“Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiama. Dan Dialah yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti), apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” [QS Luqman 31: 34]
Adapun prediksi/prakiraan hujan yang diperoleh dari hasil penelitian tentang keadaan cuaca, maka itu boleh dan tidak termasuk ilmu gaib. Tetapi dengan catatan, tidak boleh memastikan prediksi tersebut, karena bisa jadi benar dan bisa jadi salah.
2. Tidak boleh menisbahkan hujan kepada selain Allah, karena ini adalah suatu kekufuran.
Suatu saat pernah turun hujan pada zaman Nabi ﷺ. Maka beliau ﷺ bertanya kepada para sahabat radhiallahu’anhum:
Beliau ﷺ bersabda: “Allah berfirman: Pagi ini ada di antara hamba-Ku yang beriman kepada-Ku dan kafir terhadap-Ku. Adapun yang mengatakan: ‘Kita diberi hujan karena anugerah dan rahmat Allah’, maka dialah yang beriman kepada-Ku dan kafir terhadap bintang. Adapun yang mengatakan: ‘Kita diberi hujan karena bintang jenis ini dan itu’, maka dialah yang kafir terhadap-Ku dan beriman kepada bintang.” [HR Bukhari-Muslim]
3. Disunnahkan untuk membuka sebagian anggota badan agar terkena rahmat dan berkah air hujan, sebab Nabi ﷺ pernah melakukan hal itu.
قَالَ أَنَسٌ أَصَابَنَا وَنَحْنُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- مَطَرٌ قَالَ فَحَسَرَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- ثَوْبَهُ حَتَّى أَصَابَهُ مِنَ الْمَطَرِ. فَقُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ لِمَ صَنَعْتَ هَذَا قَالَ « لأَنَّهُ حَدِيثُ عَهْدٍ بِرَبِّهِ تَعَالَى ».
Anas radhiallahu’anhu berkata: “Suatu saat hujan turun ketika kami bersama Nabi ﷺ. Maka beliau membuka pakaiannya sehingga terkena air hujan. Kami bertanya: ‘Wahai Rasulullah, kenapa engkau melakukan hal itu?’ Beliau ﷺ menjawab: ‘Karena air hujan ini masih baru datang dari Rabbnya.’” [HR Muslim]
4. Air hujan adalah air yang suci dan menyucikan. Allah ﷻ berfirman:
“Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-nya (hujan). Dan Kami turunkan dari langit, air yang amat bersih. [QS al-Furqan 25: 48]
Oleh karenanya, apabila badan kita, baju kita, atau kendaraan kita terkena air hujan, maka hukum asalnya adalah suci dan tidak najis. Dahulu para Ahli Fikih mengatakan: “Asal hukum air adalah suci.”
5. Musim hujan jangan menjadikan kita malah malas beribadah. Bahkan hendaknya semakin meningkatkan semangat kita, sebab pahalanya semakin berlipat.
“Adapun pelebur dosa adalah menyempurnakan wudhu saat dingin yang sangat, dan menunggu salat ke salat berikutnya, serta melangkahkan kaki ke Jumat.” [HR ath-Thabarani dalam al-Kabir dan disahihkan al-Albani]
6. Ketika ada hujan atau angin kencang yang sekiranya memberatkan jamaah untuk berangkat ke masjid, maka disyariatkan bagi muazin untuk mengatakan ( أَلاَ صَلُّوْا فِيْ رِحَالِكُمْ) artinya: Salatlah di rumah-rumah kalian.
Dari Nafi’, bahwasanya Ibnu Umar radhiallahu’anhuma pernah azan pada suatu malam yang dingin dan angin, lalu dia mengatakan: “Salatlah di rumah-rumah kalian.” Kemudian dia mengatakan: “Sesungguhnya Rasulullah ﷺ memerintahkan muazin, apabila malam yang dingin dan hujan untuk mengatakan: ‘Salatlah di rumah-rumah kalian.’” [HR Bukhari 666 dan Muslim 697]
Dan para ulama berselisih pendapat tentang letaknya. Ada yang mengatakan setelah Asyhadu anna Muhammadan Rasulullah, ada yang mengatakan setelah Hayya ’alal falah, ada yang mengatakan setelah usai azan La ilaha illallah. Pendapat yang benar, bahwa SEMUANYA BOLEH, karena semunya ada dalilnya, sekalipun yang terakhir lebih disukai agar urutan azan tetap terjaga.
7. Adanya hujan deras yang memberatkan bagi manusia, membolehkan mereka untuk tidak salat jamaah di masjid. Padahal hukum asalnya adalah wajib. Hal ini adalah arena adanya rukhshah dari Nabi ﷺ.
Dan boleh bagi imam masjid bersama makmumnya untuk menjamak antara dua salat, jika hal itu dibutuhkan, selagi tidak dijadikan adat kebiasaan. Karena jamak salat itu disyariatkan untuk menghilangkan keberatan dan kesulitan pada umat manusia.
Dari Ibnu Abbas radhiallahu’anhuma berkata: “Rasulullah ﷺ menggabung antara Zuhur dan Asar, juga Magrib dan Isya‘ di Madinah, tanpa ada takut dan hujan.”
Dikatakan kepada Ibnu Abbas radhiallahu’anhuma: “Apa yang diinginkan Nabi ﷺ dengan itu?” Ibnu Abbas radhiallahu’anhuma menjawab: “Nabi ﷺ ingin untuk tidak memberatkan umatnya.”
Imam Nawawi rahimahullahuta’ala mengatakan:
“Sejumlah ulama berpendapat bolehnya jamak karena ada kebutuhan, sekalipun tidak dalam kondisi safar. Inilah pendapat Ibnu Sirin dan mayoritas ahli hadis dan dipilih Ibnul Mundzir.” [Syarh Muslim 5/219]
Dan di antara amalan dan petunjuk di musim hujan adalah selalu memerbanyak istighfar, doa, dan zikir, agar mendapatkan hujan yang bermanfaat bagi kita. Di antara doa dan zikir yang diajarkan oleh Nabi ﷺ:
ALLAHUMMA INNII AS-ALUKA KHOIROHA WA KHOIRO MAA FIIHAA WA KHOIRO MAA URSILAT BIHI WA A’UUDZU BIKA MIN SYARRIHA WA SYARRI MAA FIIHAA WA SYARRI MAA URSILAT BIHI.
Artinya:
“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan angin dan kebaikan isinya, dan kebaikan yang ia diutus untuknya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan isinya, dan kejelekan yang ia diutus untuknya.” [HR Muslim: 899]
SUBHANALLADZI YUSABBIHUR RO’DU BI HAMDIHI WAL MALA-IKATU MIN KHIIFATIH
Artinya:
“Maha Suci Allah yang petir bertasbih dengan memuji-Nya, dan malaikat juga bertasbih, karena takut kepada-Nya.”
Kemudian Ibnu Zubair radhiallahu’anhuma mengatakan: “Sesungguhnya petir itu adalah peringatan yang keras bagi penduduk bumi.” [HR Bukhari dalam Adabul Mufrad dan disahihkan al-Albani)
Dari Aisyah radhiallahu’anha, bahwasanya Rasulullah ﷺ apabila melihat hujan turun, maka beliau berdoa:
اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا
ALLAHUMMA SHOYYIBAN NAFI’AN.
Artinya:
“Ya Allah, berikanlah hujan yang bermanfaat.” [HR Bukhari]
Demikianlah beberapa petunjuk Nabi ﷺ ketika musim hujan tiba. Semoga kita bisa mengamalkannya, sehingga musim hujan membuahkan pahala dan berkah bagi kita semua.
Akhirnya, marilah kita berdoa kepada Allah ﷻ agar menjadikan kita semua termasuk hamba-hamba-Nya yang berlomba-lomba dalam kebaikan, dan mengamalkan apa yang kita ketahui.