بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمِ
#AdabBerdoa, #DoaZikir
HUKUM SHALAWAT DIIRINGI REBANA
 
Pertanyaan:
Saya ingin menanyakan masalah amaliah yang membingungkan, yaitu masalah shalawat kepada Rasulullah ﷺ:
  1. Apakah shalawat ini banyak macamnya?
  2. Bagaimana cara mengamalkan shalawat yang benar berdasarkan sunnah Rasulullah ﷺ? Apakah dilakukan sendiri atau berjamaah, dengan suara keras atau sirr (pelan)?
  3. Bolehkah sambil diiringi rebana (alat musik)?
Jawaban:
Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, amma ba’du,
 
Sbelum menjawab pertanyaan saudara, kami ingin menyampaikan, bahwa amal ibadah akan diterima oleh Allah, jika memenuhi syarat-syarat diterimanya ibadah. Yaitu ibadah itu dilakukan oleh orang yang beriman dengan ikhlas, dan sesuai Sunnah (ajaran) Nabi Muhammad ﷺ.
 
Akan tetapi pada zaman ini, alangkah banyaknya orang yang tidak memedulikan syarat-syarat di atas. Maka, pertanyaan yang saudara ajukan ini merupakan suatu langkah kepedulian terhadap Sunnah Rasulullah ﷺ. Semoga Allah selalu memberi taufik kepada kita, di atas jalan yang lurus.
 
Perlu kami sampaikan, bahwasanya shalawat kepada Nabi ﷺ merupakan salah satu bentuk ibadah yang agung. Tetapi, banyak sekali penyimpangan dan bid’ah yang dilakukan banyak orang seputar shalawat Nabi ﷺ. Berikut ini jawaban kami terhadap pertanyaan saudara.
 
1. Shalawat Nabi memang banyak macamnya. Namun secara global dapat dibagi menjadi dua:
 
Pertama: Shalawat yang Disyariatkan. Yaitu shalawat yang diajarkan oleh Rasulullah ﷺ kepada sahabatnya.
 
Bentuk shalawat ini ada beberapa macam. Syaikh Al-Albani rahimahullah dalam kitab Shifat Shalat Nabi ﷺ menyebutkan ada tujuh bentuk shalawat dari hadis-hadis Rasulullah ﷺ. Ustadz Abdul Hakim bin Amir bin Abdat hafizhahullah di dalam kitab beliau ‘Sifat Shalawat dan Salam’, membawakan delapan riwayat tentang sifat shalawat Nabi ﷺ.
 
Di antara bentuk shalawat yang diajarkan oleh Rasulullah ﷺ ialah:
 
اللَّهُمَّ صَلِّى عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى (إِبْرَاهِيْمَ وَعَلى) آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ اللَّهُمَّ بَارِكْ (فِي رِوَايَـةٍ: وَ بَارِكْ) عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى (إِبْرَاهِيْمَ وَ عَلَى) آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
 
Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kamaa shallaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala aali Ibrahim, inna-Ka Hamidum Majid. Allahumma barik (dalam satu riwayat, wa barik, tanpa Allahumma) ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama brakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, inna-Ka Hamiidum Majid.
 
Artinya:
 
“Ya Allah. Berilah (yakni, tambahkanlah) shalawat (sanjungan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi shalawat kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia. Ya, Allah. Berilah berkah (tambahan kebaikan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia.” [HR. Bukhari, Muslim, dan lainnya. Lihat Shifat Shalat Nabi, hal. 165-166, karya Al-Albani, Maktabah Al-Ma’arif].
 
Dan termasuk shalawat yang disayariatkan, yaitu shalawat yang biasa diucapkan dan ditulis oleh Salafush Shalih.
 
Syaikh Abdul Muhshin bin Hamd Al-‘Abbad hafizhahullah berkata: Salafush Shalih, termasuk para ahli hadis, telah biasa menyebut shalawat dan salam kepada Nabi ﷺ ketika menyebut (nama) beliau, dengan dua bentuk yang ringkas, yaitu:
 
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ
 
(Shallallahu ‘alaihi wa sallam)
 
dan
عَلَيْهِ الصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ
 
(‘alaihish shalaatu was salaam).
 
Alhamdulillah, kedua bentuk ini memenuhi kitab-kitab hadis. Bahkan, mereka menulis wasiat-wasiat di dalam karya-karya mereka untuk menjaga hal tersebut dengan bentuk yang sempurna. Yaitu menggabungkan antara shalawat dan permohonan salam atas Nabi ﷺ” [Fadhlush Shalah ‘Alan Nabi ﷺ, hal. 15, karya Syaikh Abdul Muhshin bin Hamd Al-‘Abbad].
 
Kedua: Shalawat yang Tidak Disyariatkan
 
Yaitu shalawat yang datang dari hadis-hadis Dha’if (lemah), sangat Dha’if, Maudhu’ (palsu), atau tidak ada asalnya. Demikian juga shalawat yang dibuat-buat (umumnya oleh Ahli Bid’ah), kemudian mereka tetapkan dengan nama shalawat ini atau shalawat itu. Shalawat seperti ini banyak sekali jumlahnya, bahkan sampai ratusan. Contohnya, berbagai shalawat yang ada dalam kitab Dalailul Khairat Wa Syawariqul Anwar Fi Dzikrish Shalah ‘Ala Nabiyil Mukhtar, karya Al-Jazuli (wafat th. 854 H). Di antara shalawat bid’ah ini ialah shalawat Basyisyiyah, shalawat Nariyah, shalawat Fatih, dan lain-lain. Termasuk musibah, bahwa sebagian shalawat bid’ah itu mengandung kesyirikan [Lihat Mu’jamul Bida’, hal. 345-346, karya Syaikh Raid bin Shabri bin Abi ‘Ulfah; Fadhlush Shalah ‘Alan Nabi ﷺ, hal. 20-24, karya Syaikh Abdul Muhsin bin Hamd Al-‘Abbad; Minhaj Al-Firqah An-Najiyah, hal. 116-122, karya Syaikh Muhammad Jamil Zainu; Sifat Shalawat & Salam Kepada Nabi ﷺ, hal. 72-73, karya Ustadz Abdul hakim bin Amir Abdat].
 
2. Cara mengamalkan shalawat yang benar berdasarkan sunnah Rasulullah ﷺ adalah sebagai berikut:
 
a). Shalawat yang dibaca adalah shalawat yang disyariatkan, karena shalawat termasuk zikir, dan zikir termasuk ibadah. Bukan shalawat bid’ah, karena seluruh bid’ah adalah kesesatan.
 
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata: “Zikir-zikir dan doa-doa termasuk ibadah-ibadah yang paling utama. Sedangkan ibadah dibangun di atas ittiba’ (mengikuti Sunnah Rasulullah ﷺ). Tidak seorang pun berhak menyunnahkan dari zikir-zikir dan doa-doa yang tidak disunnahkan (oleh Nabi ﷺ). Lalu menjadikannya sebagai kebiasaan yang rutin, dan orang-orang selalu melaksanakan. Semacam itu termasuk membuat-buat perkara baru dalam agama yang tidak diizinkan Allah. Berbeda dengan doa, yang kadang-kadang seseorang berdoa dengannya dan tidak menjadikannya sebagai sunnah (kebiasaan).” [Dinukil dari Fiqhul Ad’iyah Wal Adzkar, 2/49, karya Syaikh Abdur Razaq bin Abdul Muhshin Al-Badr].
 
b). Memerbanyak membaca shalawat di setiap waktu dan tempat, terlebih-lebih pada waktu Jumat, atau pada saat disebut nama Nabi Muhammad ﷺ, dan lain-lain tempat yang disebutkan di dalam hadis-hadis yang shahih.
 
Rasulullah ﷺ bersabda:
 
مَنْ صَلَّـى عَلَيَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرًا
 
“Barang siapa memohonkan shalawat atasku sekali, Allah bershalawat atasnya sepuluh kali.” [HR. Muslim, no. 408, dari Abu Hurairah].
 
c). Tidak menentukan jumlah, waktu, tempat, atau cara, yang tidak ditentukan oleh syariat. Seperti menentukan waktu sebelum berazan, saat khatib Jumat duduk antara dua khutbah, dan lain-lain.
 
d). Dilakukan sendiri-sendiri, tidak secara berjamaah.
 
Karena membaca shalawat termasuk zikir dan termasuk ibadah, sehingga harus mengikuti Sunnah Nabi ﷺ. Dan sepanjang pengetahuan kami, tidak ada dalil yang membenarkan bershalawat dengan berjamaah. Karena jika dilakukan berjamaah, tentu dibaca dengan keras, dan ini bertentangan dengan adab zikir yang diperintahkan Allah, yaitu dengan pelan.
 
e). Dengan suara sirr (pelan), tidak keras.
 
Karena membaca shalawat termasuk zikir. Sedangkan di antara adab berzikir, yaitu dengan suara pelan, kecuali ada dalil yang menunjukkan (harus) diucapkan dengan keras.
 
Allah berfirman:
 
وَاذْكُر رَّبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِفْيَةً وَدُونَ الْجَهْرِمِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَاْلأَصَالِ وَلاَتَكُن مِّنَ الْغَافِلِينَ
 
“Dan zikirlah (ingatlah, sebutlah nama) Rabb-mu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.” [QS. Al-A’raf: 205].
 
Ibnu Katsir rahimahullah berkata: “Oleh karena itulah, Allah berfirman:
 
وَدُونَ الْجَهْرِمِنَ الْقَوْلِ
 
(dan dengan tidak mengeraskan suara), demikianlah, zikir itu disukai tidak dengan seruan yang keras berlebihan.” [Tafsir Ibnu Katsir].
 
Al-Qurthubi rahimahullah berkata: “Ini menunjukkan, bahwa meninggikan suara dalam berzikir (adalah) terlarang.” [Tafsir Al-Qurthubi, 7/355].
 
Muhammad Ahmad Lauh berkata: “Di antara sifat-sifat zikir dan shalawat yang disyariatkan, yaitu tidak dengan keras, tidak mengganggu orang lain, atau mengesankan bahwa (Dzat) yang dituju oleh orang yang berzikir dengan zikirnya (berada di tempat) jauh, sehingga untuk sampainya membutuhkan dengan mengeraskan suara.” [Taqdisul Asykhas Fi Fikrish Shufi, 1/276, karya Muhammad Ahmad Lauh].
 
Abu Musa Al-Asy’ari berkata:
 
لَمَّا غَزَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَيْبَرَ أَوْ قَالَ لَمَّا تَوَجَّهَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَشْرَفَ النَّاسَ عَلَى وَادَ فَرَفَعُوا اَصْوَاتَهُمْ بِالتَّكْبِيْرِ اللهُ أَكْبْرُ اَللهُ أَكْبَرُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ ارْبَعُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ إِنَّكُمْ لاَ لاَ تَدْعُونَ اَصَمَّ وَلاَ غَائِبًا إِنَّكُمْ تَدْعُوا سَـمِيْعًا قَرِيْيًا وَهُوَ مَعَكُمْ وَأَنَّا خَلْفَ دَابَّةِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَمِعَنِي وَأَنَا أَقُولُ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ فَقَالَ لِي يَـا عَبْدَاللهِ بْنَ قَيْسٍ قُلْتُ لَبَّيْكَ يَا رَسُولَ اللهِ قَالَ أَلاَ أَدُلُّكَ عَلَى كَلِمَةٍ مِنْ كَنْزٍ مِنْ كُنُوزِ الْجَنَّةِ قُلْتُ بَلَى يَا رَسُولَ اللهِ فَدَاكَ أَبَـِي وَأُمِّي قَالَ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَ بِالله
 
“Ketika Rasulullah ﷺ memerangi atau menuju Khaibar, orang-orang menaiki lembah, lalu mereka meninggikan suara dengan takbir: Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa ilaaha illa Allah. Maka, Rasulullah ﷺ bersabda: “Pelanlah, sesungguhnya kamu tidaklah menyeru kepada Yang Tuli dan Yang Tidak Ada. Sesungguhnya kamu menyeru (Allah) Yang Maha Mendengar dan Maha Dekat, dan Dia bersama kamu (dengan ilmu-Nya, pendengaran-Nya, penglihatan-Nya, dan pengawasan-Nya -pen.).” Dan saya (Abu Musa) di belakang hewan Rasulullah ﷺ. Beliau ﷺ mendengar aku mengatakan: ‘Laa haula wa laa quwwata illa billah.’ Kemudian beliau ﷺ bersabda kepadaku: ‘Wahai, Abdullah bin Qais (Abu Musa).’ Aku berkata: ‘Aku sambut panggilanmu, wahai Rasulullah,’ Beliau ﷺ bersabda: ‘Maukah aku tunjukkan kepadamu terhadap satu kalimat, yang merupakan simpanan di antara simpanan-simpanan Surga?’ Aku menjawab: ‘Tentu, wahai Rasulullah. Bapakku dan ibuku sebagai tebusanmu.’ Beliau ﷺ bersabda: ‘Laa haula wa laa quwwata illa billah.’” [HR. Bukhari no. 4205; Muslim, no. 2704].
 
3. Membaca shalawat tidak boleh sambil diiringi rebana (alat musik), karena hal ini termasuk bid’ah. Perbuatan ini mirip dengan kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang-orang Sufi. Mereka membaca qasidah-qasidah atau syair-syair yang dinyanyikan dan diiringi dengan pukulan stik, rebana, atau semacamnya. Mereka menyebutnya dengan istilah sama’ atau Taghbiir.
 
Berikut ini di antara perkataan ulama Ahlus Sunnah yang mengingkari hal tersebut.
 
Imam asy-Syafi’i berkata: “Di Iraq, aku meninggalkan sesuatu yang dinamakan Taghbiir (sejenis syair berisi anjuran untuk zuhud di dunia, yang dinyanyikan oleh orang-orang Sufi dan sebagian hadirin memukul-mukulkan kayu pada bantal atau kulit, sesuai dengan irama lagunya). (Yaitu) perkara baru yang diada-adakan oleh Zanadiqah (orang-orang zindiq; menyimpang). Mereka menghalangi manusia dari Alquran.” [Riwayat Ibnul Jauzi dalam Talbis Iblis; Al-Khalal dalam Amar Ma’ruf, hal. 36; dan Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah, 9/146. Dinukil dari kitab Tahrim Alat ath-Tharb, hal. 163].
 
Imam Ahmad ditanya tentang Taghbiir, beliau menjawab: “Bid’ah.” [Riwayat Al-Khallal. Dinukil dari kitab Tahrim Alat ath-Tharb, hal. 163].
 
Imam ath-Thurthusi tokoh ulama Malikiyah dari kota Qurthubah (wafat 520 H); beliau ditanya tentang sekelompok orang (yaitu orang-orang Sufi) di suatu tempat yang membaca Alquran, lalu seseorang di antara mereka menyanyikan syair, kemudian mereka menari dan beroyang. Mereka memukul rebana dan memainkan seruling. Apakah menghadiri mereka itu halal atau tidak? (Ditanya seperti itu), beliau menjawab: “Jalan orang-orang Sufi adalah batil dan sesat. Islam itu hanyalah kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya. Adapun menari dan pura-pura menampakkan cinta (kepada Allah), maka yang pertama kali mengada-adakan adalah kawan-kawan Samiri (pada zaman Nabi Musa). Yaitu ketika Samiri membuatkan patung anak sapi yang bisa bersuara untuk mereka, lalu mereka datang menari di sekitarnya dan berpura-pura menampakkan cinta (kepada Allah). Tarian itu adalah agama orang-orang kafir dan para penyembah anak sapi. Adapun majelis Rasulullah ﷺ dan para sahabatnya penuh ketenangan, seolah-olah di atas kepala mereka dihinggapi burung. Maka, seharusnya penguasa dan wakil-wakilnya melarang mereka menghadiri masjid-masjid dan lainnya (untuk menyanyi dan menari -pen.) Dan bagi seorang yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, tidaklah halal menghadiri mereka. Tidak halal membantu mereka melakukan kebatilan. Demikian ini jalan yang ditempuh (Imam) Malik, asy-Syafi’i, Abu Hanifah, Ahmad dan lainnya dari kalangan imam-imam kaum Muslimin.” (Dinukil dari kitab Tahrim Alat ath-Tharb, hlm. 168-169).
 
Imam Al-Hafizh Ibnu Ash-Shalaah, imam terkenal penulis kitab Muqaddimah ‘Ulumil Hadis (wafat tahun 643 H); beliau ditanya tentang orang-orang yang menghalalkan nyanyian dengan rebana dan seruling, dengan tarian dan tepuk-tangan. Dan mereka menganggapnya sebagai perkara halal dan qurbah (perkara yang mendekatkan diri kepada Allah), bahkan (katanya sebagai) ibadah yang paling utama. Maka beliau menjawab: “Mereka telah berdusta atas nama Allah ta’ala. Dengan pendapat tersebut, mereka telah mengiringi orang-orang kebatinan yang menyimpang. Mereka juga menyelisihi ijma’. Barang siapa yang menyelisihi ijma’, (ia) terkena ancaman firman Allah:
 
وَمَن يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِن بَعْدِ مَاتَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَى وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَاتَوَلَّى وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وَسَآءَتْ مَصِيرًا
 
“Dan barang siapa yang menentang rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang Mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu, dan Kami masukkan ia keadalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruknya tempat kembali.” [QS. An-Nisa: 115). (Fatawa Ibnu ash-Shalah, 300-301. Dinukil dari kitab Tahrim Alat ath-Tharb, hal. 169].
 
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata: “Dan telah diketahui secara pasti dari agama Islam, bahwa Nabi ﷺ tidak mensyariatkan kepada orang-orang saleh dan para ahli ibadah dari umat beliau ﷺ, agar mereka berkumpul dan mendengarkan bait-bait yang dilagukan dengan tepuk-tangan, atau pukulan dengan kayu (stik), atau rebana. Sebagaimana beliau ﷺ tidak membolehkan bagi seorang pun untuk tidak mengikuti beliau ﷺ, atau tidak mengikuti apa yang ada pada Al-Kitab dan Al-Hikmah (As-Sunnah). Beliau ﷺ tidak membolehkan, baik dalam perkara batin, perkara lahir, untuk orang awam, atau untuk orang tertentu.” [Mahmu’ Fatawa, 11/565. Dinukil dari kitab Tahrim Alat ath-Tharb, hal. 165].
 
Demikianlah penjelasan kami, semoga menghilangkan kebingungan saudara.
Alhamdulillah Rabbil ‘alamin, washalatu wassalaamu ‘ala Muhammad wa ‘ala ahlihi wa shahbihi ajma’in.
 
Sumber: Majalah As-Sunnah, Edisi 12 Tahun VII, 1424 H – 2003 M
Dipublikasikan oleh www.KonsultasiSyariah.com dengan pengubahan tata bahasa seperlunya.