DOA DI DALAM SHOLAT, MOHON PERLINDUNGAN DARI EMPAT PERKARA

/, Doa dan Dzikir, Fikih dan Muamalah/DOA DI DALAM SHOLAT, MOHON PERLINDUNGAN DARI EMPAT PERKARA

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

#Doa_Zikir

DOA DI DALAM SHOLAT, MOHON PERLINDUNGAN DARI EMPAT PERKARA

Bacalah Doa Ini Di Setiap Tasyahud Akhir Sebelum Salam

Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah ﷺ bersabda:

إِذَا تَشَهَّدَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنْ أَرْبَعٍ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

“Jika salah seorang di antara kalian (duduk) Tasyahud, maka hendaklah dia meminta perlindungan kepada Allah dari empat perkara. Yaitu dia berdoa:

ALLOHUMMA INNI A’UUDZUBIKA MIN ‘ADZAABI JAHANNAM, WA MIN ‘ADZAABIL-QOBR, WA MIN FITNATIL-MAHYAA WAL-MAMAAT, WA MIN SYARRI FITNATIL-MASIIHID-DAJJAAL

Artinya:

Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari siksa Jahannam dan siksa kubur, dan fitnah kehidupan dan kematian, serta keburukan fitnah Masih Dajjal.” (HR. Muslim no. 588)

Al-Hafizh berkata dalam Bulugh Al-Maram no. 337, “Dalam sebuah riwayat Muslim, “Jika salah seorang dari kalian selesai dari Tasyahud Akhir (sebelum salam –pen).”

Berdoa untuk berlindung dari empat perkara yang tersebut dalam hadis Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu di atas, hukum membacanya adalah WAJIB, berdasarkan perintah dalam hadis di atas. Dia WAJIB dibaca, baik dalam SHOLAT WAJIB maupun SHOLAT SUNNAH. Karenanya, jika seseorang meninggalkannya karena lupa, maka dia digantikan dengan Sujud Sahwi.

InsyaAllahu ta’ala, susunan redaksi doa perlindungan dari empat perkara yang ini adalah yang paling shohih.

 

Sumber: http://al-atsariyyah.com/bacaan-dalam-duduk-tasyahud.html

 

2016-11-17T09:44:12+00:00 17 November 2016|Akidah & Tauhid, Doa dan Dzikir, Fikih dan Muamalah|0 Comments

Leave A Comment

five × 5 =