ISTIGHFAR SEBAB KEMUDAHAN REZEKI DAN TURUNNYA HUJAN

///ISTIGHFAR SEBAB KEMUDAHAN REZEKI DAN TURUNNYA HUJAN

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمِ

#AkidahTauhid

ISTIGHFAR SEBAB KEMUDAHAN REZEKI DAN TURUNNYA HUJAN

Ayat inilah yang bisa diambil pelajaran:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (10) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا (11) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا (12)

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu. Sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” [QS. Nuh: 10-12]

Syaikh As Sa’di rahimahullah mengatakan mengenai ayat di atas:

“Tinggalkanlah dosa. Beristighfarlah pada Allah atas dosa yang kalian perbuat. Sungguh Allah itu Maha Pengampun. Dosa yang begitu banyak akan dimaafkan oleh Allah. Maka hendaklah mereka segera memohon ampun pada Allah, meraih pahala dan hilanglah musibah. Allah pun akan memberikan karunia yang disegerakan di dunia dengan istighfar tersebut, yaitu akan diturunkan hujan dengan deras dari langit, juga akan dikarunia harta dan anak yang diharapkan. Begitu pula akan diberi karunia kebun dan sungai di antara kelezatan dunia.” [Taisir Al Karimir Rahman, hal. 889]. Itulah faidah istighfar dan meninggalkan dosa atau maksiat.

Ketika menjelaskan surat Nuh di atas, Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan:

“Jika kalian meminta ampun (beristigfar) kepada Allah dan menaati-Nya, niscaya kalian akan mendapatkan banyak rezeki, akan diberi keberkahan hujan dari langit, juga kalian akan diberi keberkahan dari tanah dengan ditumbuhkannya berbagai tanaman, dilimpahkannya air susu, dilapangkannya harta, serta dikaruniakan anak dan keturunan. Di samping itu, Allah juga akan memberikan pada kalian, kebun-kebun dengan berbagai buah, yang di tengah-tengahnya akan dialirkan sungai-sungai.” [Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 7: 388]

Jadi dengan istighfar dan meninggalkan dosa, musibah akan terangkat, datang kemudahan rezeki, dan mudah hujan untuk turun.

Silakan di-share, semoga bermanfaat.

 

Penulis: Al-Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, MSc hafizhahullah

Sumber: https://rumaysho.com/6587-istighfar-sebab-kemudahan-rezeki-dan-turunnya-hujan.html

2017-08-06T15:54:43+00:006 August 2017|Akidah & Tauhid|0 Comments

Leave A Comment