PENGUBAHAN KATA GANTI DALAM KALIMAT “JAZAAKALLAHU KHAIRAN”

/, Fikih dan Muamalah/PENGUBAHAN KATA GANTI DALAM KALIMAT “JAZAAKALLAHU KHAIRAN”
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمِ
#DoaZikir
PENGUBAHAN KATA GANTI DALAM KALIMAT “JAZAAKALLAHU KHAIRAN”
 
– Jazaakillaahu khairan جزاكِ الله خيرا :
Semoga Allah membalas perbuatanmu dengan kebaikan. –> Yang diajak bicara adalah seorang wanita.
 
– JazaakAllahu khairan جزاكَ الله خيرا:
Semoga Allah membalas perbuatanmu dengan kebaikan –> Yang diajak bicara adalah seorang lelaki.
 
– JazaakumAllahu khairan خيرا جزاكما الله:
Semoga Allah membalas perbuatan kalian berdua dengan kebaikan–> Yang diajak bicara adalah dua orang, entah itu dua orang wanita, atau dua orang lelaki, atau dua orang yang terdiri dari satu lelaki dan satu wanita.
 
– Jazaakumullaahu khairan خيرا جزاكم الله:
Semoga Allah membalas perbuatan kalian dengan kebaikan–> Yang diajak bicara adalah sekumpulan lelaki semua yang lebih dari dua orang, atau sekumpulan orang yang terdiri dari campuran lelaki dan wanita lebih dari dua orang, atau sekumpulan wanita walau hanya disertai dengan satu orang lelaki [tentunya lebih dari dua orang, karena ucapan ini memang ditujukan kepada sekumpulan orang yang lebih dari dua orang dengan ketentuan yang telah lalu].
 
– JazaakunnAllahu khairan خيرا جزاكنّ الله:
Semoga Allah membalas perbuatan kalian dengan kebaikan –> Yang diajak bicara adalah HANYA sekumpulan wanita saja, dan lebih dari dua orang.
 
– Jazaahullaahu khairan جزاه الله خيرا:
Semoga Allah membalas perbuatannya dengan kebaikan –> Ditujukan kepada seorang lelaki yang tidak hadir dalam pembicaraan (ghaaib).
 
– JazaahAllahu khairan جزاها الله خيرا:
Semoga Allah membalas perbuatannya dengan kebaikan–> Ditujukan kepada seorang wanita yang tidak hadir dalam pembicaraan (ghaaibah).
 
– JazaahumAllahu khairan خيرا جزاهما الله:
Semoga Allah membalas perbuatan mereka berdua dengan kebaikan–> Ditujukan kepada dua orang yang tidak hadir dalam pembicaraan, entah dua orang itu terdiri dari dua lelaki, dua wanita, atau satu wanita dan satu lelaki.
 
– Jazaahumullaahu khairan خيرا جزاهم الله:
Semoga Allah membalas perbuatan mereka dengan kebaikan –> Ditujukan kepada sekumpulan lelaki saja; sekumpulan wanita bersama dengan seorang lelaki; sekumpulan wanita campuran antara lelaki dan wanita, dan kesemuanya harus lebih dari dua orang.
 
– JazaahunnAllahu khairan خيرا جزاهنّ الله:
Semoga Allah membalas perbuatan mereka dengan kebaikan –> Ditujukan kepada HANYA sekumpulan wanita yang lebih dari dua orang, dan tidak hadir dalam pembicaraan.
 
Semoga bermanfaat.
2017-08-08T20:49:29+00:00 8 August 2017|Doa dan Dzikir, Fikih dan Muamalah|0 Comments

Leave A Comment

12 + 5 =