في ذلك أحاديث ضعيفة وإن كانت الرواية صحت بذلك عن ابن عمر وغيره من الصحابة. قال الحاكم: هذه سنة تداولها أهل الحديث.وبه قال مالك وأحمد وإسحق وأبو ثور.
“Mayoritas Ulama berpendapat, bahwa bertakbir pada Idulfitri dimulai sejak keluar menuju Salat Id, sampai mulainya khotbah. Hal itu telah diriwayatkan dalam hadis-hadis dhaif, walau ada yang sahih hal itu dari Ibnu Umar dan selainnya dari kalangan sahabat nabi. Berkata Al Hakim: ini adalah sunah yang tersebar dikalangan ahli hadis. Dan inilah pendapat Malik, Ahmad, ishaq, dan Abu Tsaur. [Fiqhus Sunnah, 1/325]
Shighat Takbir (Kalimat Takbir)
Syaikh Wahbah Az Zuhaili Hafizhahullah merinci sebagai berikut:
– Bacaan takbir menurut kalangan Hanafiyah dan Hanabilah
Allahu Akbar Allahu Akbar Laa ilaha Illallah wallahu Akbar Allahu Akbar (dibaca dua kali), lalu walillahil hamd.
Bacaan ini berdasarkan riwayat dari Jabir, dari Nabi ﷺ, dan juga yang dibaca dua khalifah, dan juga Ibnu Mas’ud.
– Menurut Malikiyah dan Syafi’iyah dalam pendapat barunya (Qaul Jadid)
(Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar) dan ini adalah yang terbaik menurut Malikiyah, jika mau menambahkan (Laa Ilaha Ilallah wallahu Akbar Allahu Akbar wa Lillahil Hamd), maka ini bagus. Amalan ini berdasarkan riwayat dari Jabir dan Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma, disunahkan menurut Syafi’iyah setelah membaca takbir yang ketiga: (Allahu Akbar Kabira wal Hamdulillah Katsira wa Subhanallahu Bukrataw wa Ashila), sebagaimana yang nabi ucapkan di bukti Shafa.
Disunahkan pula setelah itu dengan menambahkan:
لا إله إلا الله ولا نعبد إلا إياه، مخلصين له الدين ، ولو كره الكافرون، لا إله إلا الله وحده، صدق وعده، ونصر عبده، وهزم الأحزاب وحده، لا إله إلا الله والله أكبر
Tambahan ini dilakukan jika mau saja, menurut Hanafiyah, lalu ditutup dengan membaca:
اللهم صلِّ على محمد وعلى آل محمد، وعلى أصحاب محمد، وعلى أزواج محمد، وسلم تسليماً كثيراً
Demikian. [Lihat semua dalam: Al Fiqhu Al Islami wa Adillatuhu, 2/532]
Imam Ath Thabarani meriwayatkan tentang takbirnya Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu:
أنه كان يكبر صلاة الغداة من يوم عرفة ويقطع صلاة العصر من يوم النحر يكبر إذا صلى العصر قال : وكان يكبر الله أكبرالله أكبر لا إله إلا الله والله أكبر الله أكبر ولله الحمد
Bahwasanya Abdullah bin Mas’ud bertakbir pada Salat Subuh pada hari Arafah (9 Zulhijah), dan memutuskannya pada Salat Asar Hari Nahr (Penyembelihan). Beliau bertakbir jika salat Asar: “Allahu Akbar, Allahu Akbar, laa Ilaha Illallah wallahu Akbar, Allahu Akbar wa lillahil hamd.” [Al Mu’jam Al Kabir No. 9538. Lihat juga Mushannaf Ibnu Abi Syaibah No. 5679]
Serupa dengan ini juga dilakukan oleh Ali bin Abi Thalib. [Kanzul ‘Ummal No. 12754]
Sedangkan Ibnu Abbas bertakbir sejak Salat Subuh pada hari Arafah, hingga hari-hari Tasyriq. Tidak bertakbir pada Magribnya. Kalimat takbir Ibnu Abbas:
اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا ، اللَّهُ أَكْبَرُ وَأَجَلُّ ، اللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ.
Allahu Akbar Kabira (dua kali), Allahu Akbar wa Ajall, Allahu Akbar wa lillahil Hamd. [Mushannaf Ibnu Abi Syaibah No. 5692]
Mana saja dari kalimat ini yang kita pakai, maka semuanya adalah baik. Ini adalah masalah yang lapang dan luwes.
Dianjurkan Mengeraskan Suara
Tertulis di dalam Al Mausu’ah:
أَمَّا التَّكْبِيرُ فِي عِيدِ الْفِطْرِ فَيَرَى جُمْهُورُ الْفُقَهَاءِ أَنَّهُ يُكَبَّرُ فِيهِ جَهْرًا وَاحْتَجُّوا بِقَوْلِهِ تَعَالَى : { وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ } قَال ابْنُ عَبَّاسٍ : هَذَا وَرَدَ فِي عِيدِ الْفِطْرِ بِدَلِيل عَطْفِهِ عَلَى قَوْله تَعَالَى : { وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ } وَالْمُرَادُ بِإِكْمَال الْعِدَّةِ بِإِكْمَال صَوْمِ رَمَضَانَ
Ada pun pada Idul Fitri jumhur (mayoritas) fuqaha memandang, bahwa bertakbir dilakukan dengan suara dikeraskan. Mereka berdalil dengan firman Allah Ta’ala: “Hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu.” Berkata Ibnu Abbas: ‘Ayat ini berbicara tentang Idul Fitri karena kaitannya dengan firman-Nya: “Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya,” maksudnya dengan menyempurnakan jumlahnya, dengan menggenapkan puasa Ramadan. [Al Mausu’ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, 13/213]
Adapun kalangan Hanafiyah, mereka menganjurkan bertakbir secara disirr-kan, pada hari raya Idulfitri. Berikut ini keterangannya:
وَذَهَبَ أَبُو حَنِيفَةَ إِلَى عَدَمِ الْجَهْرِ بِالتَّكْبِيرِ فِي عِيدِ الْفِطْرِ لأِنَّ الأْصْل فِي ا
لثَّنَاءِ الإْخْفَاءُ لِقَو
لِهِ تَعَالَى {وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْل } وَقَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَيْرُ الذِّكْرِ الْخَفِيُّ. وَلأِنَّهُ أَقْرَبُ مِنَ الأْدَبِ وَالْخُشُوعِ ، وَأَبْعَدُ مِنَ الرِّيَاءِ
Pendapat Abu Hanifah adalah takbir tidak dikeraskan saat Idulfitri, karena pada asalnya pujian itu mesti disembunyikan, karena Allah Ta’ala berfirman: “Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara,” dan sabda Nabi ﷺ: “Sebaik-baiknya zikir adalah yang tersembunyi,” karena hal itu lebih dekat dengan adab, khusyuk, dan lebih jauh dari riya’. [Al Mausu’ah, 13/214]
Takbir Pada Idhuladha
Allah ﷺ berfirman:
وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَاتٍ
“Dan berzikirlah kepada Allah pada hari-hari yang telah ditentukan.” [QS. Al Baqarah 2 : 203]
Maksud “Hari-hari yang telah ditentukan” adalah hari-hari Tasyriq, sebagaimana dikatakan Ibnu Abbas.” [Al Baihaqi dalam Ma’rifatus Sunan wal Atsar No. 3354]
Waktunya
Bertakbir pada Iduladha sudah dimulai sejak pagi hari 9 Zulhijah hingga akhir hari Tasyriq (13 Zulhijah) sebelum Magrib. Sebenarnya tidak ada keterangan dari Nabi ﷺ. Oleh karena itu mereka berbeda dalam kapankah mulainya? Dan kapan berakhirnya? Ada pun sebagian sahabat melakukannya sejak Subuh hari Arafah hingga Asar 13 Zulhijah. Itulah yang dilakukan oleh para sahabat seperti Ali dan Ibnu Mas’ud sebagaimana keterangan sebelumnya.
Al Hafizh Ibnu Hajar menceritakan:
وَلِلْعُلَمَاءِ اِخْتِلَافٌ أَيْضًا فِي اِبْتِدَائِهِ وَانْتِهَائِهِ فَقِيلَ: مِنْ صُبْحِ يَوْمِ عَرَفَةَ ، وَقِيلَ مِنْ ظُهْرِهِ ، وَقِيلَ مِنْ عَصْرِهِ ، وَقِيلَ مِنْ صُبْحِ يَوْمِ النَّحْرِ ، وَقِيلَ مِنْ ظُهْرِهِ. وَقِيلَ فِي الِانْتِهَاءِ إِلَى ظُهْرِ يَوْمِ النَّحْرِ ، وَقِيلَ إِلَى عَصْرِهِ ، وَقِيلَ إِلَى ظُهْرِ ثَانِيهِ ، وَقِيلَ إِلَى صُبْحِ آخِرِ أَيَّامِ التَّشْرِيقِ ، وَقِيلَ إِلَى ظُهْرِهِ ، وَقِيلَ إِلَى عَصْرِهِ. حَكَى هَذِهِ الْأَقْوَالَ كُلَّهَا النَّوَوِيُّ إِلَّا الثَّانِيَ مِنْ الِانْتِهَاءِ. وَقَدْ رَوَاهُ الْبَيْهَقِيُّ عَنْ أَصْحَابِ اِبْنِ مَسْعُودٍ وَلَمْ يَثْبُتْ فِي شَيْءٍ مِنْ ذَلِكَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدِيثٌ ، وَأَصَحُّ مَا وَرَدَ فِيهِ عَنْ الصَّحَابَةِ قَوْلُ عَلِيٍّ وَابْنِ مَسْعُودٍ أَنَّهُ مِنْ صُبْحِ يَوْمِ عَرَفَةَ آخِرِ أَيَّامِ مِنًى أَخْرَجَهُ اِبْنُ الْمُنْذِرِ وَغَيْرُهُ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ
“Para ulama berbeda pendapat juga tentang mulai dan berakhirnya. Ada yang bilang sejak Subuh hari Arafah. Ada pula yang bilang sejak Zuhur. Ada yang sejak Asar. Ada yang bilang sejak Subuh hari Nahr (penyembelihan – 10 Zulhijah, pen). Ada yang bilang sejak Zuhur hari Nahr. Ada yang mengatakan berakhirnya sampai Zuhur hari Nahr. Ada yang bilang sampai Asar. Ada yang bilang sampai Zuhur hari Tasyriq kedua. Ada yang bilang sampai Subuh pada akhir hari Tasyriq. Ada yang bilang sampai Zuhurnya. Dan ada yang sampai Asarnya. Semua pendapat ini diceritakan oleh An Nawawi kecuali pendapat berakhirnya takbir sampai Zuhur hari kedua Tasyriq. Dan Al Baihaqi telah meriwayatkan dari para sahabat, dari Ibnu Mas’ud. Tidak ada yang pasti sedikit pun hadis Nabi ﷺ tentang hal ini. Yang sahih adalah apa yang diriwayatkan dari Ali dan Ibnu Mas’ud, bahwa mereka melakukannya sejak Subuh hari Arafah hingga akhir hari-hari di Mina – hari Tasyriq.” [Fathul Bari, 2/462]
Syaikh Sayyid Sabiq menambahkan:
ووقته في عيد الاضحى من صحيح يوم عرفة إلى عصر أيام التشريق وهي اليوم الحادي عشر، والثاني عشر، والثالث عشر من ذي الحجة.
“Waktu bertakbir bagi Iduladha yang sahih adalah sejak hari Arafah sampai Asar hari-hari Tasyriq, yaitu 11,12,13, dari Zulhijah.” [Fiqhus Sunnah, 1/325]
Sebenarnya dalam hadis sahih ada isyarat, bahwa mulainya bertakbir bagi Iduladha adalah sejak hari Arafah (9 Zulhijah), yaitu beberapa riwayat berikut:
Dari ‘Uqbah bin ‘Amir radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:
يَوْمُ عَرَفَةَ وَيَوْمُ النَّحْرِ وَأَيَّامُ التَّشْرِيقِ عِيدُنَا أَهْلَ الْإِسْلَامِ وَهِيَ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ
“Hari Arafah, hari penyembelihan kurban, hari-hari Tasyriq, adalah hari raya kita para pemeluk Islam. Itu adalah hari-hari makan dan minum.” [HR. At Tirmidzi No. 773, katanya: Hasan Sahih, Ad Darimi No. 1764, Syaikh Husein Salim Asad mengatakan: isnaduhu sahih. Al Hakim dalam Al Mustadrak No. 1586, katanya: “Sahih sesuai syarat Bukhari dan Muslim, tetapi mereka tidak meriwayatkannya.”])
Dari Nubaisyah Al Hudzalli, katanya: bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:
أَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ
“Hari-hari Tasyriq adalah hari-hari makan dan minum.” [HR. Muslim No. 1141]
Dan dalam riwayat Abu Al Malih ada tambahan: “Dan hari berzikir kepada Allah.” [HR. Muslim No. 1141]
Maka jika dipadukan semua hadis ini kita simpulkan, hari berzikir (bertakbir) sudah dimulai sejak hari Arafah hingga hari Tasyriq. Dan yang dilakukan para sahabat adalah sejak Subuh hari Arafah hingga Asar 13 Zulhijah.
Pada hari-hari tersebut (9,10,11,12,13 Zulhijah) kita bisa melakukan takbir kapan pun, sejak Subuh tanggal 9 hingga Asar tanggal 13. Kita bisa melakukannya di masjid, setelah salat wajib, di pasar, di rumah, dan di mana pun tempat yang layak untuk berzikir.
Khadimus Sunnah, Asy Syaikh Sayyid Sabiq rahimahullah rahmatan waasi’ah berkata:
والتكبير في أيام التشريق لا يختص استحبابه بوقت دون وقت، بل هو مستحب في كل وقت من تلك الايام.
قال البخاري: وكان عمر رضي الله عنه يكبر في قبته بمنى فيسمعه أهل المسجد فيكبرون ويكبر أهل السوق حتى يرتج منى تكبيرا. وكان ابن عمر يكبر بمنى تلك الايام وخلف الصلوات وعلى فراشه وفي فسطاطه ومجلسه وممشاه تلك الايام جميعا، وكانت ميمونة تكبر يوم النحر، وكان النساء يكبرن خلف أبان بن عثمان وعمر بن عبد العزيز ليالي التشريق مع الرجال في المسجد
“Bertakbir pada hari-hari Tasyriq tidak dikhususkan kesunnahannya itu pada satu waktu, tidak pada waktu lainnya. Tetapi disunnahkan pada tiap kesempatan di hari-hari itu. Imam Al Bukhari berkata: “Umar radhiallahu ‘anhu bertakbir di Kubah di kota Mina. Hal itu didengar oleh orang di masjid, maka mereka ikut bertakbir. Dan bertakbir pula orang yang ada di pasar, sehingga kota Mina riuh dengan takbir. Ibnu Umar bertakbir di Mina pada hari-hari itu, baik setelah salat, di atas tempat tidur, ketika duduk, atau ketika berjalan, pada hari itu semuanya. Maimunah bertakbir pada hari Nahr (10 Zulhijah). Kaum wanita bertakbir bersama kaum laki-laki di masjid pada malam-malam Tasyriq, di belakang Abban bin Utsman dan Umar bin Abdul Aziz.” [Fiqhus Sunnah, 1/326]
Namun sebagian ulama ada yang merinci waktunya dan tata caranya. Al Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah menceritakan sedikit perbedaan waktu-waktu takbir tersebut, sebagai berikut:
وَقَدْ اِشْتَمَلَتْ هَذِهِ الْآثَارُ عَلَى وُجُودِ التَّكْبِيرِ فِي تِلْكَ الْأَيَّامِ عَقِبَ الصَّلَوَاتِ وَغَيْرِ ذَلِكَ مِنْ الْأَحْوَالِ. وَفِيهِ اِخْتِلَافٌ بَيْنَ الْعُلَمَاءِ فِي مَوَاضِعَ: فَمِنْهُمْ مَنْ قَصَرَ التَّكْبِيرَ عَلَى أَعْقَابِ الصَّلَوَاتِ ، وَمِنْهُمْ مَنْ خَصَّ ذَلِكَ بِالْمَكْتُوبَاتِ دُونَ النَّوَافِلِ ، وَمِنْهُمْ مَنْ خَصَّهُ بِالرِّجَالِ دُونَ النِّسَاءِ ، وَبِالْجَمَاعَةِ دُونَ الْمُنْفَرِدِ ، وَبِالْمُؤَدَّاةِ دُونَ الْمَقْضِيَّةِ ، وَبِالْمُقِيمِ دُونَ الْمُسَافِرِ ، وَبِسَاكِنِ الْمِصْرِ دُونَ الْقَرْيَةِ. وَظَاهِرُ اِخْتِيَارِ الْبُخَارِيِّ شُمُولُ ذَلِكَ لِلْجَمِيعِ ، وَالْآثَارُ الَّتِي ذَكَرَهَا تُسَاعِدُهُ
Semua atsar ini memuat, bahwa adanya takbir itu adalah dilakukan pada hari-hari itu, setelah salat, dan dilakukan pula pada berbagai keadaan lain. Para ulama berbeda pendapat dalam berbagai hal. Di antara mereka ada yang memersempit, bahwa takbir itu hanya setelah salat. Ada pula yang mengkhususkan lagi hanya pada salat wajib bukan sunnah. Ada yang mengkhsuskan itu hanya buat laki-laki bukan wanita, pada salat berjamaah bukan salat sendiri, pada salat yang dilakukan pada waktunya bukan salat qadha, bagi orang yang mukim bukan musafir, dan pada kota-kota besar bukan pedesaan. Pendapat yang benar, yang dipilih oleh Imam Al Bukhari adalah bertakbir bisa dilakukan pada semua waktu dan keadaan tersebut. Dan atsar-atsar yang telah disebutkan mendukung pendapatnya itu.” [Fathul Bari, 2/462]
Apa yang dipilih oleh Imam Al Bukhari nampaknya lebih baik, karena tidak ada petunjuk yang mengkhususkannya. Apalagi petunjuk dari para sahabat menunjukkan, bahwa bertakbir bisa dilakukan kapan saja, pada hari-hari tersebut. Wallahu A’lam
Dianjurkan Dikeraskan
Dalam hal ini tidak ada beda pendapat para fuqaha, bahwa sunnahnya mengeraskan takbir Iduladha. Berbeda dengan Idulfitri yang masih terjadi perselisihan.
Tertulis dalam Al Mausu’ah:
لاَ خِلاَفَ بَيْنَ الْفُقَهَاءِ فِي جَوَازِ التَّكْبِيرِ جَهْرًا فِي طَرِيقِ الْمُصَلَّى فِي عِيدِ الأْضْحَى
Tidak ada perbedaan pendapat di antara fuqaha tentang kebolehan bertakbir dengan dikeraskan di jalan menuju lapangan saat Iduladha.” [Al Mausu’ah, 13/213]
Tentang bentuk kalimat takbirnya, sama dengan takbir pada Idulfitri.
Selesai. Wallahu a’lam.
Wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala Aalihi wa Shahbihi wa Sallam.
Oleh: Farid Nu’man Hasan (Majelis Indahnya Berbagi)
══════
Mari sebarkan dakwah sunnah dan meraih pahala. Ayo di-share ke kerabat dan sahabat terdekat! Ikuti kami selengkapnya di:
WhatsApp: +61 405 133 434 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Website: https://nasihatsahabat.com/
Email: [email protected]
Twitter: @NasihatSalaf
Facebook: https://www.facebook.com/nasihatsahabatcom/
Instagram: NasihatSahabatCom
Telegram: https://t.me/nasihatsahabat
Pinterest: https://id.pinterest.com/nasihatsahabat
Leave A Comment