Jenazah

HUKUM MENGUMUMKAN KEMATIAN DAN POSTING FOTO MAYIT DI MEDSOS

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
HUKUM MENGUMUMKAN KEMATIAN DAN POSTING FOTO MAYIT DI MEDSOS
Kita rasakan di hari-hari wabah ini, banyak sekali informasi kematian yang kita dengar. Kemudian terdengar berita dari toa-toa masjid, grup-grup WA, terkait berita kematian. Boleh jadi dalam sehari ada dua sampai delapan kematian yang diumumkan, disertai doa-doa kematian yang panjang, dan juga bertebarannya foto cover buku Yasin tahlil di grup-grup Salafy dan penutut ilmu, dengan menampakkan gambar dan foto orang yang telah mati. Bagaimana hal ini? Adakah landasan terkait semua itu?
Kami (Abu Abdurrahman Al-Atsary) ingin menjelaskan dua hal dalam kesempatan ini, terkait hukum berlebihan dalam informasi (pengumuman) kematian, mendoakan orang mati (juga doa secara umum) di medsos, dan hukum memasang foto orang mati.
1) Hukum Berlebihan dalam Pengumuman Kematian
Hukum asal mengumumkan info kematian adalah boleh, karena hal ini terkait dengan hak mayit untuk diselenggarakan jenazahnya secara syari. Baik memandikan, mengafani, menyalati, dan penguburan. Rasulullah ﷺ dan sahabat juga mengumumkan info kematian.
Dibuktikan dengan riwayat terkait kematian raja Najasy, yang Rasulullah ﷺ mengumumkan kematiannya (Na’yun), agar kaum Muslimin menyalati jenazahnya, karena di tempat ia mati tidak ada yang menyalati. Juga disebutkan terkait riwayat seorang yang membersihkan masjid di zaman beliau ﷺ yang mati, dan Rasulullah ﷺ tidak diberikan kabar terkait kematiannya.
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu berkata:
أن رسول الله عليه وسلم نعى النجاشى في اليوم الذي مات فيه، خرج إلى المصلى فصف بهم و كبر أربعا
“Bahwasanya Rasulullah ﷺ mengumumkan kematian raja Najasy di hari kematiannya, lalu beliau keluar menuju tempat salat, membariskan jamaah, dan salat jenazah dengan empat takbir.” [HR. Bukhari no.1245]
Syaikh Al Albani rahimahullah menjelaskan, bahwasanya Na’yun dibolehkan, yakni sekadarnya untuk memenuhi hak mayit.
Ibnu Hajar dalam Fathul Bari menjelaskan:
أن المعي ليس ممنوعا كله، و إنما نهي عما كان اهل الجاهلية يصنعونه فكانوا يرسلون من يعلن بخبر موت الميت على ابواب الدور و الاسوق
“Mengumumkan kematian tidak semua dilarang. Yang dilarang adalah seperti perbuatan orang-orang jahiliyah, di mana saat ada kematian mereka memerintahkan orang untuk mengumumkan berita kematian di setiap pintu-pintu dan pasar-pasar.” [Fathul Bari 3/116]
Disebutkan dari sahabat Hudzaifah radhiallahu ‘anhu, beliau melarang untuk mengumumkan kematian (secara berlebihan) dan berkata:
إني أخاف أن يكون نعيا
“Aku takut ini termasuk Na’yun yang dilarang Rasulullah.” [HR. Ibnu Majah no.1476]
Kami (Abu Abdurrahman Al-Atsary) menyebutkan dalam buku kami, Ahkamul Janaiz bab: “Bila Mendengar Adanya Kematian” kami tulis, dibolehkan mengumumkan kematian secara wajar, agar disegerakan pengurusan jenazah. Dan ini yang disyariatkan, bukan termasuk Na’yun yang dilarang.
Na’yun yang tercela adalah mengumumkan kematian dengan ratapan, suara keras di masjid-masjid, pasar, dan jalanan, memanggil kerabat yang berdomisili jauh, mengumumkan kematian di menara masjid, jalan, dan pasar, termasuk di surat kabar, media sosial, sebagaimana yang disampaikan Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah. [Ahkamul Janaiz oleh Abu Abdurrahman hal.9]
Sedangkan hukum asal berdoa (dan mendoakan) adalah Sirri, cukup didengar oleh dirinya dan orang-orang yang ada di sekelilingnya, bukan dikeraskan, apalagi dengan toa masjid atau di medsos, yang ini dikhawatirkan condong kepada ketidak ikhlasan dan adab yang buruk. Hanya untuk mendoakan saudaranya harus diumumkan, bahwasanya dirinya ikut serta mendoakan.
Inilah Rasul yang mulia, Zakariya ‘alaihi sallam:
إذ نادى ربه نداء خفيا
“Saat ia berdoa kepada Rabb-nya dengan doa yang lirih.” [QS. Maryam: 3]
Sangat banyak ayat Alquran memerintahkan kepada kita untuk berdoa dengan lirih. Kata خفيا bisa diartikan berbisik, lirih, tidak ditampakkan, tersembunyi, tidak diumumkan.
Lalu bagaimana hari ini dengan orang-orang yang mendoakan saudaranya saja, harus meminta pengakuan (tanpa sadar) dengan memosting di medsos. Padahal doa yang paling baik adalah mendoakan orang lain, yang mereka tidak mengetahui doa kita untuk mereka.
Kita simpulkan, bahwa berlebihan dalam mengumumkan info kematian adalah tercela, mengekalkan kesedihan, menjadikan orang lain takut, dan bukan termasuk jalan Salaf.
2) Hukum Gambar dan Memasang Foto Orang Mati
Di sebagian besar orang hari ini, mereka tidak hanya cukup menginformasikan kematian dengan pengumuman, namun muncul kreasi dengan menambahkan gambar orang mati, kemudian memposting foto kematian itu di medsos.
Jadilah grup-grup WA Salafy, grup-grup penuntut ilmu, FB, Instagram, bertebaran cover buku Yasin dan tahlil dengan hiasan foto orang mati, yang ini adalah musibah, meniru orang-orang jahiliyah dan perbuatan buruk.
Bahkan musibah ini juga menimpa sebagian dai-dai Salafy yang tidak selamat dari fitnah dan musibah yang besar ini, meskipun mereka tahu hukum gambar (ini nasihat keras dari kami).
Rasulullah ﷺ bersabda menjelaskan haramnya foto tanpa keperluan:
إن أشد الناس عذابا يوم القيام المصورون
“Sesungguhnya yang paling keras azabnya di Hari Kiamat orang yang bermuda-mudah dalam urusan gambar.”
Tidak ada yang tidak tahu hadis ini Sahih, diriwayatkan Imam Bukhari. Bahkan hadis ini Mutafaqun ‘alaihi.
Lalu bagaimana bisa orang-orang yang telah mengetahui ilmu, berjalan di atas Sunnah, kemudian mengikuti jejak orang-orang jahiliyah dari kalangan Hindu atau Kristen, dan orang-orang kafir lainnya. Yang di mana mereka akan memasang foto orang-orang yang mati sebagai bentuk penghormatan kepada mereka, menurut hawa nafsunya. Bahkan di agama Hindu tidak cukup untuk memasang foto orang mati saja, mereka juga menggantungkan bunga dan memberikan sesaji. Apakah kita akan mengikuti jejak umatnya Nuh ‘alaihi sallam?
Semoga tulisan ini dapat menjadi nasihat bagi orang-orang yang hidup hatinya, mengingatkan kelalaian, dan upaya meluruskan kesalahan.
وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم
Oleh Ustadz Abu Abdurrahman Al-Atsary hafidzhahullah
Ikuti kami selengkapnya di:
WhatsApp: +61 (450) 134 878 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Website: https://nasihatsahabat.com/
Email: nasihatsahabatcom@gmail.com
Twitter: @NasihatSalaf
Facebook:
https://www.facebook.com/nasihatsahabatcom/
Instagram: NasihatSahabatCom
Telegram: https://t.me/nasihatsahabat
Pinterest: https://id.pinterest.com/nasihatsahabat
Baca juga:
HUKUM MENGUMUMKAN KEMATIAN DAN POSTING FOTO MAYIT DI MEDSOS
Admin Nasihat Sahabat

Artikel Terbaru

TENTANG MUSIK DAN NASYID

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ   TENTANG MUSIK DAN NASYID Syaikh Ahmad An-Najmi rahimahullah berkata: إن الأغاني معصية والمصر…

2 days lalu

KISAH RAJA NAJASYI (ASHHAMAH BIN JABAR) DARI ETIOPIA

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ   KISAH RAJA NAJASYI (ASHHAMAH BIN JABAR) DARI ETIOPIA   Najasyi bisa dikatakan tabi’in,…

2 days lalu

PENGKHIANATAN KONSTITUSI

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ   PENGKHIANATAN KONSTITUSI An Najasy adalah putra tunggal Raja Habasyah (Etiopia). Para punggawa kerajaan…

2 days lalu

APAKAH ALLAH BERBICARA DENGAN HURUF DAN SUARA?

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ   APAKAH ALLAH BERBICARA DENGAN HURUF DAN SUARA? Pertanyaan: Bagaimana cara menjelaskan kepada orang…

2 days lalu

SIFAT MURKA BAGI ALLAH

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ   SIFAT MURKA BAGI ALLAH   Ahlussunnah meyakini Allah ﷻ memiliki sifat al ghadhab…

2 days lalu

MENGIMANI SIFAT MURKA ALLAH

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ   MENGIMANI SIFAT MURKA ALLAH   Kemuliaan suatu disiplin ilmu sangat erat kaitannya dengan…

2 days lalu