Yang dimaksud dengan Salat Utaqa adalah salat sunnah yang berjumlah delapan rakaat, dilakukan selama bulan Syawal, dengan ketentuan empat kali salam, yang di setiap rakaatnya dibaca al-Fatihah dan lima belas kali Surat al-Ikhlas. Kemudian dilanjut dengan 70 kali bacaan Tasbih dan 70 kali bacaan Salawat.
Hadisnya terdpat dalam kitab Al-ghunyah li Thalibi Thariqil Haq Fil Akhlaq Wat Tasawwuf Wal Adabil Islamiyah, karya Syaikh Abdulqadir Al-Jilani Al-hasani, juz II/249
حدثنا أبو نصر بن البناء عن والده قال: حدثنا أبو عبد الله الحسين بن عم العلاف، قال: أخبرنا أبو القاسم القاضي، قال: حدثنا محمد بن أحمد بن صديق، قال: حدثنا يعقوب بن عبد الرحمن، قال: أنبأنا أبو بكر أحمد بن جعفر المروزي، قال: حدثنا على ابن معروف، قال: حدثني محمد بن محمود، قال: أخبرنا يحيى بن شبيب، قال: حدثنا حميد عن أنس -رضي الله عنه- قال: قال رسول الله -صلى الله عليه وسلم-: “من صلى في شوال ثمان ركعات ليلاً كان أو نهاراً، يقرأ في كل ركعة بفاتحة الكتاب وخمس عشرة مرة {قل هو الله أحد …} فإذا فرغ من صلاته سبح سبعين مرة، وصلى على النبي -صلى الله عليه وسلم- سبعين مرة، قال النبي -صلى الله عليه وسلم-: والذي بعثني بالحق ما من عبد يصلي هذه الصلاة إلا أنبع الله له ينابيع الحكمة في قلبه وأنطق بها لسانه وأراه داء الدنيا ردواءها، والذي بعثني بالحق من صلى هذه الصلاة كما وصفت لا يرفع رأسه من آخر سجدة حتى يغفر الله له، وإن مات مات شهيداً مغفوراً له، وما من عبد صلى هذه الصلاة في السفر إلا سهل الله عليه السير والذهاب إلى موضع مراده، وإن كان مديوناً قضى الله دينه، وإن كان ذا حاجة قضى الله حوائجه، والذي بعثني بالحق ما من عبد يصلي هذه الصلاة إلا أعطاه الله تعالى بكل حرف وبكل آية مخرفة في الجنة، قيل: وما المخرفة يا رسول الله؟ قال -صلى الله عليه وسلم-: بساتين في الجنة يسير الراكب في ظل شجرة من أشجارها مائة سنة ثم لا يقطعها
Dari Anas radhiallahuaAnhu dia berkata, bahwasannya Rasulullah ﷺ pernah bersabda:
“Barang siapa salat di bulan Syawal sebanyak delapan rakaat, baik dilakukan malam hari maupun siang hari, yang mana di setiap rakaatnya membaca al-Fatihah dan Qul Huwallahu ahad – al-Ikhlas – sebanyak lima belas kali. Setelah delapan rakaat tersebut kemudian dilanjut dengan membaca Tasbih (Subhanallah wa bi hamdihi, subhanallahil adhim) tujuh puluh kali dan Salawat (allahumma shallli ‘ala sayyidina Muhammad) tujuh puluh kali, maka demi Zat yang telah mengutusku, Allah akan mengalirkan hikmah (kebijaksanaan/kebenaran) dalam hati yang diungkapkan melalui lisan seorang hamba yang telah melaksanakan salat ini , dan Allah akan tunjukkan kepada dia penyakit-penyakit dunia serta obatnya.
Dan demi Zat yang telah mengutusku, barang siapa yang mendirikan salat ini sesuai tata caranya, maka akan diampuni dosa-dosanya sebelum ia mengangkat kepala setelah sujudnya. Dan andaikan dia mati, maka dia mati dalam keadaan syahid, yang dosanya telah diampuni. Dan tiada seorang hamba yang melaksanakan salat ini dalam keadaan bepergian, kecuali Allah mudahkan baginya perjalanannya hingga tempat yang dituju. Andaikan ia memiliki utang, maka utangnya akan terbayar. Dan seandainya ia memiliki kebutuhan, Allah akan memenuhi kebutuhannya.
Dan demi Zat yang telah mengutusku, tiada seorang hamba yang menjalankan salat ini kecuali Allah berikan untuknya di setiap huruf dan ayatnya sebuah Makhrafah di Surga nantinya. Kemudian dipertanyakan “Apakah Makhrafah itu Ya Rasul? Rasulullah ﷺ menjawab Makhrafah adalah dua ekor domba yang memermudah penunggangnya mengelilingi (kebun penuh) pepohonan yang tidak pernah dipotong selama seratus tahun.”
Dalam hadis ini terdapat rawi yang diperselisihkan:
• Rawi Humaid, nama lengkapnya adalah Humaid Ath-Thuwaili.
Beliau menerima dari Anas radhiyallahu ‘anhu, sedangkan Humaid ini terkenal seorang yang suka memursalkan hadis dan tadlis kepada Anas. Di sini memakai shighan ‘an’anah.
• Rawi Yahya bin Syabiib
Ia rawi yang suka memalsukan hadis, terutama yang dipalsukannya dari Ats-Tsauri. Dan para ulama Ahlu Nuqad (Kritukus Hadis) menjarhnya dengan jarh pedas Tuhmah Bil kadzib.
Di antara komentar Ulama Jarh Ta’dil:
• Ibn ‘Amr An-Nuqas berkata: “Ia meriwayatkan hadis dari Ats-Tsaur dan dari yang lainnya hadis-hadis Maudhu (Palsu).”
• Ibn Thohir berkata: “Ia terkenal dengan pembawa hadis Maudhu (Palsu), dan terkadang membawa riwayat dari Ats-Tsaur dengan hadis yang batil.”
• Al-Khatib Al-Baghdadi berkata: “Ia pembawa hadis Maudhu.”
Jika kita membogkar kitab-kitab al-Jarh wa Ta’dil lainnya, maka ia termasuk rawi yang Majhul Haal dan terdapat kritikan tingkat ‘adalah (tertuduh pembohong. Bahkan ada yang menetapkan dia seorang pendusta).
Bukti lain hadis yang diriwayatkannya yang telah di sepakati sebagai hadis Maudhu dari jalur yang sama:
Hadis yang menerangkan adanya Salat Sunnah Utaqa di bulan Syawal adalah hadis Matruk bahkan Maudhu (hadis Palsu) yang bukan bersumber dari Nabi ﷺ. Tidak dapat dijadikan hujjah.