NASIHAT UNTUK PARA ISTRI YANG MENELANTARKAN SUAMI KARENA TERSIBUKAN DENGAN MEDIA-MEDIA SOSIAL

NASIHAT UNTUK PARA ISTRI YANG MENELANTARKAN SUAMI KARENA TERSIBUKAN DENGAN MEDIA-MEDIA SOSIAL

 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

#Nasihat_Ulama

???✋? NASIHAT UNTUK PARA ISTRI YANG MENELANTARKAN SUAMI KARENA TERSIBUKAN DENGAN MEDIA-MEDIA SOSIAL

? Asy Syaikh Ubaid bin Abdillah al Jabiry حفظه الله

? Pertanyaan: Semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan. Pertanyaan dari kaum hawa, ia mengatakan: Kami menginginkan nasihat teruntuk para wanita yang menelantarkan suaminya, dan malah tersibukkan dengan Facebook, Whatsapp, atau selainnya dari berbagai media sosial.

? Jawaban: Ini adalah sikap khianat yang memermainkan hak-hak suami. Seorang Muslimah seharusnya menjaga harta suami dan anak-anaknya. Memerhatikan pendidikan mereka, memanfaatkan waktu di dalam rumahnya dengan berbagai perkara yang manfaatnya akan kembali kepadanya, seperti membaca Alquran, membaca buku-buku yang mudah baginya, menunaikan shalat nafilah bila ia mampu, dan tidak menelantarkan hak-hak suaminya.

⚠ Ini merupakan kejahatan dan kezhaliman, bila perkara tersebut sampai menyebabkan dia mengesampingkan kemaslahatan suami atau mengakhirkannya. Ini kezhaliman dan kejahatan, menyelisihi sabda Nabi ﷺ  dan hadis ini akan datang, in Sya Allah dalam Kitab Imarah:

والمرأة راعية على بيت زوجها أو على مال زوجها وولده

 ⭕ “Seorang wanita adalah penanggung jawab atas rumah suaminya, atau atas harta dan anak-anak suaminya.”

Dan hendaklah wanita itu berhati-hati. Dalam hadis yang lain, Nabi ﷺ bersabda:

ما من راع يسترعيه الله راعية ولم يحطه بنصحه

⭕ “Berapa banyak pemimpin yang diberikan amanah oleh Allah untuk memimpin, kemudian ia tidak menjaganya, dengan memberi nasihat padanya.”

Dalam hadis yang lain:

ثم يموت وهو غاش لهم إلا لم يدخل معهم الجنة

⭕ “Kemudian ia meninggal dalam keadaan curang (menipu) terhadap mereka, melainkan ia tidak akan masuk Jannah bersamanya.”

Dalam riwayat yang pertama:

إلا حرم الله عليه الجنة

⭕ “Melainkan Allah haramkan Jannah baginya.”

? Maka hendaklah seorang Muslimah itu takut kepada Rabb-nya. Hendaklah ia menjaga hak suaminya, karena itu di antara perkara yang telah Allah wajibkan baginya. Kemudian manfaat apa yang diperoleh seorang Muslimah, ketika duduk sepanjang waktu bersama media-media sosial ini?

? Membuang-buang waktu, sedangkan waktu itu wahai putri-putriku, bisa jadi akan menguntungkanmu dan bisa jadi akan merugikanmu. Oleh karena itu, bersungguh-sungguhlah pada perkara yang akan menguntungkanmu. Dan janganlah engkau membuang-buang waktu, karena perkaranya akan berbalik pada hakmu, sehingga akan merugikanmu, dan engkau akan dihisab karenanya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *