, ,

ADAKAH SHOLAT GERHANA PADA GERHANA SEBAGIAN & CINCIN?

Adakah Sholat Gerhana pada Gerhana Sebagian & Cincin?

Adakah Sholat Gerhana pada Gerhana Sebagian & Cincin?

Pertanyaan:

Apakah jika terjadi gerhana sebagian (bukan gerhana total), tetap ada sholat gerhana?

Jawaban:

Gerhana Matahari Ada Empat Jenis yaitu:

1- Gerhana Total, terjadi apabila saat puncak gerhana, piringan matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan bulan. Saat itu, piringan bulan sama besar atau lebih besar dari piringan matahari. Ukuran piringan mataharidan piringan bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.

2- Gerhana Sebagian, terjadi apabila piringan bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian dari piringan matahari yang tidak tertutup oleh piringan bulan.

3- Gerhana Cincin, terjadi apabila piringan bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan bulan lebih kecil dari piringan matahari. Sehingga ketika piringan bulan berada di depan piringan matahari, tidak seluruh piringan matahariakan tertutup oleh piringan bulan. Bagian piringan matahariyang tidak tertutup oleh piringan bulan, berada di sekeliling piringan bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.

4- Gerhana Hibrida, bergeser antara Gerhana Total dan Cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai Gerhana Cincin. Gerhana Hibrida relatif jarang. (Sumber: Wikipedia)

Pensyariatan Sholat Ketika Terlihat Gerhana

Dalam hadis dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَافْزَعُوا إِلَى الصَّلاَةِ

”Jika kalian melihat kedua gerhana, yaitu gerhana matahari dan bulan, bersegeralah menunaikan sholat.” (HR. Bukhari, no. 1047).

Berarti ketika gerhana itu terlihat, barulah disyariatkan untuk sholat. Baca artikel Gerhana Tidak Terlihat di sini: https://rumaysho.com/9056-gerhana-tidak-terlihat-berarti-tidak-ada-sholat-gerhana.html.

Sekarang, Apakah Mesti Terjadi Gerhana Total Barulah Sholat?

Kalau kita tilik pengertian gerhana, para ulama menyampaikan seperti ini:

Kusuf (gerhana) adalah hilangnya salah satu dari dua cahaya (matahari atau bulan), bisa jadi total, bisa jadi sebagian, di mana cahaya tersebut berubah menjadi hitam.

Sedangkan sholat gerhana adalah sholat yang ditunaikan dengan tata cara khusus ketika salah satu cahaya dari bulan atau matahari gelap secara total atau sebagian. (Al-Mawsu’ah Al-Fiqhiyyah, 27: 252)

Kesimpulannya, kalau pengertian gerhana dan sholat gerhana adalah seperti di atas, berarti ketika terjadi Gerhana Sebagian atau Gerhana Cincin (bukan Gerhana Total) dan itu terlihat, tetap disyariatkan sholat gerhana.

Semoga bermanfaat.

Referensi:

 

Al-Mawsu’ah Al-Fiqhiyyah. Penerbit Kementrian Agama Kuwait.

Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal

 

https://rumaysho.com/13046-adakah-sholat-gerhana-pada-gerhana-sebagian-dan-gerhana-cincin.html

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *