ALLAH BERSAMA PRASANGKA HAMBA-NYA TERHADAP-NYA

ALLAH BERSAMA PRASANGKA HAMBA-NYA TERHADAP-NYA

Jika Hamba Tersebut Berprasangka Baik, Maka Itu Yang Dia Dapat. Dan Jika Ia Berprasangka Buruk, Maka Itu Juga Yang Dia Dapat   Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : مَا يَكُنْ عِنْدِيْ مِنْ خَيْرٍ فَلَنْ أَدَّخِرَهُ عَنْكُمْ،وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ، وَمَنْ يَتَصَبَّرْ يُصَبِّرْهُ اللهُ، وَمَا أُعْطِيَ أَحَدٌ عَطَاءً خَيْرًا وَأَوْسَعَ مِنَ […]

TANGAN YANG DI ATAS LEBIH BAIK DARIPADA TANGAN YANG DI BAWAH

TANGAN YANG DI ATAS LEBIH BAIK DARIPADA TANGAN YANG DI BAWAH

Jangan Tolak Pemberian Orang   Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: اَلْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah [HR Bukhari (no. 1427) dan Muslim no.1053 (124)].   Yaitu orang yang memberi lebih baik daripada orang yang menerima, karena pemberi berada di atas penerima, maka tangan […]

PEMBAGIAN TAUHID RUBUBIYYAH, ULUHIYAH, AL ASMA WAS SHIFAT

PEMBAGIAN TAUHID RUBUBIYYAH, ULUHIYAH, AL ASMA WAS SHIFAT

Dari hasil pengajian terhadap dalil-dalil tauhid yang dilakukan para ulama sejak dahulu hingga sekarang, mereka menyimpulkan bahwa tauhid terbagi menjadi tiga: Tauhid Rububiyah, Tauhid Uluhiyah dan Tauhid Al Asma Was Shifat. Yang dimaksud dengan Tauhid Rububiyyah adalah menauhidkan Allah dalam kejadian-kejadian yang hanya bisa dilakukan oleh Allah, serta menyatakan dengan tegas bahwa Allah Ta’ala adalah […]

JIKA ORANG KAFIR JAHILIYYAH SUDAH MENYEMBAH DAN BERIBADAH KEPADA ALLAH SEJAK DAHULU, LALU APA YANG DIPERJUANGKAN OLEH RASULULLAH DAN PARA SAHABAT?

JIKA ORANG KAFIR JAHILIYYAH SUDAH MENYEMBAH DAN BERIBADAH KEPADA ALLAH SEJAK DAHULU, LALU APA YANG DIPERJUANGKAN OLEH RASULULLAH DAN PARA SAHABAT?

Mengapa Mereka Berlelah-Lelah Penuh Penderitaan dan Mendapat Banyak Perlawanan Dari Kaum Kafirin?   Yang dimaksud dengan Tauhid Rububiyyah adalah menauhidkan Allah dalam kejadian-kejadian yang hanya bisa dilakukan oleh Allah, serta menyatakan dengan tegas bahwa Allah Ta’ala adalah Rabb, Raja, dan Pencipta semua makhluk, dan Allah-lah yang mengatur dan mengubah keadaan mereka. (Al Jadid Syarh Kitab […]

MAKNA AR-RABB DAN PEMBAGIAN SIFAT RUBBUBIYAH ALLAH

MAKNA AR-RABB DAN PEMBAGIAN SIFAT RUBBUBIYAH ALLAH

MAKNA AR-RABB DAN PEMBAGIAN SIFAT RUBBUBIYAH ALLAH Makna Ar-Rabb Secara Bahasa Ibnu Faris rahimahullah berkata, “Kata Rabb menunjukkan beberapa arti pokok, yang pertama: memperbaiki dan mengurus sesuatu. Maka Rabb berarti yang menguasai, menciptakan dan memiliki, juga berarti dzat yang memperbaiki (mengurus) sesuatu [Mu’jamu Maqayisil Lughah 2/313]. Sementara Ibnul Atsir rahimahullah menyatakan, “Kata Rabb secara bahasa […]