“Kemudian bertolaklah kamu dari tempat manusia bertolak (Arafah). dan mohonlah ampunan kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Pengampun, lagi Maha Penyayang.” [QS Al Baqarah: 199]
أمر تعالى عند الفراغ منها باستغفاره والإكثار من ذكره، فالاستغفار للخلل الواقع من العبد، في أداء عبادته وتقصيره فيها، وذكر الله شكر الله على إنعامه عليه بالتوفيق لهذه العبادة العظيمة والمنة الجسيمة. وهكذا ينبغي للعبد، كلما فرغ من عبادة، أن يستغفر الله عن التقصير، ويشكره على التوفيق، لا كمن يرى أنه قد أكمل العبادة، ومن بها على ربه، وجعلت له محلا ومنزلة رفيعة، فهذا حقيق بالمقت، ورد الفعل، كما أن الأول، حقيق بالقبول والتوفيق لأعمال أخر.
“… Allah ﷻ memerintahkan mereka yang telah selesai melaksanakan manasik haji untuk beristighfar dan banyak-banyak berzikir kepada-Nya.
Dan Istighfar tersebut, (berguna) untuk (menutup) kecacatan yang terjadi pada diri hamba saat beribadah dan kurang dalam pelaksanaannya.
Serta berzikir kepada Allah, sebagai bentuk syukur kepada-Nya atas kenikmatan yang diberikan kepada hamba, dan taufik Allah untuk si hamba dalam melakukan ibadah dan karunia besar tersebut.
Dan demikianlah sepantasnya seorang hamba, setiap kali dia selesai melakukan ibadah, dia beristighfar (meminta ampun) kepada Allah dari Taqshiir (sifat kurang) dalam melaksanakan amalan. Kemudian bersyukur kepada Allah atas Taufik yang diberikan kepadanya.
Tidak seperti orang yang memandang, bahwa dirinya telah menyempurnakan ibadah, dan (merasa) telah memersembahkannya kepada Rabb-nya, lalu dijadikan untuk dia tempat dan kedudukan yang tinggi.
Maka orang-orang model seperti inilah yang pantas mendapat murka, dan tertolak amalannya.
Sebagaimana jenis orang yang pertama, pantas untuk diterima amalannya dan mendapat taufik dari-Nya untuk mengamalkan amalan-amalan saleh yang lain.
[Asy Syaikh ‘Abdurrahman As Sa’di rahimahullah – Taisir al-Karimir Rahman: QS. Al Baqarah: 199]