BAGAIMANA CARA MEMAKAN SEMBELIHAN AHLUL KITAB (YAHUDI & NASRANI)?

//BAGAIMANA CARA MEMAKAN SEMBELIHAN AHLUL KITAB (YAHUDI & NASRANI)?

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمِ 

BAGAIMANA CARA MEMAKAN SEMBELIHAN AHLUL KITAB (YAHUDI & NASRANI)?
>> Bagaimana pula cara memakan sembelihan kaum Paganis atau Komunis?

Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah mengatakan:
“TIDAK HARUS BERTANYA, siapa yang menyembelih, (apakah) orang Islam atau Ahli Kitab. Bagaimana cara menyembelihnya? Apakah membaca Bismillah atau tidak? Bahkan tidak layak, karena hal itu termasuk BERLEBIHAN dalam beragama. Sementara Nabi ﷺ makan dari apa yang disembelih Yahudi tanpa menanyakan kepada mereka.

Dalam shahih Bukhari dan lainnya dari Aisyah radhiallahu anha, bahwa orang-orang bertanya kepada Nabi ﷺ: “Sesungguhnya kaum non-Muslim mengantarkan daging kepada kami. Kami tidak mengetahui apakah mereka menyebut nama Allah atau tidak.” Maka beliau ﷺ bersabda: “Hendaknya kalian baca Bismillah dan makanlah.” (Aisyah) mengatakan: “Mereka baru masuk Islam. Maka Nabi ﷺ memerintahkan kepada mereka memakannya tanpa menanyakannya, padahal orang-orang yang datang itu boleh jadi tidak mengerti hukum-hukum Islam, karena mereka baru masuk Islam.” [Risalah Fi Ahkami Udhiyah Wazakat karangan Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah]

Berdasarkan penjelasan tadi, maka siapa yang bepergian ke negara non-Islam yang mayoritas penyembelihnya adalah orang Nasrani dan Yahudi, maka DIHALALKAN makan dari sembelihan mereka, kecuali kalau diketahui mereka menyembelih dengan memakai listrik atau menyebutkan selain nama Allah seperti tadi. Adapun kalau orang yang menyembelih itu Paganis atau Komunis, maka sembelihannya TIDAK HALAL. Kalau sembelihannya diharamkan, maka tidak diperbolehkan makan darinya, walau dengan alasan terpaksa, selama untuk menjaga kehidupannya dia dapat memakan ikan atau sayuran dan semisalnya.

Syekh Abdurrahman Barrak hafizahullah mengatakan: “Daging yang didatangkan dari negara kafir itu bermacam-macam. Sementara kalau ikan itu halal semuany,a karena kehalalannya tidak tergantung dari penyembelihan, dan juga tidak diharuskan menyebutkan nama Allah.

 

 

 

 

 

Ikuti kami selengkapnya di:
WhatsApp: +61 (450) 134 878 (silakan mendaftar terlebih dahulu)
Website: https://nasihatsahabat.com/
Email: [email protected]
Facebook: https://www.facebook.com/nasihatsahabatcom/
Instagram: NasihatSahabatCom
Telegram: https://t.me/nasihatsahabat
Pinterest: https://id.pinterest.com/nasihatsahabat

 

 

 

 

 

#sembelihan, #hukum, #ahlikitab, #ahlulkitab, #Yahudi, #Nasrani, #Nashrani, #Paganis, #Komunis, #Kafir, #cara, #makan,#memakan, #dagingpotong, #negerikafir, #negarakafir #tidakharusbertanya, #tidakharustanya #Bismillah, #cukupmembacaBismillah, #cukupbacaBismillah #potong #memotong #menyembelih

2017-11-03T18:24:44+00:00 3 November 2017|Fikih dan Muamalah|0 Comments

Leave A Comment