TATA CARA SHOLAT MALAM [TARAWIH WITIR TAHAJUD]

Tata Cara Sholat Malam [Tarawih Witir Tahajud]
Perlu kita ketahui bahwa tata cara Sholat Malam atau Qiyamul Lail, atau Qiyam Ramadan atau Tarawih dan Sholat Witir yang dilakukan Rasulullah ﷺ itu ada beberapa macam. Dan tata cara tersebut sudah tercatat dalam buku-buku fikih dan hadis. Tata cara yang beragam tersebut semuanya pernah dilakukan oleh Rasulullah ﷺ dan para sahabatnya radhiyallahu ‘anhum. Semua tata cara tersebut adalah hukumnya sunnah.
Maka sebagai perwujudan mencontoh dan mengikuti sunnah Rasulullah ﷺ, hendaklah kita terkadang melakukan cara ini dan terkadang melakukan cara itu, sehingga semua sunnah akan dihidupkan. Kalau kita hanya memilih salah satu saja, berarti kita mengamalkan satu sunnah dan mematikan sunnah yang lainnya. Kita juga tidak perlu membuat-buat tata cara baru yang tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ atau mengikuti tata cara yang tidak ada dalilnya.
A. Sholat Tarawih sebanyak 13 rakaat dengan perincian sebagai berikut:
1. Beliau ﷺ membuka sholatnya dengan sholat 2 rakaat yang ringan.
2. Kemudian sholat 2 rakaat dengan bacaan yang panjang.
3. Kemudian sholat 2 rakaat dengan bacaan tiap rakaat yang lebih pendek dari rakaat sebelumnya hingga rakaat ke-12.
4. Kemudian Sholat Witir 1 rakaat.
Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan dari Zaid bin Kholid al-Juhani, beliau berkata: “Sesungguhnya aku melihat Rasulullah ﷺ melakukan sholat malam, maka beliau memulai dengan sholat 2 rakaat yang ringan. Kemudian beliau sholat 2 rakaat dengan bacaan yang panjang sekali, kemudian sholat 2 rakaat dengan bacaan yang lebih pendek dari rakaat sebelumnya, kemudian sholat 2 rakaat dengan bacaan yang lebih pendek dari rakaat sebelumnya, kemudian sholat 2 rakaat dengan bacaan yang lebih pendek dari rakaat sebelumnya, kemudian sholat 2 rakaat dengan bacaan yang lebih pendek dari rakaat sebelumnya, kemudian Sholat Witir 1 rakaat.” (HR. Muslim)
Faidah, hadis ini menjadi dalil bolehnya Sholat Iftitah 2 rakaat sebelum Sholat Tarawih.
B. Sholat Tarawih sebanyak 13 rakaat dengan perincian sebagai berikut:
1. Melakukan sholat 8 rakaat dengan sekali salam setiap 2 rakaat.
2. Kemudian melakukan Sholat Witir langsung 5 rakaat sekali salam.
Hal ini berdasarkan hadis Shahih yang diriwayatkan Aisyah, beliau berkata: “Rasulullah ﷺ biasa melakukan tidur malam. Maka apabila beliau bangun dari tidur, langsung bersiwak kemudian berwudhu. Setelah itu beliau ﷺ sholat delapan rakaat dengan bersalam setiap 2 rakaat, kemudian beliau melakukan Sholat Witir lima rakaat yang tidak melakukan salam kecuali pada rakaat yang kelima.”
C. Sholat Tarawih sebanyak 11 rakaat dengan perincian sebagai berikut:
1. Melakukan sholat 10 rakaat dengan sekali salam setiap 2 rakaat.
2. Kemudian melakukan Sholat Witir 1 rakaat.
Berdasarkan hadis Shahih yang diriwayatkan Aisyah, beliau berkata:
كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلّ الله عليه و سلّم يُصَلىِّ فِيْمَا بَيْنَ أَنْ يَفْرُغَ مِنْ صَلاَةِ الْعِشَاءِ – وَ هِيَ الَّتِي يَدْعُوْ النَّاسُ الْعَتَمَةَ – إِلىَ الْفَجْرِ إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً، يُسَلَّمُ بَيْنَ كُلّ رَكْعَتَيْنِ وَيُوْتِرُ بِوَاحِدَةٍ
“Rasulullah ﷺ melakukan sholat malam atau Tarawih setelah sholat Isya’ – Manusia menyebutnya Sholat Atamah – hingga fajar sebanyak 11 rakaat. Beliau melakukan salam setiap dua rakaat dan beliau berwitir satu rakaat.” (HR. Muslim)
D. Sholat Tarawih sebanyak 11 rakaat dengan perincian sebagai berikut:
1. Melakukan sholat 8 rakaat dengan sekali salam setiap 4 rakaat.
2. Kemudian Sholat Witir langsung 3 rakaat dengan sekali salam.
Berdasarkan hadis Shahih yang diriwayatkan dari Aisyah, beliau berkata:
مَا كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلّ الله عليه و سلّم يَزِيْدُ فِي رَمَضَانَ وَ لاَ فِي غَيْرِهِ إِحْدَ عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّى أَرْبَعًا، فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَ طُوْلَـهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّى أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَ طُوْلَـهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّى ثَلاَثاً
“Rasulullah ﷺ tidak pernah menambah bilangan pada bulan Ramadan dan tidak pula pada bulan selain Ramadan dari 11 Rakaat. Beliau ﷺ sholat 4 rakaat sekali salam. Maka jangan ditanya tentang kebagusan dan panjangnya. Kemudian sholat 4 rakaat lagi sekali salam. Maka jangan ditanya tentang bagus dan panjangnya, kemudian Sholat Witir 3 rakaat.” (HR Muslim)
Tambahan: TIDAK ADA duduk Tahiyat Awal pada sholat Tarawih maupun Sholat Witir pada tata cara poin ini, karena tidak ada dalil yang menunjukkan hal tersebut. Bahkan ada larangan menyerupai Sholat Maghrib.
E. Sholat Tarawih sebanyak 11 rakaat dengan perincian sebagai berikut:
1. Melakukan sholat langsung sembilan rakaat, yaitu sholat langsung 8 rakaat, tidak duduk kecuali pada rakaat yang kedelapan, tanpa salam, kemudian berdiri 1 rakaat lagi, kemudian salam.
2. Kemudian sholat 2 rakaat dalam keadaan duduk.
Berdasarkan hadis Shahih yang diriwayatkan Aisyah, beliau berkata:
كُناَّ نُعِدُّ لَهُ سِوَاكَهُ وَ طَهُوْرَهُ، فَيَـبْعَثُهُ اللهُ مَا شَاءَ أَنْ يَـبْعَثَهُ مِنَ الَّيْلِ، فَيَتَسَوَّكُ وَ يَتَوَضَأُ وَ يُصَلِى تِسْعَ رَكْعَةٍ لاَ يَـجْلِسُ فِيْهَا إِلاَّ فِي الثَّامِنَةِ فَيَذْكُرُ اللهَ وَ يَحْمَدُهُ وَ يَدْعُوْهُ، ثُمَّ يَنْهَضُ وَ لاَ يُسَلِّمُ ثُمَّ يَقُوْمُ فَيُصَلِّى التَّاسِعَةَ، ثُمَّ يَقْعُدُ فَيَذْكُرُ اللهَ وَ يَحْمَدُهُ وَ يَدْعُوْهُ ثُمَّ يُسَلِّمُ تَسْلِيْمًا يُسْمِعْناَ ثُمَّ يُصَلِّى رَكْعَتَيْنِ بَعْدَ مَا يُسَلِمُ وَ هُوَ قَاعِدٌ (رواه مسلم)
“Kami dahulu biasa menyiapkan siwak dan air wudhu untuk Rasulullah ﷺ. Atas kehendak Allah, beliau selalu bangun malam hari. Lantas tatkala beliau bangun tidur, langsung bersiwak kemudian berwudhu. Kemudian beliau melakukan sholat malam atau Tarawih 9 rakaat, yang beliau tidak duduk, kecuali pada rakaat yang kedelapan. Lantas membaca pujian kepada Allah dan shalawat dan berdoa dan tidak salam. Kemudian bangkit berdiri untuk rakaat yang kesembilan, kemudian duduk Tahiyat Akhir dengan membaca dzikir, pujian kepada Allah, shalawat dan berdoa, terus salam dengan suara yang didengar oleh kami. Kemudian beliau melakukan sholat lagi 2 rakaat dalam keadaan duduk.” (HR. Muslim 1233 marfu’, mutawatir)
Faidah, hadis ini merupakan dalil atas:
1. Bolehnya sholat lagi setelah Sholat Witir.
2. Terkadang Nabi Sholat Witir terlebih dahulu baru melaksanakan sholat genap.
3. Bolehnya berdoa ketika duduk Tasyahud Awal.
4. Bolehnya sholat malam dengan duduk meski tanpa uzur.
F. Sholat Tarawih sebanyak 9 rakaat dengan perincian sebagai berikut:
1. Melakukan sholat dua rakaat dengan bacaan yang panjang, baik dalam berdiri, Ruku’ maupun Sujud, kemudian berbaring.
2. Setelah bangun kemudian sholat 2 rakaat lagi dengan bacaan yang panjang, baik ketika berdiri, Ruku’ maupun Sujud kemudian berbaring.
3. Setelah bangun kemudian sholat 2 rakaat lagi dengan bacaan yang panjang, baik ketika berdiri, Ruku’ maupun Sujud, kemudian berbaring.
4. Setelah bangun, Sholat Witir 3 rakaat.
Berdasarkan hadis Shahih yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata:
…ثُمَّ قَامَ فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ فَأَطَالَ فِيْهْمَا الْقِيَامَ وَ الرُّكُوْعَ وَ السُّجُوْدَ ثُمَّ انْصَرَفَ فَنَامَ حَتَّى نَفَغَ ثُمَّ فَعَلَ ذَلِكَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ سِتُّ رَكَعَاتٍ كُلُّ ذَلِكَ يَشْتاَكُ وَ يَتَوَضَأُ وَ يَقْرَأُ هَؤُلاَءِ الآيَاتِ ثُمَّ أَوْتَرَ بِثَلاَثٍ
“…Kemudian Rasulullah ﷺ berdiri melakukan sholat 2 rakaat. Maka beliau memanjangkan berdiri, Rukuk dan Sujudnya dalam 2 rakaat tersebut. Kemudian setelah selesai, Rasulullah ﷺ berbaring sampai mendengkur. Kemudian Rasulullah ﷺ mengulangi hal tersebut sampai 3 kali, sehingga semuanya berjumlah 6 rakaat. Dan setiap kali hendak melakukan sholat, Rasulullah ﷺ bersiwak kemudian berwudhu terus membaca ayat (Inna fii kholqis samawati wal ardhi wakhtilafil laili… sampai akhir surat) kemudian berwitir 3 rakaat.” (HR. Muslim)
Faidah, hadis ini juga menjadi dalil kalau tidur membatalkan wudhu.
G. Sholat Tarawih sebanyak 9 rakaat dengan perincian sebagai berikut:
1. Melakukan sholat langsung 7 rakaat, yaitu sholat langsung 6 rakaat, TIDAK duduk kecuali pada rakaat yang ke-6 tanpa salam, kemudian berdiri 1 rakaat lagi, kemudian salam. Maka sudah sholat 7 rakaat.
2. Kemudian sholat 2 rakaat dalam keadaan duduk.
Berdasarkan hadis Shahih yang diriwayatkan Aisyah yang merupakan kelanjutan hadis no.5, beliau berkata: “Maka tatkala Rasulullah ﷺ sudah tua dan mulai kurus, maka beliau melakukan sholat malam atau Tarawih 7 rakaat. Dan beliau melakukan sholat 2 rakaat yang terakhir, sebagaimana yang beliau melakukannya pada tata cara yang pertama (dengan duduk). Sehingga jumlah seluruhnya 9 rakaat.” (HR. Muslim 1233)
Disunnahkan pada Sholat Witir membaca Surat “Sabbihisma…” pada rakaat yang pertama dan membaca Surat al-Ikhlas pada rakaat yang kedua dan membaca Surat al-Falaq atau an-Naas pada rakaat yang ketiga. Atau membaca Surat “Sabbihisma…” pada rakaat yang pertama dan membaca Surat al-Kafirun pada rakaat yang kedua dan membaca Surat al-Ikhlas pada rakaat yang ketiga.
Tata cara tersebut di atas semua benar. Boleh melakukan sholat malam atau Tahajud atau Tarawih dan Witir dengan cara yang dia sukai. Tetapi yang lebih afdhol adalah mengerjakan semua tata cara tersebut dengan berganti-ganti. Karena bila hanya memilih satu cara, berarti menghidupkan satu sunnah, tetapi mematikan sunnah yang lainnya. Bila melakukan semua tata cara tersebut dengan berganti-ganti, berarti telah menghidupkan sunnah-sunnah Rasulullah ﷺ yang banyak ditinggalkan oleh kaum Muslimin.
Adapun pada zaman Khalifah Umar radhiyallahu ‘anhu, kaum Muslimin melaksanakan sholat Tarawih sebanyak 11 rakaat, 13 rakaat, 21 rakaat dan 23 rakaat. Kemudian 39 rakaat pada zaman Khulafaur Rosyidin setelah Umar radhiyallahu ‘anhu. Tetapi hal ini khusus di Madinah. Hal ini BUKANLAH bid’ah (sehingga sama sekali tidak bisa dijadikan dalil untuk adanya Bid’ah Hasanah), karena para sahabat memiliki dalil untuk melakukan hal ini (sholat Tarawih lebih dari 13 rakaat). Dalil tersebut telah disebutkan di atas ketika beliau ﷺ ditanya tentang Sholat Malam, beliau ﷺ menjawab:
« مَثْنىَ مَثْنىَ فَإِذَا خِفْتَ الصُّبْحَ فَأَوْتِرْ بِوَاحِدَةٍ »
“Dua rakaat – dua rakaat. Apabila kamu khawatir mendapati Subuh, maka hendaklah kamu Sholat Witir satu rakaat.” (HR. Bukhari)
Pada hadis tersebut jelas tidak disebutkan adanya batasan rakaat pada sholat malam, baik di bulan Ramadan maupun di luar Ramadan. Batasannya adalah datangnya waktu Subuh. Maka diperintahkan untuk menutup sholat malam dengan Witir.
Para ulama berbeda sikap dalam menanggapi perbedaan jumlah rakaat tersebut. Jumhur Ulama mendekati riwayat-riwayat tersebut dengan Metode al-Jam’u bukan Metode at-Tarjih (Metode Tarjih adalah memilih dan memakai riwayat yang Shahih, serta meninggalkan riwayat yang lain. Atau dengan kata lain, memilih satu pendapat, dan meninggalkan pendapat yang lain. Hal ini dipakai oleh Syaikh Al-Albani rahimahullah dalam menyikapi perbedaan jumlah rakaat ini. Metode al-Jam’u adalah menggabungkan, yaitu memakai semua riwayat tanpa meninggalkan dan memilih satu riwayat tertentu. Metode ini dipilih oleh Jumhur Ulama dalam permasalahan ini). Berikut ini beberapa komentar ulama yang menggunakan Metode Penggabungan (al-Jam’u) tentang perbedaan jumlah rakaat tersebut:
– Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata: “Ia boleh sholat 20 rakaat sebagaimana yang masyhur dalam Mazhab Ahmad dan Syafi’i. Boleh sholat 36 rakaat sebagaimana yang ada dalam Mazhab Malik. Boleh sholat 11 dan 13 rakaat. Semuanya baik. Jadi banyak atau sedikitnya rakaat tergantung lamanya bacaan atau pendeknya.” (Majmu’ al-Fatawa 23/113)
– Ath-Thartusi berkata: “Para sahabat kami (Malikiyyah) menjawab dengan jawaban yang benar, yang bisa menyatukan semua riwayat. Mereka berkata, mungkin Umar pertama kali memerintahkan kepada mereka 11 rakaat dengan bacaan yang amat panjang. Pada rakaat pertama imam membaca 200 ayat karena berdiri lama adalah yang terbaik dalam sholat. Tatkala masyarakat tidak kuat lagi menanggung hal itu, maka Umar memerintahkan 23 rakaat demi meringankan lamanya bacaan. Dia menutupi kurangnya keutamaan dengan tambahan rakaat. Maka mereka membaca surat Al-Baqarah dalam 8 rakaat atau 12 rakaat.”
– Imam Malik rahimahullah berkata: “Yang saya pilih untuk diri saya dalam Qiyam Ramadan adalah sholat yang diperintahkan Umar, yaitu 11 rakaat. Itulah cara sholat Nabi ﷺ. Adapun 11 dekat dengan 13.
– Syaikh Abdul ‘Aziz bin Bazz berkata: “Sebagian mereka mengira, bahwa Tarawih tidak boleh kurang dari 20 rakaat. Sebagian lain mengira, bahwa Tarawih tidak boleh lebih dari 11 atau 13 rakaat. Ini semua adalah persangkaan yang tidak pada tempatnya, BAHKAN SALAH. Bertentangan dengan hadis-hadis Shahih Rasulullah ﷺ yang menunjukkan, bahwa sholat malam itu Muwassa’ (leluasa, lentur, fleksibel). Tidak ada batasan tertentu yang kaku yang tidak boleh dilanggar.”
Adapun kaum Muslimin akhir jaman di saat ini, khususnya di Indonesia, adalah umat yang paling lemah. Kita sholat 11 rakaat (Paling sedikit) dengan bacaan yang pendek dan ada yang sholat 23 rakaat dengan bacaan pendek bahkan tanpa tu’maninah sama sekali!!!
Doa Qunut dalam Sholat Witir
Doa Qunut Nafilah yakni Doa Qunut dalam Sholat Witir, termasuk amalan sunnah yang banyak kaum Muslimin tidak mengetahuinya. Karena tidak mengetahuinya, banyak kaum Muslimin yang membid’ahkan imam yang membaca Doa Qunut Witir. Kadang-kadang Rasulullah ﷺ memakai Qunut dalam Sholat Witir dan terkadang tidak. Hal ini berdasarkan hadis:
كَانَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقْنُتُ فِي رَكْعَةِ الْوِتْرِ
“Nabi ﷺ terkadang membaca Qunut dalam Sholat Witir.” (HR. Ibnu Nashr dan Daraquthni dengan sanad Shahih)
يَجْعَلُهُ قَبْلَ الرُّكُوْعِ
“Beliau membaca Qunut itu sebelum Ruku’.” (HR. Ibnu Abi Syaibah, Abu Dawud dan An-Nasa’i dalam kitab Sunanul Qubro, Ahmad, Thobroni, Baihaqi dan Ibnu ‘Asakir dengan sanad Shahih)
Adapun Doa Qunut tersebut dilakukan setelah Ruku’ atau boleh juga sebelum Ruku’. Doa tersebut dibaca keras oleh imam dan diaminkan oleh para makmumnya. Dan boleh mengangkat tangan ketika membaca Doa Qunut tersebut.
Di antara Doa Qunut Witir yang disyariatkan adalah:
« الَلَّهُمَّ اهْدِناَ فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِناَ فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّناَ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَباَرِكْ لَناَ فِيْماَ أَعْطَيْتَ، وَقِناَ شَرَّ ماَ قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِى وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ، وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّناَ وَتَعَالَيْتَ، لاَ مَنْجَا مِنْكَ إِلاَّ إِلَيْكَ »
Maraji’:
1. Shohih Muslim
2. Qiyaamur Ramadan li Syaikh Al-Albanyrahimahullah
3. Sifat Tarawih Nabi ﷺ
4. Sifat Sholat Nabi ﷺ
5. Majalah As-Sunnah Edisi 07/1424H/2003M
6. Tata Cara Sholat Malam Nabi oleh Ustadz Arif Syarifuddin, Lc.
***
Penulis: R. Handanawirya (Alumni Ma’had Ilmi)
Muroja’ah: Ustadz Aris Munandar
https://Muslim.or.id/111-tata-cara-sholat-malam-dan-Witir-nabi-shallallahu-alaihi-wa-sallam.html
Admin Nasihat Sahabat

Artikel Terbaru

DENGAN DALIH TOLERANSI, JANGAN SAMPAI KITA KEBABLASAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ DENGAN DALIH TOLERANSI, JANGAN SAMPAI KITA KEBABLASAN Dengan dalih toleransi, jangan sampai kita kebablasan.…

3 months lalu

BOLEH TOLERANSI, TAPI JANGAN KEBABLASAN

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ   BOLEH TOLERANSI, TAPI JANGAN KEBABLASAN Boleh toleransi, tapi jangan kebablasan. Tidak sedikit orang…

3 months lalu

BOLEH DAN TIDAK BOLEH TERHADAP NON-MUSLIM (TAUTAN e-BOOK)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ   BOLEH DAN TIDAK BOLEH TERHADAP NON-MUSLIM (TAUTAN e-BOOK) Agar toleransi tidak kebablasan, cobalah…

3 months lalu

LIMA PRINSIP RUMAH TANGGA ISLAMI (E-BOOK)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ   LIMA PRINSIP RUMAH TANGGA ISLAMI (E-BOOK) Islam agama yang sempurna. Maka pasti ada…

3 months lalu

KABAR GEMBIRA BAGI YANG TELAH MENYESALI DOSANYA (e-BOOK)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ   KABAR GEMBIRA BAGI YANG TELAH MENYESALI DOSANYA (e-BOOK) Oleh: Ustadz: Dr. Abu Hafizhah…

3 months lalu

SAFAR WANITA TANPA MAHRAM DIBOLEHKAN DENGAN KETENTUAN DAN SYARAT, BENARKAH?

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ   SAFAR WANITA TANPA MAHRAM DIBOLEHKAN DENGAN KETENTUAN DAN SYARAT, BENARKAH? Asalnya, Safar Wanita…

4 months lalu