بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
 
BAGAIMANA CARA MEMINTA MAAF ORANG YANG PERNAH KITA ZALIMI YANG KITA TIDAK TAHU KEBERADAANNYA?
 
Pertanyaan:
 
Pernah ghibah kepada seseorang di akun medsos (menggunakan akun palsu) dan sekarang menyesal. Bagaimana cara agar tobat diterima?
 
Jawaban:
 
Barang siapa yang berbuat zalim (walaupun nama disamarkan), mungkin Fulan/Fulana yang disakiti tidak tahu, namun perlu kita ingat, Allah ﷻ Maha Mengetahui segala sesuatu. Maka tidak cukup hanya dengan Istighfar, apabila berkaitan dengan hak manusia.
Segera minta untuk dihalalkan (meminta maaf). Sedangkan apabila keberadaan orang tersebut tidak diketahui di mananya, maka doakan kebaikan untuknya. Mohon kepada Allah ﷻ agar Fulan/Fulana tidak menuntut kita di Akhirat nanti.
 
Allah ﷻ Maha Pengampun, apabila seseorang hamba bertobat. Dan rahmat serta kasih sayang-Nya begitu luas. Sedangkan kezaliman antar manusia adalah perkara berat. Apabila belum dihalalkan di dunia, maka akan dituntut kelak di Akhirat (pada saat Hisab). Dan urusan menjadi panjang, karena jiwa manusia itu agak sulit memaafkan. Wallahu a’lam.
Pertanyaan ini dijawab oleh Ustadz Abu Ubaidah Yusuf As Sidawi pada sesi Tanya Jawab Dauroh Keluarga 62 Amalan Pembuka Pintu Surga

Ikuti kami selengkapnya di:
WhatsApp: +61 (450) 134 878 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Website: https://nasihatsahabat.com/
Email: [email protected]
Twitter: @NasihatSalaf
Facebook: https://www.facebook.com/nasihatsahabatcom/
Instagram: NasihatSahabatCom
Telegram: https://t.me/nasihatsahabat
Pinterest: https://id.pinterest.com/nasihatsahabat

 

Baca juga:

 

BAGAIMANA CARA MEMINTA MAAF ORANG YANG KITA ZALIMI YANG KITA TIDAK TAHU KEBERADAANNYA