بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

SHOLAT DHUHA: KEUTAMAAN DAN HUKUMNYA

Allah Subhanahu wa Ta’ala mensyariatkan sholat-sholat sunnah untuk menyempurnakan ibadah sholat wajib yang terkadang tidak dapat sempurna pahalanya. Sabda Rasulullah ﷺ:

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلُحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ فَإِنْ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ شَيْءٌ قَالَ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ فَيُكَمَّلَ بِهَا مَا انْتَقَصَ مِنْ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ يَكُونُ سَائِرُ عَمَلِهِ عَلَى ذَلِكَ

Sesungguhnya amalan yang pertama kali dihisab dari seorang hamba ialah sholatnya. Apabila baik, maka ia telah beruntung dan selamat. Dan bila rusak, maka ia telah rugi dan menyesal. Apabila kurang sedikit dari sholat wajibnya , maka Rabb Azza wa Jalla berfirman: “Lihatlah, apakah hamba-Ku memiliki sholat Tathawwu’ (Sholat Sunnah),” lalu disempurnakanlah dengannya yang kurang dari sholat wajibnya tersebut, kemudian seluruh amalannya diberlakukan demikian. [HR at-Tirmidzi]. Dan di antara yang disyariatkan ialah sholat Dhuha.

KEUTAMAAN SHOLAT DHUHA

1. Mencukupkan sedekah sebanyak persendian manusia, yaitu 360 persendian, sebagaimana dijelaskan dalam hadis:

عَنْ أَبِي ذَرٍّ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى. (أخرجه مسلم).

Dari Abu Dzar, dari Nabi ﷺ bahwa beliau telah bersabda: “Di setiap pagi, ada kewajiban sedekah atas setiap persendian dari salah seorang kalian. Setiap Tasbiih adalah sedekah, setiap Tahmiid adalah sedekah, setiap Tahliil adalah sedekah, setiap Takbiir adalah sedekah, Amar Makruf Nahi Mungkar adalah sedekah. Dan dapat memadai untuk semua itu, dua rakaat yang dilakukan pada waktu Dhuha”.[HR Muslim, kitab Sholat al-Musafirin wa Qashruha]

Juga sabda beliau ﷺ:

فِي الْإِنْسَانِ ثَلَاثُ مِائَةٍ وَسِتُّونَ مَفْصِلًا فَعَلَيْهِ أَنْ يَتَصَدَّقَ عَنْ كُلِّ مَفْصِلٍ مِنْهُ بِصَدَقَةٍ قَالُوا وَمَنْ يُطِيقُ ذَلِكَ يَا نَبِيَّ اللَّهِ قَالَ النُّخَاعَةُ فِي الْمَسْجِدِ تَدْفِنُهَا وَالشَّيْءُ تُنَحِّيهِ عَنْ الطَّرِيقِ فَإِنْ لَمْ تَجِدْ فَرَكْعَتَا الضُّحَى تُجْزِئُكَ

“Dalam diri manusia ada 360 persendian. Lalu diwajibkan sedekah dari setiap sendinya.” Mereka bertanya: ”Siapa yang mampu demikian, wahai Nabi Allah?” Beliau menjawab:”Memendam riak yang ada di masjid dan menghilangkan sesuatu (gangguan) dari jalanan. Apabila tidak mendapatkannya, maka dua rakaat sholat Dhuha mencukupkanmu.” [HR Abu Dawud no. 5242 dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albani]

2. Allah Subhanahu wa Ta’ala menjaga orang yang sholat Dhuha empat rakaat pada hari tersebut, sebagaimana dijelaskan dalam hadis:

عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ أَوْ أَبِي ذَرٍّ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ أَنَّهُ قَالَ ابْنَ آدَمَ ارْكَعْ لِي مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ أَكْفِكَ آخِرَهُ أخرجه الترمذي. قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ

Dari Abu Dardaa’ atau Abu Dzar, dari Rasulullah ﷺ , dari Allahsubhanahu wa ta’ala, bahwa Allah berfirman: “Wahai Bani Adam, sholatlah untuk-Ku pada awal siang hari empat rakaat. Niscaya Aku menjagamu sisa hari tersebut”.[HR at-Tirmidzi, kitab Sholat, Bab: Ma Ja`a fi Sholat ad-Dhuha, no. 475. Abu ‘Isa berkata: “Hadis hasan gharib”].

3. Sholat Dhuha merupakan sholat Al-Awwabin, yaitu orang yang banyak bertaubat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagaimana disampaikan Rasulullah ﷺ dalam hadis Abu Hurairah Radhiyallahu anhu yang berbunyi:

لاَ يُحَافِظُ عَلَى صَلاَةِ الضُّحَى إِلاَّ أَوَّابٌ قَالَ وَهِيَ صَلاَةُ الأَوَّابِيْنَ. (أخرجه الحاكم).

Tidaklah menjaga sholat Dhuha kecuali orang yang banyak bertaubat kepada Allah. [HR al-Hakim dalam al-Mustadrak, 1/314. Syaikh al-Albani menilai sebagai hadis Hasan].

HUKUM SHOLAT DHUHA

Para ulama berselisih tentang hukum sholat Dhuha dalam beberapa pendapat. Yang rajih In syaa Alloh Sholat Dhuha disunnahkan secara mutlak, karena keumuman anjuran melakukan sholat Dhuha. Demikian pula yang dirajihkan Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah. Beliau menyatakan, yang rajih ialah sunnah mutlak yang terus-menerus dilakukan.

 

Sumber:

http://www.assunnah-qatar.com/artikel/fiqh/801-kajian-syamail-muhammadiyah-bab-41-sholat-dhuha.html

 

 

Baca artikel lengkap di:

┄┄┉┉✽̶»̶̥ »̶̥✽̶┉┉┄┄
Mari sebarkan dakwah sunnah dan meraih pahala. Ayo di-share ke kerabat dan sahabat terdekat..!
? www.nasihatsahabat.com