بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
HUKUM MEMAKAI CELAK BAGI LAKI-LAKI
 
Celak biasanya berupa bubuk untuk memalit bulu mata atau disapukan di sekeliling mata. Telah diketahui banyak orang, bahwa celak adalah perhiasan yang dipakai wanita untuk berhias. Walaupun terdapat perbedaan di antara para ulama tentang boleh-tidaknya wanita bercelak di depan lelaki non-mahram, namun yang menjadi bahasan dalam artikel singkat ini adalah tentang bagaimana hukum memakai celak bagi laki-laki. Dalam artikel singkat ini hanya akan dibawakan beberapa hadis tentang celak dan fatwa para ulama abad ini tentang masalah tersebut.
Hadis-Hadis Tentang Memakai Celak
 
Hadis 1:
اكْتَحِلُوا بِالْإِثْمِدِ فَإِنَّهُ يَجْلُو الْبَصَرَ وَيُنْبِتُ الشَّعْرَ
 
“Bercelaklah kalian dengan itsmid, karena dia bisa mencerahkan mata dan menumbuhkan rambut.” [HR. At Tirmidzi no.1679 dalam Sunannya bab Maa Jaa-A Fil Iktihaal, Ahmad no.15341 dalam Musnad-nya]
 
Status Hadis: At Tirmidzi berkata: “Hadis ini Hasan Gharib”. Al Mubarakfuri berkata dalam Tuhfatul Ahwadzi: “Dikeluarkan juga oleh Ibnu Majah dan dishahihkan oleh Ibnu Hibban”
 
Hadis 2:
عَلَيْكُمْ بِالْإِثْمِدِ عِنْدَ النَّوْمِ فَإِنَّهُ يَجْلُو الْبَصَرَ وَيُنْبِتُ الشَّعَرَ
 
“Bercelaklah memakai itsmid ketika hendak tidur, karena ia dapat mencerahkan pandangan dan menumbuhkan rambut.” [HR. Ibnu Majah dalam Sunan-nya no.3846 bab Al Kahlu Bil Itsmid]
Status Hadis: Dishahihkan Al Albani dalam Shahih Sunan Ibni Majah (2/263/2818).
 
Hadis 3:
Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Nabi ﷺ bersabda:
 
وَإِنَّ خَيْرَ أَكْحَالِكُمُ الْإِثْمِدُ يَجْلُو الْبَصَرَ وَيُنْبِتُ الشَّعْرَ
 
“Celak yang paling baik bagi kalian adalah itsmid. Ia bisa mencerahkan pandangan dan menumbuhkan rambut.” [HR. Abu Daud no.3380 dan 3539, Ibnu Majah no. 3488, Ahmad no. 2109]
 
Status Hadis:
Dalam Aunul Ma’bud dijelaskan bahwa Imam At Tirmidzi berkata: “Hadis ini Hasan Shahih”. Dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Daud (2/766/3426).
 
 
Hadis 4
عليكم بالإثمد ؛ فإنه منبتة للشعر ، مذهبة للقذى ، مصفاة للبصر
 
“Bercelaklah dengan itsmid, karena ia menumbuhkan rambut, mengilangkan kotoran yang masuk ke mata, dan mencerahkan pandangan” [HR. ‘Abu Ashim, Ath Thabrani. Lihat Aunul Ma’bud syarah hadis no. 1679]
 
Status Hadis: Dihasankan oleh Al Albani dalam Silsilah Ahaadits Shohihah (2/270/665)
 
 
Fatwa Para Ulama Tentang Memakai Celak Bagi Laki-Laki
 
Fatwa Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah:
 
أما الاكتحال الذي لتجميل العين فهل هو مشروع للرجل أو للأنثى فقط؟
الظاهر أنه مشروع للأنثى فقط ،أما الرجل فليس بحاجة إلى تجميل عينيه. وقد يقال:إنه مشروع للرجل أيضاً،لأن النبي صلى الله عليه وسلم لما سئل:إن إحدنا يحب أن يكون نعله حسناً،وثوبه حسناً فقال صلى الله عليه وسلم”:إن الله جميل يحب الجمال.” وقد يقال:إذا كان في عين الرجل عيب يحتاج إلى الاكتحال فهو مشروع له ،وإلا فلا
 
“Bercelak dengan tujuan menghiasi mata apakah disyaratkan untuk laki-laki, ataukah hanya untuk wanita saja? Yang nampak bagiku hal tersebut disyaratkan bagi wanita saja. Adapun lelaki, tidak ada keperluan untuk berhias dengannya. Namun ada pula ulama yang berpendapat hal ini pula disyariatkan bagi laki-laki, dengan berdalil dengan sabda Rasulullah ﷺ ketika ada sahabat yang bertanya: ”Bolehkah jika kami gemar memakai sandal dan pakaian yang bagus?” Rasulullah ﷺ bersabda: “Sesungguhnya Allah itu Maha Indah dan mencintai keindahan”. Pendapatku, jika pada mata seorang lelaki terdapat penyakit yang membutuhkan celak untuk penyembuhannya, maka hal ini disyariatkan. Namun bila tidak ada kebutuhan, maka tidak disyariatkan.” [Syarhul Mumthi’, 1/129]
 
الاكتحال نوعان:
أحدهما: اكتحال لتقوية البصر وجلاء الغشاوة من العين وتنظيفها وتطهيرها بدون أن يكون له جمال ، فهذا لا بأس به ، بل إنه مما ينبغي فعله ، لأن النبي صلى الله عليه وسلم كان يكتحل في عينيه ، ولاسيما إذا كان بالإثمد .
النوع الثاني: ما يقصد به الجمال والزينة ، فهذا للنساء مطلوب ، لأن المرأة مطلوب منها أن تتجمل لزوجها .
وأما الرجال فمحل نظر ، وأنا أتوقف فيه ، وقد يفرق فيه بين الشاب الذي يخشى من اكتحاله فتنه فيمنع ، وبين الكبير الذي لا يخشى ذلك من اكتحاله فلا يمنع
 
 
“Bercelak ada dua macam:
 
– Yang pertama, bercelak untuk menguatkan pandangan, mengobati rabun, atau untuk membersihkan pandangan mata tanpa bermaksud untuk berhias, maka hal ini tidak mengapa, bahkan ini dianjurkan. Karena Rasulullah ﷺ menggunakan celak pada kedua mata beliau ﷺ. Lebih baik lagi jika memakai itsmid.
 
– Yang kedua, bercelak dengan tujuan untuk berhias. Jenis ini berlaku bagi wanita. Karena seorang wanita dianjurkan mempercantik diri untuk suaminya. Adapun bagi laki-laki, terdapat beberapa pertimbangan dan aku tawaqquf dalam hal ini. Namun perlu dibedakan antara lelaki yang masih muda dengan lelaki yang sudah tua. Bagi pemuda yang dikhawatirkan dapat menimbulkan fitnah jika bercelak, maka sebaiknya tidak dilakukan. Sedangkan orang yang sudah tua tidak dikhawatirkan lagi dapat menimbulkan fitnah, maka tidak dilarang.” [Fatwa Syaikh Al Utsaimin dalam As’ilah Al Usroh Al Muslimah]
 
 
Fatwa Syaikh Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullah:
 
س: هل هناك دليل يحرم وضع الكحل على العينين والحناء على اليدين والرجلين بالنسبة للرجل ؟ علما بأن وضعها ليس القصد منه التشبه بالنساء ، إنما هي عادة .
ج: ليس للمؤمن أن يتشبه بالنساء لا في الحناء ولا في غيره ، ولو كان عادة فليس له أن يفعل ما يكون فيه متشبها فيه بالنساء ؛ لأن الرسول صلى الله عليه وسلم”: لعن المتشبهين من الرجال بالنساء ، ولعن المتشبهات من النساء بالرجال”
أما الكحل فلا بأس ؛ لأنه مشروع للرجال والنساء على حد سواء ، فكونه يكحل عينيه فلا بأس ، والكحل طيب نافع ، “ وكان النبي صلى الله عليه وسلم يكتحل “ ، فلا بأس بذلك
 
 
Pertanyaan:
Adakah dalil haramnya memakai celak pada mata dan pacar kuku bagi laki-laki, jika diketahui bahwa tujuan memakainya bukan untuk meniru wanita, namun karena sudah menjadi kebiasaan di masyarakat?
 
Syaikh Abdul ‘Aziz bin Baz menjawab:
Seorang lelaki Mukmin tidak boleh meniru wanita dengan memakai pacar kuku atau yang lainnya, walaupun hal tersebut sudah menjadi kebiasaan di masyarakat. Ia tetap tidak boleh melakukan perbuatan yang terdapat unsur meniru wanita, karena terdapat hadis: “Rasulullah ﷺ melaknat laki-laki yang menyerupai wanita, dan melaknat wanita yang menyerupai laki-laki.”
Adapun memakai celak, maka tidak mengapa. Karena memakai celak itu disyariatkan bagi laki-laki dan wanita dengan kadar yang sama. Maka seorang laki-laki boleh memakai celak pada kedua matanya. Dan celak itu baik dan bermanfaat. Terdapat hadis: “Rasulullah ﷺ biasa memakai celak. ” Maka hukumnya boleh. [Majmu’ Fatawa Syaikh Ibn Baz, 29/48]
 
ما حكم الاكتحال، وهل علم عن النبي – صلى الله عليه وسلم – أنه كان يضع الكحل في عينيه؟
الاكتحال سنة، وقد ثبت عن النبي – صلى الله عليه وسلم – أنه كان يكتحل -عليه الصلاة والسلام- في كل عين ثلاثة أميال -عليه الصلاة والسلام- الاكتحال سنة، بالإثمد، أفضل ما يكون بالإثمد،……
 
 
Pertanyaan:
Apa hukum memakai celak? Apakah benar bahwa Nabi ﷺ biasa memakai celak pada kedua matanya?
 
Syaikh Abdul ‘Aziz bin Baz menjawab:
Memakai celak adalah sunnah Nabi ﷺ. Terdapat hadis Shahih: Rasulullah ﷺ biasa memakai celak tiga kali pada setiap matanya”. Maka memakai celak termasuk Sunnah Nabi ﷺ. Lebih baik lagi jika memakai itsmid. [Kaset Nuurun ‘Ala Ad Darb]
 
 
Fatwa Syaikh Shalih Fauzan Al Fauzan hafizhahullah
 
س: هل يجوز للرجل أن يكحل عينيه ؟
ج:الإكتحال سنة. فعله رسول الله صلى الله عليه وسلم يكتحل بالإثمد ليلة بعد ليلة . فيه منفعة للبصر. فهو سنة لا بئس بذالك.
 
 
Pertanyaan:
Apakah dibolehkan bagi laki-laki memakai celak pada kedua matanya?
 
Syaikh Shalih Fauzan Al Fauzan menjawab:
Memakai celak adalah Sunnah Nabi ﷺ. Beliau ﷺ biasa memakai celak dengan itsmid setiap malam. Celak memiliki manfaat bagi mata. Ia termasuk sunnah, diperbolehkan memakainya. [Kaset Majmu’ Fatawa Syaikh Shalih Fauzan, fatwa no. 3748]
 
Fatwa Lajnah Daimah
 
السؤال الثاني من الفتوى رقم 3598
س 2: هل يجوز للرجل أن يكتحل بالكحل أم لا؟
جـ 2: الحمد لله وحده والصلاة والسلام على رسوله وآله وصحبه . . وبعد:
نعم يجوز ذلك ، لأن النبي صلى الله عليه وسلم كان يفعل ذلك عند النوم .
وبالله التوفيق ، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم
 
 
Pertanyaan
Memakai celak bagi laki-laki dibolehkan atau tidak?
 
Lajnah Daimah menjawab:
Segala puji kita panjatkan kepada Allah semata, semoga shalawat serta salam terlimpah atas Rasulullah ﷺ beserta keluarga dan sahabatnya. Amma ba’du.
Ya benar, memakai celak bagi laki-laki dibolehkan, karena Rasulullah ﷺ biasa melakukannya sebelum tidur.
Hidayah taufik hanya dari Allah ta’ala. Semoga shalawat serta salam terlimpah atas Nabi ﷺ beserta keluarga dan sahabatnya.
 
Tertanda:
• ‘Abdullah bin Qu’ud (Anggota)
• ‘Abdullah bin Ghadayan (Anggota)
• ‘Abdurrazzaq ‘Afifi (Wakil ketua)
• ‘Abdul Aziz bin Baz (Ketua)
(Fatawa Lajnah Daimah Lil Buhuts ‘Ilmiyyah Wal Ifta, 5/205/3598)
 
Wallahu Ta’ala A’lam
 
Sumber:
Catatan Tambahan:
Bagaimana Cara Bercelak?
 
Dari Anas radhiallahu ‘anhu:
“Bahwasanya Rasulullah ﷺ bercelak di matanya yang sebelah kanan tiga kali, dan di matanya yang sebelah kiri dua kali.” [Dishahihkan oleh Syaikh Albani di dalam kitabnya, Silsilah Hadis Sohih ( 633 )]
 
Mengenai “Atsamidu”, Ibnu Qoyim rahimahullah mengatakan: ” Ia adalah batu celak berwarna hitam. Didatangkan dari Asbahan, itu kualitas terbaik. Didatangkan juga dari negeri Maghrib.
 
Ibnu Qoyim rahimahullah mengatakan mengenai faidahnya:
“Bermanfaat menguatkan mata, menguatkan syaraf mata, menjaga kesehatan mata, menghilangkan daging jadi dan sel kulit mati, menghilangkan kotoran mata, menjernihkan mata dan menghilangkan pusing.” [Lihat Zadul Ma’ad, Juz 4, Hal 284, Cetakan Ar Risalah]
Ikuti kami selengkapnya di:
WhatsApp: +61 (450) 134 878 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Website: https://nasihatsahabat.com/
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/nasihatsahabatcom/
Instagram: NasihatSahabatCom
Telegram: https://t.me/nasihatsahabat
Pinterest: https://id.pinterest.com/nasihatsahabat
#lakilaki, #pria, #akhi, #adab, #lelaki, #pakaicelak, #hukum, #hukummemakaicelak, #perempuan, #wanita, #muslimah, #sebelumtidur, #itsmid, #fatwaulama, #bagaimanacarapakaicelak, #sunnahnabiyangmulaidilupakan #istimid #bagaimanacaramemakaicelak #manfaat, #faidah, #faedah, #manfaatmemakaicelak, #manfaatpakaicelak