بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

#Mutiara_Sunnah

ILMU DUNIA, ENGKAU LEBIH PAHAM

Untuk ilmu dunia, engkau lebih paham. Beda dengan ilmu agama, kita harus bertanya pada Rasul ﷺ.

Seringkali kita mendengar pertanyaan, mengapa harus dibeda-bedakan antara ilmu syari dengan ilmu dunia? Bukankah keduanya berasal dan bersumber dari ilmu Allah ta’ala? Bukankah ilmu dunia juga penting dipelajari untuk kemaslahatan kaum Muslimin? Demikian pula kita dapati sebagian orang yang menyampaikan dalil-dalil tentang keutamaan ilmu, baik dalil Alquran maupun As-Sunnah, namun untuk mendorong orang agar semangat belajar dan meraih ilmu dunia.

Rasulullah ﷺ tidak lebih tahu tentang ilmu dunia, dibandingkan para shahabatnya. Di antara buktinya adalah hadis dari Anas tentang mengawinkan kurma. Suatu ketika Nabi ﷺ melewati sahabatnya yang sedang mengawinkan kurma. Lalu beliau bertanya: “Apa ini?” Para sahabat menjawab: “Dengan begini, kurma jadi baik, wahai Rasulullah!” Beliau ﷺ lalu bersabda:

لَوْ لَمْ تَفْعَلُوا لَصَلُحَ

“Seandainya kalian tidak melakukan seperti itu pun, niscaya kurma itu tetaplah bagus.” Setelah beliau berkata seperti itu, mereka lalu tidak mengawinkan kurma lagi, namun kurmanya justru menjadi jelek. Ketika melihat hasilnya seperti itu, Nabi ﷺ bertanya:

مَا لِنَخْلِكُمْ

“Kenapa kurma itu bisa jadi jelek seperti ini?” Kata mereka: “Wahai Rasulullah, Engkau telah berkata kepada kita begini dan begitu…” Kemudian beliau ﷺ bersabda:

أَنْتُمْ أَعْلَمُ بِأَمْرِ دُنْيَاكُمْ

“Kamu lebih mengetahui urusan duniamu.”  (HR. Muslim, no. 2363)

Demikian pula, Rasulullah ﷺ tidak lebih tahu tentang ilmu pengobatan.

عَنْ سَعْدٍ، قَالَ: مَرِضْتُ مَرَضًا أَتَانِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعُودُنِي فَوَضَعَ يَدَهُ بَيْنَ ثَدْيَيَّ حَتَّى وَجَدْتُ بَرْدَهَا عَلَى فُؤَادِي فَقَالَ: «إِنَّكَ رَجُلٌ مَفْئُودٌ، ائْتِ الْحَارِثَ بْنَ كَلَدَةَ أَخَا ثَقِيفٍ فَإِنَّهُ رَجُلٌ يَتَطَبَّبُ فَلْيَأْخُذْ سَبْعَ تَمَرَاتٍ مِنْ عَجْوَةِ الْمَدِينَةِ فَلْيَجَأْهُنَّ بِنَوَاهُنَّ ثُمَّ لِيَلُدَّكَ بِهِنَّ

“Dari sahabat Sa’ad mengisahkan, pada suatu hari aku menderita sakit. Kemudian Rasulullah ﷺ menjengukku. Beliau ﷺ meletakkan tangannya di tengah dadaku, sampai-sampai jantungku merasakan sejuknya tangan beliau. Kemudian beliau ﷺ bersabda: ‘Sesungguhnya Engkau menderita penyakit jantung. Temuilah Al-Harits bin Kaladah dari Bani Tsaqif, karena sesungguhnya dia adalah seorang tabib (dokter). Dan hendaknya dia (Al-Harits bin Kaladah) mengambil tujuh buah kurma ‘Ajwah, kemudian ditumbuk beserta biji-bijinya, kemudian meminumkanmu dengannya.”  (HR. Abu Daud, no. 3875. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadis ini Dha’if)

Dalam hadis di atas, Rasulullah ﷺ mengetahui ramuan obat apa yang sebaiknya diminum. Akan tetapi beliau meminta sahabat Sa’ad radhiyallahu ‘anhu agar membawanya ke Al-Harits bin Kaladah, karena ia adalah seorang dokter kala itu. Hal ini karena Rasulullah ﷺ hanya mengetahui ramuan obat secara umum saja. Adapun Al-Harits bin Kaladah, sebagai seorang dokter, ia mengetahui lebih detail komposisi, cara meracik, kombinasi dan indikasinya.

Dalil-dalil di atas menunjukkan, bahwa Rasulullah ﷺ tidak lebih tahu dibandingkan para sahabatnya tentang ilmu dunia.

Andai saja, kalau yang dimaksud dengan dalil-dalil Alquran dan As-Sunnah tentang keutamaan ilmu dan pahala bagi para penuntut ilmu adalah ilmu dunia, lalu bagaimana mungkin Rasulullah ﷺ tidak menjadi yang terdepan dalam hal ini? Dan justru kalah dari para shahabatnya?

 

* Diambil dari buku “Mahasantri” karya M. Abduh Tuasikal dan M. Saifudin Hakim diterbitkan oleh Pustaka Muslim.

Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal

Sumber: https://rumaysho.com/13101-ilmu-dunia-engkau-lebih-paham.html